Mencicipi Keseruan Area Board Game BEKRAF Game Prime 2017

board game alley

Area Board Game adalah salah satu wilayah menarik di BEKRAF Game Prime 2017. Seperti apa keseruan di area ini? Begini pembahasannya!

Baca Juga

BEKRAF Game Prime 2017 telah dimulai sejak Sabtu, 29 Juli 2017. Seperti yang dijanjikan, ini memang adalah pameran game terbesar di Indonesia. Mulai dari studio-studio besar Indonesia sampai pengembang game indie menyajikan karya mereka. Sementara itu ribuan pengunjung bisa masuk dengan gratis untuk mencoba.

Winning Eleven 4

Seperti tahun lalu, yang disuguhkan sebenarnya bukan hanya game digital saja. Salah satu area yang menjadi sorotan di BEKRAF Game Prime 2017 adalah Area Board Game. Banyak sekali model permainan papan dipamerkan di sini, mulai yang berasal dari luar negeri hingga ciptaan para kreator lokal berbakat. Para pengunjung juga bisa dengan bebas mencoba.

Penulis sempat melihat banyak permainan yang sangat familier digelar di Area Board Game BEKRAF Game Prime 2017. Contohnya adalah Pet War yang sangat seru itu, lalu Alkisah dan Perjuangan Jomblo yang merupakan nominator Board Game Terbaik di Game Prime Awards 2016.

 

Tapi ada juga beberapa game baru yang sangat menarik.

Dari beberapa judul yang sempat penulis coba di hari pertama BEKRAF Game Prime 2017, yang benar-benar berkesan jelas adalah Balloon. Pembaca setia Duniaku.net mungkin masih ingat kalau permainan yang satu ini merupakan salah satu nominator Best Tabletop Game di Game Prime Awards 2017. Kualitas game-nya memang setinggi itu.

Inilah Daftar Nominasi Game Prime Awards 2017, Penghargaan Puncak Industri Game Indonesia

Siapa saja pelaku industri game Indonesia paling berpengaruh dan juga game terbaik tahun ini?
Baca Juga

Sebenarnya tujuan permainannya sendiri simpel, kamu hanya perlu menurunkan balon dari langit tinggi ke tangan anak-anak di bawahnya. Untuk itu kamu perlu mencocokkan pola balon dari atas hingga ke bawah.

Lakukan dengan benar, dan kamu akan memperoleh Victory Points yang bisa mengantarkanmu meraih kemenangan. Lakukan dengan salah dan kamu akan sukses buntu.

Game ini juga menawarkan sejumlah skill menarik, yang bisa membuat permainan kian menarik.

Kamu bisa menghubungi FeiraTochi Board Game bila penasaran dengan permainan ini. Atau… Game Prime 2017 juga masih berlangsung hari ini, jadi kamu bisa mencoba mencari Balloon untuk mengetahui sendiri bagaimana sebenarnya asyiknya main dengan balon.

Permainan lain yang penulis sempat coba adalah Blood Type Domino. Siapa yang tidak kenal Domino? Ini adalah variasi permainan kartu yang sudah tergolong klasik. Blood Type Domino memberi twist ke model permainan tersebut, sehingga alih-alih menyambungkan angka atau jumlah titik, yang akan kamu sambungkan adalah tipe golongan darah.

Domino pada dasarnya ditentukan oleh keberuntungan. Blood Type Domino memungkinkan pemain untuk lebih mengandalkan pemikiran dan skill dengan sistem skill dan combo. (Misalkan salah satu pilihan korban yang bisa ditolong bergolongan darah O+. Kamu punya O+. Sisi lain kartu itu adalah B+ dan kebetulan kamu juga punya kartu B+. Kamu bisa menggunakannya beruntun untuk poin tambahan).

Penulis juga menemukan sejumlah game yang memiliki muatan edukatif dipamerkan. Salah satunya ya Gotong-Royong ciptaan NgaturDuit. Permainan ini mencoba mengajarkan ke anak-anak bagaimana cara memanfaatkan waktu dan uang jajan untuk memperoleh prestasi maksimal.

Terdengar tidak menarik? Coba dulu gamenya. Dengan mekanik yang mengingatkan penulis akan Lords of Waterdeep, Gotong-Royong bisa menjadi permainan yang sangat seru. Terutama bila dimainkan bersama.

Patut diingat kalau contoh-contoh di atas bisa dibilang hanya sampel kecil dari Area Board Game BEKRAF Game Prime 2017. Ada lebih banyak permainan yang menantimu di sana, bebas untuk dicoba. Tertarik? Silakan yang bisa pergi ke Balai Kartini, Jakarta, hari ini (Minggu, 30 Juli 2017) untuk meluncur.

Tidak hanya permainan papan, kamu juga bisa memperoleh door prize Nintendo Switch kalau kamu menyelesaikan quest yang sudah dipersiapkan panitia, lho.


Pameran komunitas game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

 


SHARE
Previous articleThe Reflection: Kolaborasi Stan Lee dan Studio DEEN
Next articleReview Dunkirk: Bukan Sekedar Film Perang, Nolan Menyajikan Masterpiece
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.