Ngobrol Soal Ngomik Bersama Jonbray Komik di Game Prime 2017!

Jonbray Komik

Kamu tahu Jonbray Komik? Atau mungkin Komplek Tanpa Faedah? Simak interviu lengkapnya bersama Patrick Jonbray di Game Prime 2017!

Kamu pernah membaca komik yang tidak ada faedahnya di Instagram? Jika iya, mungkin kamu sedang membaca komik karya Patrick Jonbray! Komik yang dibuat oleh Jonbray memiliki gambar dan cerita yang unik serta sangat menghibur.

Simak interviu lengkapnya di bawah ini dan perhatikan juga tips membuat komik dari Patrick Jonbray.

Q : Jonbray Komik kan sering membuat cerita yang biasa namun nyeleneh, nah itu terinspirasi dari mana sih?

Jonbray : Jadi awalnya itu bukan cerita, tetapi sebuah celetukan atau jokes internal gitu. Terutama di kalangan tongkrongan dan temen-temen saya sendiri gitu. Tetapi ternyata kan nyeleneh, nah dibawa keluar dari tongkrongan jadi sebuah cerita juga ternyata lucu juga, banyak yang suka gitu.

Q : Bagaimana lahirnya Komplek Tanpa Faedah?

Jonbray : Awalnya juga itu komik strip biasa, di Instagram. Namanya Tidak ada Faedahnya. Tujuan komik tersebut tuh awalnya karena banyaknya hal-hal negatif seperti ujaran kebencian dan perpecahan gitu kan di social media. Karena kayanya terlalu negatif, saya mau bikin semacam selingan.

Selingan itu ya komik Tidak ada Faedahnya, tidak berfaedah sendiri diambilnya ya dari karena ini komik ga penting-penting amat, tapi mungkin bisa bikin penasaran gitu. Nah di sana banyak karakternya kaya satpam ga jelas, anak kecil ga jelas, pembaca berita ga jelas, akhirnya saya satuin dalam sebuah komplek, nah itulah Komplek Tanpa Faedah.

Jonbray Komik

Q : Cerita di setiap episode Komik Tanpa Faedah kan lucu namun tetap ringan dan sederhana, adakah tips untuk membuat cerita seperti itu?

Jonbray : Misalkan kita bertemu hal yang lucu, seperti kejadian orang jatuh kepleset, nah bisa kita sambungin, misal setelah kepleset, dikatain orang. Bisa juga misal disuruh-suruh orang gila, atau kejadian aneh harian yang mungkin aja terjadi gitu ya, nah kita gabungin untuk jadi punch line lucunya.

Jangan hanya satu poin lucu, misal dua atau tiga poin lucu dan punch line. Setidaknya orang-orang bisa kena poin lucunya paling tidak satu, semoga semua poin lucunya bisa membuat pembaca tertawa. Sebenarnya bukan ceritanya yang kurang lucu, tetapi setiap orang punya level kelucuan berbeda, jadi jangan pesimis jika beberapa orang ngerasa cerita kamu kurang lucu.

Baca Juga

Q : Soal gambar nih, kan banyak orang yang ngerasa kalau gambarnya kurang bagus dan tidak bisa membuat komik, ada saran tentang pembuatan gambar?

Jonbray : Setiap orang mungkin beda-beda, ada yang seni dan detail banget, dan lain-lain, tergantung pembuat komik itu sendiri. Tetapi dari saya pribadi, poin terpenting dari gambar itu pesan sih. Misal gambar tersebut ingin memberikan pesan sedang menampar, tentunya tangannya di atas dan berpose seperti ingin menampar, bukan disembunyikan tangannya.

Terkait yang merasa gambarnya kurang bagus, itu selera dari kalian sendiri, terutama komedi. Jika kalian merasa cerita komedi lebih bagus dengan gambar yang berbeda dan unik, maka buatlah demikian. Yang terpenting dari menggambar adalah apa yang mau kamu buat dan pastinya, mulai gambar terlebih dahulu.

Jonbray Komik

Q : Ada juga pembuat komik baru yang berhenti menggambar karena dia rasa gambarnya mirip dengan milik orang lain, ada saran tentang original gambar?

Jonbray : Sebenarnya memang saya juga ga melarang untuk pembuat gambar yang mengikuti karya lain, tetapi dari saya pribadi, akan ada satu titik di mana kita ga akan jadi apa-apa jika tidak bisa membuat orisinalitas sendiri.

Jadi diri sendiri itu yang paling penting. Kamu bisa menuangkan pemikiran maupun kebiasaan kamu sendiri ke dalam karakter komik. Keunikan itu penting, contohnya seperti Gangnam Style, itu PSY gendut dan joget ga jelas, beda seperti beberapa artis Korea lain, tapi dia terkenal, karena dia unik. Jadi orisinalitas dari dirimu sendiri sangat penting untuk membuat gambar.


Itulah interviu spesial kami bersama dengan Patrick Jonbray atau Jonbray Komik di BEKRAF Game Prime. Jika kamu suka dengan karya-karyanya, maka kamu bisa melihat karya lainnya di Instagramnya atau baca langsung Komplek Tanpa Faedah di sini.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleSebelum Main Di PC atau Laptop, Ketahui Dulu Spesifikasi PES 2018 Berikut!
Next article5 Alasan Kenapa Crocodile Bisa Mengalahkan Gaara!
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan dan superhero Amerika maupun Jepang. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.