Untuk Fan Batman, Inilah Daftar 5 Robin yang Wajib Kamu Ketahui!

Robin atau yang biasa disebut sebagai The Boy Wonder telah menemani Batman sepanjang perjalanannya menjadi The Dark Knight. Tapi kalian tahu tidak sih kalau tak hanya satu orang yang menggunakan identitas Robin? Siapa saja mereka? Berikut adalah daftar 5 Robin yang wajib kamu ketahui!

Baca Juga


1

Richard John “Dick” Grayson / Dick Grayson

Dick Grayson adalah orang pertama yang menggunakan identitas Robin. Sebelum menggunakan jubah Robin, Dick adalah seorang pemain akrobatik bersama dengan kedua orang tuanya. Kelompok akrobatik Dick dan keluarganya cukup terkenal, sehingga memiliki sebuah julukan yaitu “The Flying Grayson”.

Namun sayangnya, di salah satu pertunjukan mereka, kedua orang tua Dick dibunuh oleh seorang bos mafia bernama Tony Zucco. Bruce Wayne atau yang kita kenal sebagai Batman, melihat kejadian tragis tersebut lalu memutuskan untuk mengasuh Dick Grayson dan menjadikannya sebagai anak angkat.

Di sinilah karir Dick sebagi Robin dimulai. Saat menjadi anak angkat dari Bruce Wayne dan mengetahui identitas Batman adalah Bruce Wayne, Dick mulai berlatih dengan Bruce dan menjadikannya orang pertama yang menggunakan jubah The Boy Wonder.

Seiring berjalannya waktu, umur Dick semakin bertambah. Kedewasaan yang ada pada dirinya mulai tumbuh. Dick yang merasa bahwa dirinya sudah cukup dewasa, memutuskan untuk meninggalkan identitasnya sebagai Robin dan membuat identitas baru sebagai Nightwing.

2

Jason Peter Todd/Jason Todd

Dari beberapa kisah Robin, bisa dibilang Jason Todd adalah Robin yang memiliki kisah paling tragis di antara Robin lainnya. Kenapa? Karena Jason Todd telah di bunuh oleh musuh abadi Batman yaitu Joker.

Lahir di keluarga yang tidak harmonis, Jason tumbuh besar di jalanan kota Gotham sebagai gelandangan. Pertemuan pertama Jason dengan Batman adalah saat Jason dipergoki oleh Batman sedang mencoba mencuri ban Batmobile di Crime Alley (Tempat pembunuhan kedua orang tua Bruce). Melihat hidup Jason yang begitu sengsara, Bruce memutuskan untuk merawat Jason.

Jason menjadi orang ke dua yang menggunakan identitas Robin. Karena tumbuh besar di jalanan kota Gotham, Jason menjadi Robin yang jauh berbeda dengan Robin sebelumnya. Jason memiliki karakter yang lebih kasar. Sifat Jason yang mudah di manipulasi membuat dirinya terbunuh oleh Joker,

Hal yang paling tragis di saat pembunuhan Jason adalah saat Jason disiksa mengunakan linggis sebelum akhirnya dibunuh oleh Joker.

Sepertinya kejadian ini akan masuk di salah satu daftar panjang film DC Extended Universe yang akan datang. Hal ini sudah di konfrimasi melalui film Batman v Superman: Dawn of Justice, di mana terdapat cuplikan jubah Robin terpajang di batcave bertuliskan “Ha Ha Ha Joke’s on you Batman”.

Geoff Johns selaku CCO dari DC Comics sudah menkonfirmasi bahwa jubah tersebut adalah milik Jason Todd.

Beberapa tahun setelah kematian Jason Todd, Jason di hidupkan kembali menggunakan Lazarus Pit, lalu kembali ke kota Gotham dengan menggunakan identitas baru yaitu Red Hood. Tujuannya adalah untuk membunuh Joker dan mengambil peran Batman sebagai pelindung kota Gotham, namun menggunakan cara yang berlawanan dengan Batman yaitu membunuh para targetnya.

Kembalinya Jason Todd sebagai Red Hood di Gotham, membuat hubungan antara Bruce dengan Jason cukup rumit. Jason selalu membenci cara Bruce menangani para musuhnya dengan tidak membunuhnya. Selain itu Jason juga kecewa mengapa Bruce tidak membalaskan dendamnya ke Joker setelah Joker membunuhnya. Kekecewaan ini membuat dirinya tidak akan pernah kembali bersama Batman.

Di samping kekecewaan itu, Jason hanya tidak ingin mengakuinya bahwa terkadang dirinya rindu menjadi seorang Robin lagi loh.


Lanjutan dari 5 Robin yang wajib kamu ketahui bisa dibaca di halaman berikutnya!

1
2

SHARE
Previous articleReview Patapon Remastered: Bagus, tapi Terkesan Terlalu Seadanya
Next articleReview Cars 3: Film Cars Terbaik Hingga Saat Ini!
Penggemar berat Hal Jordan Green Lantern, Podcaster untuk DC Club.