Inilah 5 Momen yang Membuat Hubungan Indonesia dengan Malaysia Memanas

Serumpun namun tak rukun. Mungkin itulah yang menggambarkan bagaimana hubungan Indonesia dengan Malaysia. Meski punya kedekatan geografis, namun tak membuat negara yang terletak di Asia Tenggara ini selalu hidup damai. Pasalnya, ada beberapa momen yang membuat hubungan Indonesia dengan Malaysia kurang haromonis. Contohnya seperti berikut ini.

1

Era Soekarno

Konflik Indonesia dengan Malaysia pertama kali dimulai pada era Presiden Soekarno. Indonesia yang kala itu baru saja merdeka menganggap jika Malaysia sebagai antek kolonialisme, yang mendukung penjajahan di atas muka bumi. Politik Indonesia yang lebih condong terhadap negara-negara sosialis akhirnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia.

Soekarno yang sudah kesal dengan ulah negara Malaysia karena berniat menggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak ke dalam Federasi Malaysia, akhirnya mengeluarkan salah satu kalimat yang membakar semangat rakyat Indonesia, yakni “Ganyang Malaysia!”

2

Masalah Budaya

hubungan indonesia dengan malaysia

Hubungan Indonesia dengan Malaysia kembali memanas setelah negara yang beribukota di Kuala Lumpur tersebut secara sepihak mengklaim beberapa budaya asli Indonesia. Salah satu yang paling membuat heboh adalah saat Malaysia mengaku jika batik adalah budaya mereka.

Demi mengakhiri konflik tersebut, pemerintah Indonesia kemudian mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan. Hasilnya, pada 2 Oktober 2009, UNESCO meresmikan jika batik adalah warisan budaya Indonesia dan Malaysia tak berhak mengklaimnya lagi.

3

Pulau yang Dicuri

Bukan cuma budaya Indonesia yang curi oleh Malaysia, beberapa pulau terluar Tanah Air juga tak jarang diklaim sebagai bagian dari negara Malaysia. Sebut saja seperti Pulau Sipadan, Pulau Ligita, dan Peraian Sambas.

Kasus pencurian pulau yang paling heboh tentu saja ketika Malaysia mengklaim jika Blok Ambalat adalah milik mereka. Sebagai daerah yang menyimpan potensi kekayaan alam melimpah, tak heran Malaysia sangat ngotot mengincar daerah seluas 15.235 km persegi ini.

4

TKI yang Disiksa

Hubungan Indonesia dengan Malaysia juga sempat memanas karena masalah Tenaga Kerja Indonesia yang diperlakukan secara tak manusiawi di Malaysia. Sudah tak terhitung berapa banyak kasus penyiksaan TKI di negeri Jiran tersebut. Sampai-sampai pemerintah Indonesia memberikan ancaman takkan mengirimkan tenaga kerjanya ke Malaysia lagi.

5

Bendera Terbalik

Kasus terbaru yang membuat hubungan Indonesia dengan Malaysia kembali memanas terjadi dalam ajang Sea Games 2017. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan netizen Indonesia dibuat berang setelah mengetahui bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buklet resmi Sea Games 2017.

Terdapat Adegan Ciuman, Kartun Shaun The Sheep Mendapat Teguran KPI

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali beraksi. Kali ini bukan sinetron yang mendapat teguran, melainkan kartun Shaun The Sheep yang tayang di MNC TV.
Baca Juga

Meski sudah meminta maaf, namun tetap saja hal tersebut membuat hati rakyat Indonesia tersakiti. Tagar #ShameOnYouMalaysia pun sontak menjadi trending topik di Twitter sebagai rasa bentuk kekecewaan bangsa Indonesia.

Diedit oleh Snow


SHARE
Previous articlePembahasan Manga Boruto 15: Kutukan Momoshiki Mulai Memangsa Boruto?
Next article7 Jurus Berbahaya dalam Dunia Anime ini Bahkan Bisa Membunuh Penggunanya!

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca