Hajime Tabata: “Final Fantasy XV PC Tidak Akan Memakan 170 GB”

Hajime Tabata mengkonfirmasikan bahwa Final Fantasy XV PC tidak akan menghabiskan kapasitas memori hingga 170 GB. Wah, untunglah!

Setelah cukup lama ditunggu-tunggu, akhirnya Square Enix dan produser Hajime Tabata mengumumkan bahwa Final Fantasy XV akan dirilis juga untuk PC. Meskipun disambut dengan baik oleh fans, akan tetapi Final Fantasy XV PC memiliki kabar yang kurang enak. Pasalnya, game ini dikabarkan akan memakan memori hingga sebesar 170 GB! Tentu saja itu merupakan ukuran yang abnormal—belum lagi recommended specs dari Final Fantasy XV PC membutuhkan GTX 1080 Ti yang harganya selangit. Tak ayal, fans pun panik.

Baca Juga

Meskipun begitu, ada kabar yang cukup menyenangkan mengenai Final Fantasy XV PC ini. Dalam event Gamescom, Hajime Tabata melalui sebuah interview menjelaskan bahwa terjadi sedikit miskomunikasi ketika pengumuman recommended specs ini kepada publik—terutama press. Tabata mengatakan bahwa apa yang press dan publik terima sebenarnya bukanlah recommended press dari Final Fantasy XV PC, melainkan specs dari PC yang mereka gunakan untuk mengumumkan Final Fantasy XV pada event tersebut. Tabata juga menekankan bahwa recommended specs untuk memainkan game ini sendiri belum ditentukan. Ada kemungkinan bahwa recommended specs tersebut akan berubah.

Final Fantasy XV untuk PC

Lebih lanjut lagi, Tabata menyebutkan bahwa meskipun demo Final Fantasy PC menggunakan resolusi 4K dan GTX 1080 Ti, tetapi minimum specs dari game sendiri akan diturunkan hingga setara dengan versi konsol atau sedikit di atasnya—tetapi tidak fix hanya 30fps. GTX 1080 Ti yang menayangkan resolusi 4K adalah tampilan maksimum dari game ini nantinya.


Yah, setidaknya setelah mendengarkan penjelasan Tabata ini kita masih bisa bernafas lega. Tentunya, kita tidak perlu sampai menjual ginjal untuk membeli perangkat-perangkat mahal seperti Nvidia GTX 1080 Ti untuk memainkan Final Fantasy XV di PC. Mari berharap bahwa game ini masih bisa dimainkan bahkan di PC dengan spesifikasi kelas menengah.

Final Fantasy XV akan dirilis untuk PC pada awal 2018 mendatang. Versi PlayStation 4-nya sendiri sudah tersedia di PlayStation Store.

Sumber: Kotaku


SHARE
Previous articleDi Game Naruto To Boruto Striker, Kamu Bisa Membuat Karakter Ninja Baru!
Next articleInilah 4 Hal Paling Heboh dari Acara Gamescom Sejauh Ini!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.