Daftar Istilah yang Sering Digunakan di Dunia Komik Amerika

Mau mulai baca komik Batman? Atau mau beli komik Captain America? Nah, Sebelum kamu terjun ke dunia komik Amerika, ini dia beberapa istilah komik Amerika yang sering digunakan di dunia perkomikan.


Baca Juga

1

Single Issue

istilah komik amerika

Single Issue adalah komik yang  biasanya hanya memiliki beberapa halaman. Komik ini hanya menceritakan satu issue. Mungkin jika diumpamakan sebagai serial TV, satu issue bisa di artikan dengan satu episode. Jadi untuk menyelesaikan satu event, kamu harus banyak membeli single issue. Misalkan Batman issue #1, Batman issue #2 dan seterusnya.

2

Trade Paper Back (TPB)

howtolovecomics.com

Trade Paper Back atau yang biasa disebut dengan TPB adalah komik yang bentuknya seperti buku. TPB biasanya memiliki halaman yang cukup banyak, karena kamu bisa membaca satu event komik sampai selesai di satu TPB.

3

Variant Cover

Di industri komik Amerika, single issue biasanya dicetak dalam beberapa sampul yang berbeda beda. Contohnya seperti komik Dark Nights: Metal issue #1. Dengan judul yang sama, komik tersebut di cetak dengan sampul yang berbeda-beda. Nah, sampul tersebut biasanya terbagi menjadi 2 yaitu regular cover dan variant cover.

4

Bag and Board (BnB)

Mau komik kamu tetap bagus walaupun di simpan selama bertahun – tahun? Bag and Board, Bag n Board atau BnB adalah solusinya! BnB adalah sebuah pelindung komik yang terdiri dari plastik dan papan karton untuk menjaga komik kamu tetap terawat. Pasti kamu gamau kan melihat komik kamu lecek, kotor atau tertekuk karena kamu tidak menyimpannya dengan baik.

BnB adalah hal yang sangat penting untuk para kolektor komik. Pastikan komik yang kamu beli sudah termasuk dengan BnB nya atau tidak. Jika tidak, kamu harus membeli BnB secara terpisah di toko komik

5

Certified Guaranty Company (CGC)

comicconnect.com

 

CGC adalah sebuah perusahaan independen yang bergerak di bidang penilaian komik. CGC bertugas menilai sebuah komik dari sisi kualitas komik, seperti terdapatnya beberapa lipatan di komik tersebut atau menilai keaslian dari tanda tangan seseorang yang berkaitan dengan komik tersebut (pengarang atau artist).

Komik yang telah diberikan label CGC akan memiliki poin dan warna label. Masing – masing poin dan label tersebut akan menentukan nilai jual komik.

Contohnya seperti komik Action Comics #1 yang memiliki poin 9.0 dan label berwarna biru. Komik ini terjual di website comic connect seharga $3,207,852 atau setara dengan Rp 42.792.745.680 dan menjadi salah satu komik termahal yang tercatat di Guiness Records.

Nah, jika kamu memiliki komik–komik penting seperti komik kemunculan pertama dari karakter favorit kamu, layaknya Action Comics #1 (Superman) atau Amazing Fantasy #15 (Spider-Man), kamu bisa langsung submit komik kamu ke CGC agar koleksi kamu memiliki nilai jual yang tinggi di masa depan.


Itulah beberapa istilah komik Amerika yang sering digunakan di dunia komik Amerika. Jika kamu mengetahui istilah lainnya, jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya!

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleLagu Baby Shark Bakal Dibuat Versi Bahasa Indonesia. Bakal Seperti Apa Ya?
Next articleResident Evil 7 Gold Edition akan Ungkap Misteri DLC Not a Hero!

Penggemar berat Hal Jordan Green Lantern. Lagi mencoba untuk jadi Comic YouTuber di https://www.youtube.com/AbbiyuarsyahID