Inilah 5 Sutradara Indonesia Spesialis film Horor yang Karyanya Selalu Bikin Merinding

sutradara film horor

Deretan sutradara film horor ini sukses membangkitkan gairah film-film hantu di industri film Indonesia. Nah siapa sajakah mereka?

Film genre horor selalu mendapat tempat di hati penonton. Teror iblis yang ditawarkan nyatanya mampu menarik minat banyak orang untuk hadir ke bioskop.

Tapi tentu tak semua film horor sukses menampilkan kengerian yang berkualitas. Pasalnya, di tangan sutradara yang kurang handal, film horor akan menjadi karya yang mengecewakan.

Nah dari sekian banyak sutradara film horor yang dimiliki Indonesia, mungkin lima orang ini yang dianggap terbaik. Siapa sajakah mereka?

1

Rizal Mantovani

Jika berbicara film horor Indonesia, haram hukumnya jika tidak menyebut nama sutradara Rizal Matovani. Yup, pria berdarah Minangkabau ini dikenal sebagai sutradara film horor Indonesia yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Memulai debut di panggung layar lebar sebagai sutrada bersama Mira Lesmana dalam film Kuldesak (1999), nama Rizal Mantovani baru benar-benar melejit ketika dirinya sukses bersama film horor Jelangkung (2001). Bahkan film Jelangkung disebut-sebut sebagai awal dari bangkitnya genre horor Indonesia di awal tahun 2000-an.

Selepas sukses bersama Jelangkung, Rizal kemudian kembali terjun membuat film horor berjudul Kuntilanak pada tahun 2006. Seperti sudah diprediksi, film ini juga sukses besar, dan mendapat dua film lanjutan yakni Kuntilanak 2 (2007), dan Kuntilanak 3 (2008).

Beberapa film horor yang digarap oleh Rizal Mantovani lainnya adalah Kesurupan (2008), Mati Suri (2009), Air Terjun Pengantin (2009), Taring (2010), Jenglot Pantai Selatan (2011), Wewe (2015), dan yang terbaru Gerbang Neraka (2017).

2

Awi Suryadi

Namanya memang tak identik dengan film-film horor Indonesia, namun Awi Suryadi sukses membuat sebuah film horor yang menjadi film horor paling laris sepajang sejarah perfilman Indonesia. Ya, film tersebut berjudul Danur yang dirilis awal tahun 2017 ini.

Hanya dalam kurun waktu sepekan saja, filim garapan MD Pictures ini telah ditonton oleh 1.196.583 penonton. Atas dasar itu, film Danur sekaligus memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), sebagai film horor dengan jumlah penonton terbanyak dalam enam hari.

Sebelum Danur, Awi Suryadi sempat menggarap film genre horor lainnya seperti Sumpah Pocong di Sekolah (2008), dan Pengantin Topeng (2010).

3

Sisworo Gautama Putra

Jika kamu penyuka film-film horor klasik Indonesia yang dirilis tahun 80-an, maka kamu perlu banyak berterimakasih kepada Sisworo Gautama Putra. Yup, beliau adalah orang yang sangat berjasa membangkitkan film horor Indonesia menjadi genre favorit.

Kariernya dimulai  tahun 1962 dengan bekerja di studio Gema Masa Film saat menjadi penulis naskah untuk film Tudjuh Prajurit.

Puncak kariernya adalah ketika ia menggarap film horor legendaris Pengabdi Setan tahun 1980. Film itu disebut sebagai film horor terbaik yang pernah dibuat sineas Indonesia sepanjang sejarah. Bahkan film Pengabdi Setan juga mendapat reboot pada tahun 2017 yang disutradarai oleh Joko Anwar.

Selain Pengabdi Setan, beberapa film horor garapan Sisworo Gautama Putra adalah Sundelbolong, Malam Satu Suro, Telaga Angker, Malam Jumat Kliwon, dan Perkawinan Nyi Blorong.

4

The Mo Brothers

The Mo Brothers merupakan nama panggung dari duet sutradara Indonesia, Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel. Kedunya dikenal sebagai sutradara yang kerap menampilkan unsur thriller ke dalam film.

Sebut saja seperti film Takut: Faces of Fear (2008), Rumah Dara (2010), dan Killers (2013). Film-film horor tersebut tak direkomendasikan bagi kamu yang punya ketakutan terhadap darah.

5

Joko Anwar

Sutradara film horor selanjutnya adalah Joko Anwar. Pria yang tumbuh besar dengan menonton film-film kung fu dan horror ini dikenal sebagai sutradara jempolan yang dimiliki industri film Indonesia sekarang.

Meski tak sepenuhnya selalu muncul dalam proyek film horor, namun banyak yang menilai jika Joko Anwar punya kapabilitas untuk membuat film horor thriller mencekam. Salah satu yang dinantikan tentu saja film Pengabdi Setan versi reboot yang rencananya akan dirilis akhir Semptember 2017.

Begini Ngerinya Trailer Film Pengabdi Setan Karya Joko Anwar

Trailer film Pengabdi Setan resmi dirilis. Bagaimana kengerian yang ditampilkan oleh film remake arahan sutradara Joko Anwar ini?
Baca Juga

Nah siapa lagi sutadara film horor Indonesia yang punya kualitas terbaik hingga saat ini? Utarakan pendapatmu di kolom komentar ya!