Biar Enggak Bingung, Ini Panduan Sebelum Nonton Blade Runner 2049

panduan sebelum nonton blade runner 2049
Sumber: Independent

Jika kamu hendak menonton film ini di bioskop dan butuh pencerahan agar bisa mengikuti ceritanya, silakan baca panduan sebelum nonton Blade Runner 2049 berikut.

Film ini dipuji setinggi langit oleh para kritikus, namun angka box office-nya jelek. Itu menandakan film ini tidak begitu populer di kalangan penonton pada umumnya. Ini karena Blade Runner 2049 terpantau berhasil membuat bingung—dan mengantuk—banyak penontonnya.

Baca Juga

Selain itu, Blade Runner 2049 bukan film fiksi-sains penuh aksi seperti posternya itu. Jadi kalau kamu berharap Ryan Gosling beradu pedang laser dengan Jared Leto sambil lari-lari, sebaiknya kamu buang harapan itu jauh-jauh.

Secara mendalam, film ini bercerita tentang eksistensi manusia. Cukup berat, tapi kalau sepaham dengan apa tujuan film ini dibuat, boleh jadi kamu akan terkagum-kagum karenanya.

Blade Runner 2049 dinilai para kritikus sebagai mahakarya fiksi-sains. Bahkan sekuel terbaik. Memang secara penceritaan cukup lambat dan bertele-tele, apalagi durasinya mencapai 2,5 jam. Tapi yang jelas, Blade Runner 2049 punya kisah menarik untuk diceritakan dengan visual yang bikin mindblown.

Hal pertama yang perlu kamu tahu adalah film ini punya prekuel yang rilis tahun 1982, judulnya Blade Runner. Maka, dalam artikel panduan sebelum nonton Blade Runner 2049 ini, bolehlah dimulai dari film originalnya tersebut.

Tentang apa film Blade Runner bercerita?


Blade Runner adalah film fiksi sains/neo-noir yang diadaptasi dari novel Philip K. Dick yang berjudul Do Androids Dream of Electric Sheep?. Berlatar tahun 2019, film ini membawa suasana Los Angeles yang kumuh dan muram, dibasuh air hujan serta disiram terangnya lampu neon di setiap sudut kota.

Rick Deckard (Harrison Ford) bertugas sebagai blade runner, semacam detektif yang bertugas memburu replicant. Replicant adalah robot humanoid yang otak, perilaku, dan tampilannya yang sangat mirip sekali dengan manusia. Mereka sadar bahwa mereka hanyalah sekadar android.

Para robot-robot itu dikembangkan Dr. Eldron Tyrell (Joe Turkel) sebagai budak karena kekuatannya yang di atas manusia biasa. Namun, karena memiliki kecerdasan seperti manusia, para replicant itu pun memberontak sehingga harus diburu.

Superhero Tidak Harus Jomblo! Ini Dia 7 Wanita Kekasih Kamen Rider!

Jadi Kamen Rider tidak harus jomblo! Sebagian yang beristri bahkan jadi punya alasan pulang dengan selamat. Nah, ini daftar wanita kekasih Kamen Rider!
Baca Juga

Manusia digambarkan sangat membenci sekali replicant. Itu karena dalam perkembangannya, replicant banyak dilaporkan menyerang majikan manusianya. Hal tersebut menjadi alasan untuk mengurangi jatah hidup replicant menjadi hanya empat tahun saja.

Blade Runner membawa ide tentang kemanusiaan. Jika replicant sudah diciptakan semirip mungkin dengan manusia, bahkan memiliki memori dan perasaan serta bertindak lebih manusiawi, mengapa mereka dianggap bukan manusia? Apakah menonaktifkan replicant juga berarti membunuh manusia?

Apalagi dalam Blade Runner The Director’s Cut dan The Final Cut, sutradara Ridley Scott menambah adegan yang membuat fans bertanya-tanya: apakah Rick Deckard itu manusia atau replicant?

Nah, apalagi ini cut-cut segala? Oke, kita masuk pada poin selanjutnya

Tapi sebelum itu, kalau kamu tertarik menonton film orisinalnya, tapi tidak sempat untuk nonton, boleh tonton rangkuman filmnya dalam sepuluh menit lewat video di bawah. Ini juga berguna kalau kamu sudah pernah nonton, tetapi butuh panduan sebelum nonton Blade Runner 2049.


Halaman selanjutnya akan menjelaskan poin penting yang menghubungkan Blade Runner dengan Blade Runner 2049Check it out!