Daftar 10 Film Horor Wajib Tonton di Malam Halloween Ini!

Dengan perayaan Halloween yang kental dengan unsur mistis dan supranatural semakin dekat, tentunya akan lebih “lezat” bila ditemani dengan film horor yang seru untuk menambah keseruan anda. Inilah 10 film-film horor terbaik dan terseram untuk ditonton Halloween tahun ini. Bisa jadi, film-film ini terlewat dari radar anda!

Rasa takut sebenarnya cukup subjektif. Ketika mendengar kata “film horor”, sebagian besar orang akan membayangkan setan-setan gentayangan yang menyeramkan di The Conjuring, psikopat-psikopat yang memburu korbannya tanpa ampun di Scream atau Halloween, atau monster-monster/alien mengerikan yang siap memangsa apapun makhluk yang ada di depan mereka seperti di seri Alien.

Baca Juga

Tapi tidak sedikit pula yang menganggap film romantis seperti (500) Days of Summer adalah film “horor” versi mereka karena suatu alasan tertentu (bisa jadi karena pernah mengalami hal yang sama), atau dipaksa menononton film-film Uwe Boll semalam suntuk bisa jadi jauh lebih menakutkan dibanding film horor manapun. Atau bisa jadi dikejar-kejar tenggat waktu menulis artikel bisa lebih menakutkan dari- ups, sepertinya cukup dulu basa-basinya.

Ahem, jadi intinya adalah sebuah film horor adalah film yang bisa membangkitkan hal-hal yang paling ditakuti oleh penonton, entah itu ancaman akan teror dari makhluk halus yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja, teror psikologi yang bisa mempengaruhi pikiran penonton, atau adegan-adegan sadis yang bisa membuat penonton meringis dan trauma.

Dalam perayaan Halloween yang lekat dengan unsur horor tahun ini, penulis mempersembahkan rekomendasi 10 film-film horor terbaik yang bisa jadi terlewat dari radar anda, atau mungkin sudah pernah ditonton tapi lupa judulnya dan ingin menontonnya lagi.

10

Keramat (2009)

Mengambil gaya found footage ala The Blair Witch Project, [Rec], dan Paranormal Activity, Keramat mengisahkan tentang sekelompok kru film independen yang sedang melakukan syuting di Daerah Keistimewaan Yogyakarta, yang mengalami gangguan-gangguan mistis semenjak pertama kali mereka menginjakkan kaki di kota tersebut.

Situasi makin diperparah ketika salah satu aktris dirasuki oleh makhluk halus dan menghilang tanpa jejak. Setelah meminta bantuan dari seorang dukun, para kru malah terlempar dan tersesat di dimensi lain yang dihuni oleh makhluk-mahluk halus mengerikan dan siap merenggut jiwa mereka. Mereka harus mencari sang aktris yang menghilang dan keluar dari dimensi tersebut sebelum matahari terbit, atau mereka akan terperangkap selamanya.

Film horor rilisan tahun 2009 yang digarap oleh Monty Tiwa ini bisa jadi merupakan salah satu permata tersembunyi di ranah perfilman horor Indonesia, yang kebetulan pada saat itu mengalami penuruan kualitas yang cukup menyedihkan sehingga banyak orang yang tidak peduli.

Dengan syuting yang nyaris tanpa skrip dan akting yang sangat bagus, kengerian demi kengerian di Keramat terasa sangat nyata dan tidak terkesan dibuat-buat. Tidak hanya penampakan makhluk halus, hal-hal seperti alat gamelan yang berbunyi sendiri tanpa ada yang memainkannya atau suara tangisan kuntilanak dari kejauhan sudah cukup untuk membuat bulu kuduk anda merinding.

9

You're Next (2011)

Film horor ini menceritakan tentang satu keluarga yang tengah merayakan acara reuni mereka, namun di tengah-tengah acara itu mereka diteror oleh sekumpulan psikopat yang membantai mereka satu per satu secara keji.

Sialnya, para psikopat itu tidak tahu bahwa salah satu anggota keluarga itu yaitu Erin (Sharni Vinson) ternyata tidak kalah tangguh, cerdik, dan kejamnya dengan mereka. Situasi dengan mengejutkan berbanding terbalik ketika para psikopat itu berbalik diburu oleh Erin yang berusaha untuk menghabisi mereka demi bertahan hidup.

Inilah Daftar 9 Film Horor Mengerikan yang Bakal Dirilis di Sisa Akhir Tahun 2017

Inilah daftar film horor 2017 yang bakal dirilis mulai Juli sampai akhir Desember mendatang. Adakah film horor yang paling kamu tunggu-tunggu?
Baca Juga

Film horor home invasion yang menyampurkan antara genre saling bantai atau slasher dengan sentuhan komedi hitam inilah yang meroketkan nama sutradara Adam Wingard sebagai salah satu sutradara horor paling kreatif dan stylish di genrasinya.

Premisnya sendiri sudah menjanjikan sesuatu yang menarik. Kapan lagi bisa melihat tokoh antagonis bertopeng ala film-film slasher klasik malah berbalik diburu oleh sang protagonis? Hal itu saja sudah menjadi penjamin mutu yang cukup bagi anda untuk menonton film horor ini.

You’re Next ini meskipun genre sejatinya adalah film horor, tak bisa dipungkiri memiliki daya tarik tersendiri dari unsur komedi hitam slapstick-nya yang sangat kental, hampir mustahil menontonnya tanpa tidak tertawa sedikit karena adegan kekerasan yang ditampilkan sangat over the top hingga ke tahap komikal. Kendati begitu, masih ada cukup banyak adegan mencekam yang membuatnya layak masuk daftar tontonan film horor anda.

8

Dark Water (2002)

Berkisah tentang seorang single mother bernama Yoshimi yang secara terpaksa harus pindah bersama anak perempuannya; Ikuko ke sebuah apartemen murah setelah bercerai dengan suaminya. Kondisi apartemen yang suram dan sepi diperparah dengan kebocoran air dari bak mandi kamar di lantai atas yang membanjiri kamar mereka.

Dari yang awalnya hanya sekedar kasus kebocoran air belaka berujung pada penampakan sesosok hantu gadis kecil yang menghantui Ikuko, yang ternyata memiliki benang merah dengan air yang terus menetes di kamar Yoshimi dari lantai atas. Yoshimi pun mulai menelusuri sejarah tragis gedung apartemen yang ia tempati saat ini dan menguak misteri hantu gadis kecil itu sebelum ia merenggut Ikuko.

Jepang memang menjadi “rumah” untuk banyak film-film horor mengerikan, namun mungkin ada satu film horor yang bisa jadi terlewat dari radar anda. Disutradarai oleh Hideo Nakata (Ringu, The Incite Mill), Honogurai Mizu no Soko Kara atau Dark Water adalah salah satu film horor Jepang paling underrated saat ini.

Mulai dari adegan outdoor yang kelihatannya diguyur oleh hujan abadi, hingga tetesan demi tetesan air yang membanjiri kamar Yoshimi, Dark Water memiliki visual yang sangat terfokus pada menciptakan kesan yang muram, mencekan, nan sendu. Ditambah dengan filter warna yang suram pula.

Layaknya film Hideo Nakata sebelumnya yaitu Ringu, ia tidak  menjual Dark Water secara “murahan”, melainkan mengandalkan pada suspense dan misteri yang diselingi dengan adegan seram di sana-sini untuk menciptakan sebuah tontonan yang tidak hanya seram, namun juga memiliki kisah yang menarik untuk diikuti.

Yang membuat Dark Water menjadi film horor yang spesial adalah selain visualnya tersimpan sebuah pesan moral tentang kasih sayang antara ibu dan anak yang tak lekang waktu. Dijamin, ending dari Dark Water akan membuat mata anda berkaca-kaca setelah menit demi menit diteror oleh adegan-adegan mencekam.


Masih ada lagi lho! Cek di halaman berikutnya!

1
2
3

SHARE
Previous articleFakta Creepypasta: Stairs in the Woods – Kalau Kamu Menemukan Tangga di Hutan, Lari!
Next articleInilah Tanda Kalau Rumah Kamu Berhantu Berdasarkan Film! Hiih Serem!
Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda. Penyuka film, anime, video game, dan penggiat film scoring.