Jangan Remehkan Peran Ibu! Inilah 9 Ibu di Anime Manga Naruto yang Sering Terlupakan

Peran ibu nampaknya tergeserkan oleh peran ayah dan guru di Naruto. Tapi ternyata, mereka juga sedikit banyak memengaruhi sifat anaknya lho. Inilah 9 ibu hebat di anime mangan Naruto.

Kasih anak sepanjang galah, kasih ibu sepanjang masa, begitulah peribahasa mengatakan. Namun, peran seorang ibu jarang sekali nampak dalam anime manga Naruto. Malahan sosok ayah dan guru yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak di anime tersebut.

Sebut saja Shikamaru banyak belajar strategi dari ayahnya, duet Choji dan Choza dalam perang tidak terbantahkan lagi, serta kedekatan Naruto dan Minato juga terlihat saat mereka mendapat momen bersama. Inilah beberapa sosok ibu dan perannya yang terlupakan di Naruto.

1

Mikoto Uchiha

Merupakan ibu dari Sasuke dan Itachi, Mikoto merupakan seorang ibu yang kalem dan tenang. Dia juga terlihat sesekali bersosialisasi dengan ibu-ibu lain, terbukti saat dia menunjukkan Sasuke kecil pada Kushina dan Biwako.

Dia mendidik anaknya dengan tegas dan selalu menginginkan hasil terbaik bagi anaknya. Mikoto pernah memarahi Sasuke yang belum mengerjakan PR dan selalu mengawasi gerak gerik Itachi.

Bagi Sasuke, Mikoto merupakan ibu yang baik. Dia selalu dapat berbicara mengenai kehidupannya dengan ibunya ketimbang ayahnya yang keras. Mikoto juga seringkali terlihat memberikan semangat pada Sasuke untuk tidak putus asa dalam berlatih.

Dia juga tidak pernah membanding-bandingkan Sasuke dengan Itachi, yang tentunya sangat berprestasi pada saat itu. Sayangnya, dia harus tewas di tangan anaknya sendiri dan berharap Sasuke dapat membalaskan kematiannya pada Itachi. Sasuke kecil pun sangat kehilangan sosok sandaran hidupnya.

2

Kushina

Ibu yang satu ini tentunya yang paling familiar di telinga kalian. Tentu saja Kushina adalah ibu dari sang lakon Naruto. Selama hidupnya, Kushina merupakan seorang wanita yang periang, ekspresif, dan seorang mood-maker di keluarganya.

Seringkali terlihat Kushina menyiapkan makan malam bagi seluruh anggota keluarganya, bahkan Jiraiya sang guru juga pernah merasakannya. Meskipun begitu, sebenarnya kadang dia mempunyai perasaan was-was akan kehilangan sesuatu yang dicintainya, seperti Minato dan Naruto dan masih menganggap dirinya sebagai pendatang di Konoha.

Kushina sendiri terkenal mempunyai emosi yang meletup-letup, terkadang tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mendisiplinkan anak semata wayangnya, Naruto.

Dia juga terkenal di kalangan shinobi dan ditakuti ketika sedang marah. Digambarkan dengan wajah hitam dan rambut merah, mode kemarahan Kushina membuat banyak orang untuk berlaku baik di depannya. Nampaknya, Kushina merupakan sosok ibu dan istri yang baik bagi keluarga Minato.

3

Perkumpulan Ibu-ibu Konoha

Kali ini giliran ibu-ibu gaul di masa itu. ibu dari Sakura, Ino, Shikamaru, dan Choji nampaknya sangat akrab dan membentuk sebuah perkumpulan ibu-ibu yang beranggotakan mereka dan para ibu-ibu lainnya.

Kumpulan ibu-ibu ini merupakan perkumpulan ibu non-shinobi yang ada di Konoha. Mereka bertugas untuk membantu melindungi anak-anak dan wanita di saat suami mereka sibuk berperang mengorbankan dirinya untuk melindungi desa. Ibu-ibu ini berhasil mengusir pesumo yang mengganggu ketertiban desa dengan menggunakan peralatan masak mereka.

Mebuki Haruno

Merupakan ibu dari Sakura Haruno. Dia merupakan ibu yang baik dan ramah. Terbukti dia mengundang Kakashi dan Hokage Ketiga minum teh saat mengetahui bahwa anaknya Sakura akan diajar oleh mereka.

Dibandingkan suaminya, Mebuki terlihat lebih serius dalam menghadapi persoalan. Dia juga membuat Sakura yang sedang bingung akan kondisinya menjadi lebih baik. Sehari-hari dia dan suaminya nampaknya berdagang keliling Kota.

Yoshino Nara

Ibu satu ini merupakan ibu dari Shikamaru Nara. Dia merupakan seorang chunin dan terlihat mampu menggunakan taijutsu dengan baik. Bagi Shikamaru, Yoshino merupakan seorang ibu yang galak dan bersifat tirani. Hal itu didapatkannya karena sang ayah tidak berani berurusan dengannya, bagaikan membangunkan macan tidur.

Namun sebenarnya, ayahnya mengatakan bahwa ibu adalah seseorang yang lembut hatinya. Persepsi galak dan tirani ini membuat Shikamaru sedikitnya agak apatis terhadap perempuan dan dianggap mengganggu. Meskipun begitu, nyatanya Shikamaru memilih Temari yang juga bersifat keras seperti ibunya.

Ibu Choji

Tidak jauh beda dengan keluarga Akemichi lainnya, ibu Choji mempunyai tubuh yang tambun dan besar. Memang itulah ciri khas dari keluarga Akemichi. Bukan seorang shinobi, tidak banyak informasi mengenai ibu Choji.

Dia sangat perhatian dan baik terhadap Choji. Salah satu kebaikan ibunya yang sangat disukai oleh Choji adalah membiarkannya makan apapun yang dia sukai. Sifat Choji yang sensitive dan pemberani pasti juga menurun dari sifat ibunya ini ya.

Ibu Ino

Seperti halnya ibu Choji, ibu Ino juga tidak banyak diketahui mengenai kehidupan pribadinya. Ibu Ino hanya diketahui tergabung dalam perkumpulan ibu-ibu Konoha. Ibu Ino mempunyai sifat yang kalem dan tenang. Bergaya elegan dan termasuk golonagn high-class. Akan tetapi dia juga berpartisipasi dalam mengusir serangan sumo di Konoha. Tentunya kecantikan dan sifat elegan Ino menurun dari ibunya ya

Jangan lewatkan profil ibu-ibu lain di halaman kedua yang pastinya lebih seru yaa….