Sempat Tak Lulus Kuliah serta 4 Fakta Bondan Winarno yang Belum Banyak Diketahui Orang

Di balik kepribadiannya di depan kamera, masih banyak hal yang belum diketahui publik. Berikut ini deretan fakta Bondan Winarno yang harus kamu tahu.

fakta bondan winarno

Mungkin banyak orang hanya mengenal Bondan Winarno sebagai pembawa acara wisata kuliner dengan tagline “Maknyus”. Di balik kepribadiannya di depan kamera, masih banyak hal yang belum diketahui publik. Berikut ini deretan fakta Bondan Winarno yang harus kamu tahu.

1

Tidak Lulus Kuliah

Lahir di Surabaya, 29 April 1950, Bondan Winarno tak serta merta berkecimpung di dunia kuliner. Saat masa kuliah, Bondan mengambil jurusan Arsitektur di Universitas Diponegoro. Sayangnya, Bondan tak pernah menyelesaikan studinya tersebut karena alasan biaya.

“Waktu itu ayah saya meninggal. Saya anak ketiga dan masih ada lima adik saya yang membutuhkan biaya. Saya memutuskan berhenti sekolah,” ujar Bondan. Ia pun terpaksa drop out dari kuliahnya.

2

Sebagai Wartawan

Tak patah semangat, Bondan yang memiliki hobi menulis lalu mencoba peruntungannya sebagai jurnalis. Banyak karya tulisannya yang dimuat di berbagai media besar seperti Kompas, Sinar Harapan, Suara Pembaharuan, Tempo dan berbagai rubrik di majalah serta tabloid.

Bahkan Bondan Winarno pernah mejabat sebagai pemimpin redaksi di beberapa media seperti majalah Balita, majalah SWA, dan harian Suara Pembaharuan.

3

Ketua Komunitas Jalan Sutra

Kecintaannya terhadap dunia kuliner turut mengantarkan Bondan Winarno sebagai pelopor sekaligus ketua komunitas Jalan Sutra. Komuitas Jalan Sutra sendiri merupakan sebuah komunitas wisata boga yang cukup terkenal di Indonesia.

Anggota komunitas ini pun sangat beragam dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk para pakar kuliner dan orang-orang yang tertarik terhadap kuliner.

4

Hobi Olahraga Ekstrem

Fakta Bondan Winarno selanjutnya tak kalah unik. Kabarnya, Bondan Winarno juga punya kegemaran terhadap olahraga ekstrem. Bondan tergabung dalam komunitas Jakarta Flying Club, di mana kegiatannya adalah terjun payung.

Ia juga aktif menjadi anggota pramuka. Bahkan ia sempat dianugerahi Baden Powell Adventure Award ketika menjadi pemimpin regu Indonesia dalam Boy Scouts World Jamboree di Farragut State Park, Idaho, USA pada 1967.

5

Seorang Pengusaha

Seperti disinggung di atas, Bondan sempat menjadi seorang wartawan dan bahkan pemimpin redaksi. Sayangnya, gaji yang didapat dari profesi tersebut belum bisa mencukupi kebutuhan Bondan serta keluarga. Terlebih anaknya juga ingin bersekolah di Amerika Serikat.

“Saya berpikir dengan gaji seorang pemred saja, saya tidak mungkin bisa menyekolahkan anak ke Amerika. Jalan satu-satunya adalah ‘nyemplung’ ke dunia bisnis,” ujar Bondan.


CONTINUE READING BELOW

Kabar Duka: Pencetus “Maknyus” Bondan Winarno Meninggal Dunia

Presenter kuliner kenamaan yang populer berkat mempopulerkan kata “Maknyus” bernama Bondan Winarno telah meninggal dunia.


Ia tercatat sebagai Presiden Ocean Beauty International yakni perusahaan makanan laut yang berbasis di Amerika Serikat. Ia juga sempat memiliki sebuah kedai kopi berlabel Kopitiam Oey yang hingga kini masih eksis di Indonesia.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca