Akira Toriyama Ceritakan Kisah Unik Dibalik Nama Kamehameha!

rahasia dibalik nama kamehameha dragon ball

Bagaimana sih kisah dibalik terciptanya jurus ikonik milik Goku bernama Kamehameha ini? Inilah cerita dari sang kreator, Akira Toriyama!

Apa sih jurus atau teknik dalam Dragon Ball yang paling kamu ingat? Kebanyakan dari kalian pasti akan menjawab “Kamehameha”. Ya, jurus yang satu ini begitu ikonik digunakan oleh Goku dkk, selain itu, terdapat pula berbagai jenis Kamehameha selama serial Dragon Ball berlangsung. Akan tetapi, dari mana sih sebenarnya nama ini berasal?

9 Jenis Kamehameha Istimewa yang Perlu Kamu Ketahui!

Mirip tapi tak sama, ada berbagai macam Kamehameha di serial Dragon Ball. Tapi, 9 jenis Kamehameha ini mungkin yang paling istimewa!
Baca Juga

Dalam sebuah wawancara bersama Akira Toriyama yang dimasukkan ke dalam guidebook berjudul Dragon Ball Super Exciting Guide: Story Volume, sang kreator menjelaskan bagaimana dia mendapatkan ide untuk membuat jurus yang sangat ikonik ini. Berikut cerita dari sang mangaka:

Untuk Kamehameha, aku berpikir jika aku bisa menampilkan energi ‘ki’, yang mana tidak terlihat mata, dalam majalah anak laki-laki. Saat tidak ada siapapun di sekitarku, aku mencoba berbagai macam pose, dan memutuskan salah satu yang terlihat keren—yang akhirnya kupakai dalam manga.

Untuk nama Kamehameha sendiri, aku memikirkan nama yang cocok untuk kalimat ‘sesuatu-sesuatu-Ha!’, saat istriku menimpali dengan candaan, “Kamehameha kedengarannya bagus, bukan?” jadi aku pun menggunakannya. Tentu saja, nama tersebut diambil dari Raja Kamehameha dari Kerajaan Hawaii.

Aku sering ditanyai apakah aku banyak mencari referensi dari bela diri untuk teknik-teknik dan pose jurus; meskipun aku telah melihat banyak film Kung-Fu, mengejutkannya, aku sendiri sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan bela diri.

asal mula nama kamehameha dragon ball
King Kamehameha, raja Hawaii

Jadi, begitulah, asal nama jurus ini berasal dari pemimpin kerajaan Hawaii di tahun 1810 bernama King Kamehameha. Menariknya, pembagian nama raja ini bukanlah Kamehame-Ha tetapi Ka-mehameha. “Ka” dalam bahasa Hawaii berarti “seseorang”, sementara “mehameha” berarti “kesepian”; jika digabungkan menjadi “seseorang yang kesepian.”

aplikasi terkait

DRAGON BALL Z DOKKAN BATTLE

BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

4.1
starstarstarstarstar
Game Dragon Ball yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan! Yuk, mainkan sekarang juga!

Yah, ternyata asal nama jurus ini tidak begitu nyambung dengan jurus dan penggunaannya. Tetapi mau cocok atau tidak, tidak bisa kita pungkiri bahwa teknik andalan Goku ini adalah salah satu jurus terpopuler sepanjang masa dalam dunia animanga.

Hayo ngaku, siapa yang dulu kecil (atau sekarang) sering menirukan pose jurus ini sambil meneriakkan namanya?

Baca Juga

Sumber: Kanzenshuu


SHARE
Previous articleCepet Tamat! 10 Game Pendek Terbaik Tahun 2017 yang Wajib Kamu Coba!
Next articleRoppongi: Dari Star Wars hingga Doraemon
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.