Ricuh! Kejanggalan Acara MAMA 2017, Ada Apa dengan Mnet vs YG?

mnet dan YG
sumber: youtube

Lagi-lagi para artis dari YG Entertaiment tidak hadir dalam acara MAMA 2017. Ada apa sesungguhnya antara Mnet vs YG yah?

Baca Juga

Salah satu acara penghargaan musik K-pop, Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2017 akhirnya resmi digelar pada tanggal 1 Desember kemarin. Tak hanya pujian, ternyata banyak sekali kritikan atas kejanggalan yang terjadi di acara tersebut. Yang menjadi sorotan saat ini adalah Mnet vs YG Entertaiment (YG).

Salah satu kejanggalan ketika artis YG, G-Dragon yang menjadi nominasi tidak memenangkan Best Male Artist meski sudah memenangkan voting online sebesar 61 persen (46 juta suara). GD harus menerima kekalahan dengan artis lain yang hanya memperoleh 17 persen (13 juta suara).

Memang benar bahwa penilaian MAMA 2017 dilihat berdasarkan voting online, juri internal MAMA, dan penjualan digital atau fisik. Namun perbedaan tersebut terlihat sangat janggal terlebih lagi GD telah unggul hingga 50 persen!

Selain itu para penonton dibuat kesal ketika nominasi Best Female Award ditampilkan dengan memutarkan slide foto grup idol. Semua foto grup idol terlihat bagus namun ketika menayangkan foto grup K-pop BlackPink, wajah para member diblur dengan warna merah.

Sontak hal ini membuat penonton merasa kesal karena menganggap Mnet tidak menghargai grup K-pop asuhan YG tersebut. Tweet dengan tagar #BLACKPINKREDFACE pun menjadi salah satu trending acara tersebut.

Latah! 5 MV K-pop yang Bisa Bikin Kamu Pengen Keliling Dunia

Seringkali kita salah fokus saat menonton MV K-pop, alih-alih melihat idol pujaan, kita malah melihat lokasi tempat video klip tersebut...
Baca Juga

Bukan rahasia lagi bahwa hubungan Mnet vs YG memang tidak begitu baik meski kedua belah pihak menyangkal hal tersebut. Rumor ini bermula saat G-Dragon melakukan pertunjukan pada acara MAMA pada tahun 2014 lalu.

GD tampil membawakan lagu “Good Boy” dengan member BIGBANG Taeyang. Namun diawal lagu, GD menambahkan beberapa bait lirik dalam rapnya yang menyinggung acara MAMA.

Setelah kabar tentang kontroversi penampilan GD terkuak, pada tahun 2015 perseteruan antara Mnet vs YG kembali terkuak. Kali ini grup idol YG, iKON tidak mendapatkan nominasi pada M!Countdown. Hal itu dirasa janggal karena lagu debut iKON yang berjudul “My Type” mendapatkan posisi bagus di chart musik lain.

Pihak YG meminta kejelasan tentang masalah tersebut kepada Mnet. Alih-alih mendapatkan jawaban yang memuaskan, Mnet malah mengatakan “Jika agensi meminta iKON masuk ke dalam nominasi, kami akan bernegosiasi untuk memasukan iKON”.

mnet dan YG
sumber: asianjunkie

Pernyataan tersebut malah membuat YG berang, karena Mnet secara terang-terangan sudah melakukan kecurangan dan bertindak tidak adil. Menurut YG, langkah negosiasi bukanlah hal yang pantas jika ingin melihat ranking seorang artis dan lagunya dalam acara musik.

Hubungan antara Mnet vs YG semakin memanas ketika pada pergelaran MAMA 2016, tak ada satupun artis YG yang hadir diacara tersebut. Padahal pada tahun 2016, banyak artis YG yang melakukan comeback bahkan YG baru saja men-debut kan idol barunya BlackPink.

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Kirim Hadiah untuk Idol K-pop!

Banyak fan yang banting tulang demi memberikan hadiah untuk idol. Tapi tau ga sebenarnya kamu tidak perlu memberikan hadiah untuk idol. Ini dia alasannya!
Baca Juga

Sampai saat ini memang tidak ada pernyataan resmi tentang apa yang terjadi antara Mnet vs YG. Bagaimana menurut kamu? Pihak mana yang harusnya dipersalahkan?

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleSerial Anime dari “Saudara” Ultraman Bernama Gridman Akan Segera Tayang Tahun Depan!
Next articleKontroversi Loot Box Masih Berlanjut, Apa Tanggapan Take-Two?