Suka Dikritik atau Mengritik? Luruskan Dulu Pemahaman Kita Soal Kritik!

Kritik pada dasarnya merupakan bagian dari terwujudnya lingkungan karya yang paripurna. Akan tetapi, banyak orang yang salah paham soal kritik. Lantas, bagaimana sih wujud kritik yang benar? Simak ulasannya!

berkarya kritik evaluasi membangun kualitas

Kritik pada dasarnya merupakan bagian dari terwujudnya lingkungan karya yang paripurna. Akan tetapi, banyak orang yang salah paham soal kritik. Lantas, bagaimana sih wujud kritik yang benar? Simak ulasannya!

Menjadi kreator–baik pencipta komik, musik, film, maupun karya tulis–membuat kita terekspos pada dunia kritik. Semakin kita rajin berkarya, maka akan semakin banyak kritikus yang tertarik untuk berkomentar.

Sayangnya, kritik telah mengalami pergeseran makna. Beberapa orang seringkali bersembunyi di balik kata “kritik” hanya untuk melontarkan komentar dengan bahasa yang tidak senonoh alias penghinaan. Hal ini tentu saja membuat orang-orang yang baru terhadap dunia karya memertanyakan arti kritik yang sesungguhnya.

Jadi, apa yang sebenarnya dimaksud dengan kritik? Dan bagaimana cara penyampaian yang tepat agar sebuah kritik tidak terkesan menjatuhkan? Simak ulasannya yuk!

1

Meluruskan Definisi Kritik

berkarya kritik evaluasi membangun kualitas

Sumber: DesignLab

Dalam KBBI, kritik berarti memberikan kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Lebih jauh lagi, jika kita menilik kamus internasional Merriam-Webster, kritik berarti melakukan atau memberikan evaluasi yang disertai dengan penilaian yang sangat hati-hati.


CONTINUE READING BELOW

Suka Bikin Cerita? Sini, Belajar Cara Bikin Dialog yang Menarik!

Membuat dialog dalam penceritaan adalah salah satu poin yang gampang-gampang susah. Terus, bagaimana cara bikin dialog yang menarik? Simak di sini!


Jika melihat dari pengertian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa inti dari kritik sebenarnya sama: melakukan evaluasi, menguraikan masalah. Kita menunjukkan mana yang baik dan mana yang kurang baik, sehingga orang yang dikritik bisa mengetahui di mana letak kelemahannya.

Batas yang dapat ditolerir dari kritik hanya sampai pada tingkat kecaman, bukan penghinaan. Sedangkan definisi mengecam menurut KBBI sendiri adalah melakukan penyelidikan secara teliti, bukan menghina, apalagi mengancam orang lain.

2

Membedakan Kritik dan Menghina

berkarya kritik evaluasi membangun kualitas

Sumber: IBTimes UK

Apa sih sebenarnya perbedaan paling mendasar antara kritik dan penghinaan?

Ada jawaban menarik yang kami temukan di laman Quora. Pada situs itu, terdapat dua penjelasan tentang perbedaan mendasar antara kritik dan menghina. Berikut adalah ringkasannya:

The difference between insult and criticism is intent. The intent of criticism is to point out where you have gone wrong so that you can correct the problem. The intent of insult is to do emotional harm.

The two should be fairly easy to distinguish. Criticism carries some desire to improvement. Insult is just needless abuse.

Singkatnya, perbedaan paling mendasar antara kritik dan menghina adalah pada faedahnya. Kritik berarti memberi tanggapan, disertai dengan penguraian masalah, sehingga kita memberikan insight positif bagi orang yang dikritik.


CONTINUE READING BELOW

Berkarya Sambil Ngikutin Standar Orang Lain? Bikin Standarmu Sendiri!

Setiap orang yang berjiwa kreatif pasti punya tokoh idola yang mendorong mereka untuk semangat berkarya. Tetapi, baguskah kalau kita terlalu memaksakan diri menjadi "orang lain" demi berkarya?


Sedangkan menghina tidak lain dan tidak bukan hanya untuk mengumpat, tidak ada faedahnya. Kita hanya ingin menjatuhkan orang lain berbasis pada ego dan emosi. Or even worse, kita mungkin hanya ingin mencemarkan nama baik orang yang dikritik.

Pahami perbedaannya.


Penasaran kritik yang baik itu kayak gimana? Lanjut ke halaman berikutnya!

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id