Dari Sid Vicious hingga Winston Churchill, Inilah 5 Akting Terbaik Gary Oldman!

Siapa yang tak kenal Gary Oldman? Berikut 5 penampilan terbaiknya!

Dikenal dengan talenta luar biasanya yang sanggup memerankan banyak karakter/tokoh yang berbeda-beda, mulai dari rocker legendaris Sid Vicious di Sid & Nancy (1986) hingga sosok Perdana Menteri Inggris Winston Churchill di Darkest Hour (2017), tak diragukan lagi bahwa Gary Oldman merupakan salah satu aktor terbaik di generasinya. Mari kita lihat 5 penampilan terbaiknya!

Tepatnya tanggal 22 Januari 2018, aktor kondang yang telah meniti karir sejak tahun 1979; Gary Oldman resmi mendapatkan piala Screen Actors Guild Award kategori Pemeran Utama Pria Terbaik, untuk perannya sebagai Perdana Menteri Winston Churhill di film Darkest Hour (2017) arahan Joe Wright.

Oldman yang tak kuasa menahan rasa bahagianya meneteskan air mata, dan terlihat masih tak percaya bahwa dirinya berhasil mendapatkan piala yang tak kalah bergengsinya dengan piala Oscar dan Golden Globes itu.

Tak lupa dirinya untuk mendedikasikan piala ini pada kolega dan rekan-rekannya, termasuk aktor-aktor yang dihormatinya seperti Robert DeNiro, Richard Jenkins, Morgan Freeman, dan Denzel Washington.

Sebagai seorang penggemar Gary Oldman semenjak kemunculannya di Leon: The Professional sebagai sosok polisi korup Norman Stansfield, penulis sudah lama menganggap bahwa dirinya merupakan aktor yang underrated, mengingat jarangnya beliau dilirik oleh ajang-ajang penghargaan.


CONTINUE READING BELOW

Review Kedi (2016): Hiruk Pikuk Kehidupan Kota Istanbul di Mata para Kucing

Kedi adalah tontonan inspiratif, edukatif, dan emosional yang wajib ditonton oleh setiap penyuka hewan mungil yang paling indah sekaligus paling misterius di muka Bumi ini: Kucing.


Ada begitu banyak peran-peran memorable yang dihidupkan olehnya jauh sebelum Harry Potter maupun Darkest Hour, dan kemenangannya dalam ajang ini tidak hanya memuaskan hasrat penulis hanya terkagum-kagum dengan aktingnya sebagai Winston Churchill, namun juga sebagai titik puncak dari karir aktingnya yang bak bunglon sanggup memerankan begitu banyak tokoh yang bertolakbelakang sifat dan karakternya.

Untuk merayakan kemenangan Gary Oldman di ajang Screen Actors Guild Awards tahun ini, mari kita menoleh ke belakang untuk sesaat dan melihat kembali 5 akting terbaiknya di film-film terdahulu!

5. Komisioner James Gordon (The Dark Knight Trilogy)

Batman/Bruce Wayne (Christian Bale) mungkin memang tokoh utama di trilogi The Dark Knight, “ditemani” dengan penjahat-penjahat memorable seperti The Joker (Heath Ledger) dan Bane (Tom Hardy), namun ada dua tokoh yang sebenarnya menjadi “hati” untuk trilogi mahakarya Christopher Nolan ini: Sang Pelayan yaitu Alfred Pennyworth (Michael Caine) dan sosok Komisioner James “Jim” Gordon (Gary Oldman).

Entah mungkin karena memang trilogi The Dark Knight disesakkan dengan penampilan prima aktor-aktor lainnya, penampilan Oldman sebagai tokoh komisioner polisi yang berpegang teguh pada idealismenya akan keadilan terasa kurang dihargai. Akting Alm. Heath Ledger sebagai The Joker di The Dark Knight memang luar biasa, namun menurut penulis, Oldman adalah jawaranya untuk di film itu.


CONTINUE READING BELOW

Review Darkest Hour: Gary Oldman Adalah Winston Churchill!

Drama yang memikat, jatah humor yang pas, serta penampilan luar biasa dari Gary Oldman dan pemain-pemain pendukung lainnya membuat Darkest Hour menjadi tontonan wajib bagi anda yang senang dengan film-film biografi ataupun sejarah.


Sosoknya sebagai orang biasa di tengah situasi luar biasa benar-benar dihidupkan lewat penampilan Oldman yang emosional sebagai detektif yang kebal akan korupsi pikiran maupun materi ini. Adegan terakhirnya bersama Christian Bale di The Dark Knight Rises benar-benar menyayat hati hanya dari raut wajahnya saja.

4. Norman Stansfield (Leon: The Professional)

Bila James Gordon adalah polisi yang setia pada hukum dan berpegang teguh pada keadilan, maka Gary Oldman dengan brilian memerankan kebalikan total dari karakter Gordon, meskipun sama-sama merupakan seorang anggota kepolisian.

Adalah Norman Stansfield, karakter dari Leon: The Professional garapan Luc Besson yang brilian dan sampai sekarang masih tetap dianggap sebagai salah satu film drama kriminal terbaik sepanjang masa. Stansfield adalah tokoh antagonis yang merupakan lawan dari Leon (Jean Reno) dan Mathilda (Natalie Portman).

Oldman benar-benar menikmati perannya sebagai Stansfield, dengan gaya yang over-the-top sampai ke batas komikal, ia tampil edan sebagai agen DEA (Drug Enforcement Administration) yang korup dan ketagihan narkoba. Benar-benar komikal sampai-sampai memberikan elemen komedi hitam yang tidak kita sangka muncul di dalam film ini.


Simak lanjutan pembahasannya di halaman kedua!


Share this article

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.