Apakah Dragon Ball Bisa Dihancurkan?

Kita berkali-kali melihat sang Naga, Shenron, dibunuh. Tapi, bagaimana dengan bolanya? Apakah bola naga bisa dihancurkan?

Apakah Dragon Ball Bisa Dihancurkan?

Pada Namek Saga, terdapat adegan Vegeta yang panik menyuruh Kuririn menghancurkan bola naga sebelum pasukan Ginyu merebutnya. Nah, hal ini menimbulkan pertanyaan: apakah Dragon Ball bisa dihancurkan? Apakah bola naga ini benar-benar tidak bisa dihancurkan?

Sebelumnya, banyak yang percaya bahwa dragon ball adalah sebuah benda yang tidak dapat dihancurkan. Akan tetapi, ternyata banyak bukti yang mengatakan bahwa dragon ball bisa dihancurkan. Salah satu bukti yang paling jelas adalah ketika Fusion Saga.

Dalam Fusion Saga, Piccolo berkata pada Super Saiyan 3 Gotenks yang tengah bertarung melawan Super Buu bahwa jika Gotenks sampai menghancurkan satu saja dragon ball, maka dragon ball tidak akan pernah bisa digunakan lagi. Hal ini membuktikan bahwa bola naga sebenarnya bisa dihancurkan.

Hal ini diperkuat dengan komentar Akira Toriyama, sang kreator Dragon Ball, dalam databook Dragon Ball: Super Exciting Guide. Saat itu, Toriyama ditanyai, “bagaimana rasanya menyentuh dragon ball” yang mana dijawab oleh sang kreator:

“Aku rasa bola naga itu keras dan lengket seperti resin. Bahkan jika kita mengebor sebuah lubang di bola naga tersebut atau bola tersebut rusak, setelah mengabulkan permintaan, bola naga tersebut akan berpencar dan seluruh kerusakannya akan menghilang begitu kembali menjadi bola naga layaknya bola naga baru.”

Hal yang sama juga pernah disebutkan dalam Daizenshuu 7—sebuah guidebook untuk Dragon Ball Manga. Dalam bagian item dictionary, disebutkan bahwa dragon ball bisa dihancurkan dengan banyak cara, bahkan bisa dilubangi.

Dengan begini, terjawab sudah bahwa sebenarnya dragon ball bisa dihancurkan. Jika salah satu dragon ball retak/rusak, maka bola tersebut masih bisa digunakan untuk memanggil Shenron. Lalu, setelah digunakan, dragon ball akan kembali seperti semula. Hanya saja, jika ada salah satu bola naga yang hancur berkeping-keping, maka bola-bola lain menjadi tidak bisa digunakan kembali.

Apakah bola yang hancur bisa diperbaiki? Seingat saya, belum pernah ada kejadian dragon ball hancur dalam animanga Dragon Ball. Jadi, kita tidak tahu kalau dragon ball bisa diperbaiki atau tidak. Tetapi, jawaban dari Dende ini membuktikan bahwa dragon ball bisa diciptakan.

Lanjut ke halaman 2!

Semenjak para Android muncul, Piccolo dan Kami pun bergabung. Hal ini menyebabkan dragon ball yang ada di Bumi menjadi batu dan tidak bisa digunakan. Supaya dapat menggunakan dragon ball kembali untuk menghidupkan orang-orang yang dibunuh oleh Cell, Goku pun mengajak Dende dari planet Namek untuk membuat dragon ball.

Nah, Dende menjelaskan bahwa dia bisa membuat dragon ball selama seratus hari. Karena Goku membutuhkan dragon ball secepatnya, Dende pun bisa membuat dragon ball dengan lebih cepat menggunakan bebatuan dragon ball lama.

Apakah Dragon Ball Bisa Dihancurkan?

Hal ini menjelaskan, bahwa meskipun dragon ball rusak, tetapi Goku dkk tidak perlu khawatir karena bola naga baru bisa dibuat—meskipun memakan waktu yang lama.

Mungkin, yang menjadi pertanyaan adalah: material apa yang digunakan untuk membuat bola naga. Dalam Dragon Ball Super, Champa menjelaskan bahwa para manusia Namek di Universe 6 mengambil sedikit material dari super dragon ball yang sebesar planet untuk menciptakan bola naga mereka. Champa berasumsi bahwa manusia Namek di Universe 7 juga melakukan hal yang sama.

Hal ini cukup menarik, mengingat sebelum sebuah bencana yang menyebabkan manusia Namek di Universe 7 hampir punah, mereka dikenal sebagai ras yang hidup dengan berdagang antara galaksi. Bisa jadi, material yang mereka dapatkan dari super dragon ball juga diperdagangkan. Tentunya, ini bisa menimbulkan spekulasi kalau di luar sana ada lebih banyak variasi dragon ball daripada yang pernah kita lihat selama animanga Dragon Ball berlangsung.

Tentunya, untuk menciptakan bola naga ini diperlukan kemampuan khusus seperti bangsa Namek—yang mana sebenarnya tidak pernah dijelaskan secara mendetil dalam animanga. Tetapi, mengingat galaksi dan bahkan dunia itu luas, tidak menutup kemungkinan bahwa ada ras di luar sana selain Namek yang bisa menciptakan dragon ball.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU