Dibanding Dub Bahasa Lain, Mengapa Suara Dub Jepang Lebih Disukai?

Pernah merasakan hal ini? Sebuah film atau bahkan game terasa lebih seru jika kita mendengarkan suara dub Jepang dibandingkan film atau game yang menggunakan dub dari bahasa lain.

Pernah merasakan hal ini? Sebuah film atau bahkan game terasa lebih seru jika kita mendengarkan suara dub Jepang dibandingkan film atau game yang menggunakan dub dari bahasa lain.

Mungkin memang tidak semua merasakan, biasanya karena beberapa orang tersebut tidak menyukainya, akan tetapi untuk para penggemar film, anime atau bahkan game lebih suka bermain dan menyaksikan dengan menggunakan dub Jepang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan dub Jepang lebih disukai, beberapanya akan disebutkan di bawah ini. Dah deh, langsung saja ya kita simak!

1

Lebih Beremosi

Tidak bisa dipungkiri bahwa dub Jepang terasa lebih beremosi dibanding dub lainnya. Bukan berarti setiap dub Jepang isinya hanya marah-marah saja, akan tetapi ada feel di setiap kata yang diucapkan.

Misalkan dalam game dan anime yang bertemakan fantasi, ketika ada pertarungan di dalamnya dan keluar “warcry” dari setiap karakter, lebih membakar semangat dibandingkan dub dari bahasa lain.

Adanya keterikatan emosi tersebut menjadikan film, anime dan game cenderung memberikan feel yang berbeda dibandingkan dari dub bahasa lain.

2

Tambahan Sound Effect

Terkadang ada beberapa film dengan dub Jepang, diberikan efek suara tambahan yang memang bisa memberikan efek dramatis. Efek suara tambahan ini akan meningkatkan feel yang didapat.

Tambahan efek suara ini bukan berarti ada tambahan suara, biasanya peningkatan efek suara dalam beberapa scene. Hal ini tentu saja akan memberikan kesan bahwa kejadian yang terjadi di scene tersebut seakan-akan sangatlah dashyat.

3

Momen yang Lebih Tepat

Hal ini cenderung lebih universal, film atau game yang memiliki bahasa asli ketika diubah dub-nya, maka memiliki kemungkinan untuk kehilangan makna yang ingin disampaikan.

Biasanya hal ini terjadi ketika menyampaikan joke, beberapa joke yang disampaikan dalam bahasa asli akan lebih mengena jika disampaikan dalam bahasa asli. Akan tetapi ketika joke tersebut disampaikan dalam bahasa lainnya maka akan hilang makna yang ingin disampaikan.


Nah itu dia beberapa alasan umum mengapa dub Jepang lebih disukai, baik dalam film, anime maupun game. Kamu sendiri punya alasan sendiri mengapa lebih suka dub Jepang?

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
rizziz

Penulis yang ramah, baik hati, suka menolong dan rajin menabung