Impresi Demo Resident Evil 2 Remake: Ngeri Maksimal dalam Grafis HD!

Meskipun sudah main versi aslinya, dijamin kamu akan tetap merasakan ngeri saat main versi remake ini!

Penulis sebenarnya bukan seorang penggemar berat game-game survival horror. Selama pengalaman bermain game, hanya segelintir game survival horror saja yang pernah penulis mainkan. Salah satunya adalah Resident Evil (RE) 2 yang (kalau tidak salah) menjadi game survival horror pertama yang penulis mainkan.

Jadi saat Capcom mengumumkan pengembangan Resident Evil 2 Remake, penulis pun cukup antusias untuk bernostalgia dengan judul yang melambungkan nama franchise Resident Evil ini. Resident Evil 2 bahkan bisa dikatakan salah satu game terbaik Resident Evil lewat atmosfer, setting dan juga kengerian yang ditawarkan. Jadi sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa Capcom tertarik untuk membuat remake-nya.

Saat berkunjung ke PlayStation Experience Southeast Asia 2018 (PSX SEA 2018) penulis pun tidak mau melewatkan kesempatan untuk mencicipi kurang lebih 15 menit demo Resident Evil 2 Remake yang ditawarkan. Dan apa yang penulis rasakan saat memainkan versi remake kali ini: ngeri maksimal!

Mungkin kamu akan berpikir versi remake ini hanya sekadar menghadirkan upgrade grafis saja. Namun yang disajikan Capcom ternyata tidak hanya sekadar itu. Dalam demo yang ditampilkan selama PSX SEA 2018, kamu berperan sebagai Leon dalam skenario hari pertamanya bekerja di Raccoon City Police Department.

Impresi demo Resident Evil 2 Remake

Hari pertama sebagai polisi bukannya menghadapi maling atau pembunuhan, akan tetapi menghadapi kasus wabah zombie yang sangat mengerikan. Capcom pun menyajikan pengalaman bermain sebagai polisi “pemula” ini dengan cukup baik lewat aksi tembak-tembakan yang lebih lambat dibandingkan seri-seri Resident Evil baru.

Jika penulis tidak salah ingat, Capcom juga sedikit “mengacak” lokasi item dan juga peralatan untuk menyelesaikan puzzle. Jadi bukan hanya sekadar nostalgia, akan tetapi sepertinya Capcom juga ingin memberikan pengalaman bermain yang fresh bagi gamer yang sudah memainkan versi aslinya. Dan juga, game ini masih oke kok dimainkan para pemain baru, yang mungkin baru memainkan Resident Evil di PS3 atau PS4.

Impresi demo Resident Evil 2 Remake

Perubahan lain yang diberikan Capcom di versi remake ini tentu saja di bagian sudut pandang. Versi remake ini menghadirkan sudut pandang third person over the shoulder yang membuatmu bebas melihat area sekitar. Bukan sudut pandang statis seperti versi aslinya dulu, yang sering berpindah-pindah layar saat kamu selesai menjelajahi satu bagian tertentu.

Nuansa versi remake ini jauh lebih “kelam” dibandingkan versi aslinya, dan dengan menghadirkan sudut pandang baru ini, akan banyak elemen jumpscare yang siap menyambutmu. Jadi meskipun kamu sudah memainkan versi aslinya, dijamin kamu tetap akan menikmati “serunya” dikagetkan oleh zombie yang tiba-tiba muncul dan menyerang dari satu ruangan tertentu.

Impresi demo Resident Evil 2 Remake

Ngeri? Pastinya. Dan juga versi remake ini terlihat lebih berdarah-darah dibandingkan versi aslinya dulu.

Tidak mengherankan jika di PSX SEA 2018 kemarin Resident Evil 2 Remake ini salah satu yang paling laris. Bahkan untuk memainkan game ini selama kurang lebih 10 menit, kamu harus mengantri dua hingga tiga jam!

PSX SEA 2018

Selama dua jam menunggu hanya untuk kesempatan bermain sekitar 10 menit!

Oiya, setelah di PSX SEA 2018, Capcom pun membawa game ini di Gamescom 2018 yang tengah digelar minggu ini. Di Gamescom 2018 ini, Capcom bukan hanya membawa demo gameplay Leon, akan tetapi juga Claire. Kamu bisa menontonnya melalui video berikut ini.


CONTINUE READING BELOW

Galeri: Menikmati Serunya PlayStation Experience SEA 2018 di Bangkok, Thailand

PSX SEA 2018 adalah gelaran kedua PlayStation Experience di Asia Tenggara setelah yang pertama tahun lalu digelar di Malaysia. Tahun ini ada lebih banyak konten dan juga lebih banyak gamer yang datang. Seperti apa keseruannya?


Resident Evil 2 Remake menurut rencana akan dirilis untuk PS4, Xbox One dan PC pada tanggal 25 Januari 2019 mendatang.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.