21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!

Oda selalu memberikan kejutan di dalam manga dan anime One Piece

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!

Bukan One Piece namanya jika tidak memberikan kejutan-kejutan menarik khas Eiichiro Oda, termasuk plot twist di One Piece yang bisa membuat para penonton ikutan terkejut!

Oda membangun cerita One Piece dengan sangat rapi, dan selain itu, terjadi penuh dengan kejutan yang beberapa di antaranya sulit ditebak.

Apa saja? Cek daftar panjangnya di bawah ini! 

1. Di alur Water 7, karakter seperti Lucci dan Kaku ternyata anggota CP9

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!CP9 di anime One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Pengungkapan para anggota CP9 di alur Water 7 dulu bikin kaget. 

Dalam plot twist One Piece yang ini, ternyata anggota utama dari CP9 justru orang-orang yang awalnya tersaji sebagai sosok baik, dan mereka adalah anggota kepercayaan di Galley-la Company!

Ini termasuk Rob Lucci dan Kaku, Kalifa, serta Blueno. 

2. Sabo masih hidup

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!twitter.com/onepiecescreens

Di Post-War Arc setelah Marineford, kita sempat diperlihatkan kilas balik masa kecil Luffy dengan Ace. Di kilas balik itu Sabo diperkenalkan. 

Tapi Sabo kecil sempat dikira mati karena perahunya diserang oleh Tenryuubito.

Di alur Dressrosa, terungkap kalau Sabo ternyata masih hidup. Sabo pun berujung memperoleh kekuatan Mera Mera no Mi di alur tersebut. 

3. Bartholomew Kuma melenyapkan Bajak Laut Topi Jerami dari Sabaody... namun dia sebenarnya membantu mereka

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Bartholomew Kuma dan Luffy di Sabaody dalam game One Piece Pirate Warriors 4. (Dok. Bandai Namco, Shueisha/One Piece Pirate Warriors 4)

Salah satu kekalahan telak yang paling membekas bagi Luffy adalah saat dia dan semua Topi Jerami saat itu dikalahkan oleh Kuma, hingga mereka semua lenyap dari Sabaody.

Kemunculan Kuma saat itu benar-benar terasa seram, karena pembaca masih mengingat benar gimana Kuma tak bisa dilukai di Thriller Bark. Saat itu juga pembaca tak sepenuhnya paham apa yang Kuma lakukan saat dia melenyapkan Perona di Thriller Bark dulu. 

Ketika Kuma muncul di Sabaody, Kuma menggunakan kekuatannya untuk membuat satu-satu Topi Jerami hilang, dan Luffy sangat marah, menyesal, dan benci dirinya sendiri karena tidak bisa melindungi krunya. 

Ternyata, ini adalah plot twist di One Piece! Kuma memang dengan sengaja mendorong Luffy dan teman-temannya dengan kekuatannya, agar mereka bisa pergi dari Sabaody, yang saat itu sedang rusuh karena ada Kizaru dan Angkatan Laut. 

Lokasi-lokasi Kuma mengirim Luffy dan krunya pun ternyata tempat yang cocok bagi mereka untuk menjadi lebih kuat. 

4. Kejutan bahwa Pudding sebenarnya jahat, dan kemudian justru jadi sekutu lagi

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!duniaku.com/fudo

Pudding ditunjukan awalnya sebagai karakter yang baik dan juga sangat lembut, meskipun lahir dari rahim seorang Yonko yang terkenal dengan kejahatannya, yaitu Big Mom.

Ternyata, memang banyak dari keluarga Big Mom yang memiliki "dua wajah", termasuk Pudding di dalamnya! Pudding ternyata memiliki sifat asli yang jahat, itu pun karena masa lalu yang ia alami.

Meski begitu... Pudding kemudian beneran mulai menyukai Sanji, dan justru jadi sekutu lagi. 

5. Ace dan Shirohige mati

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Kematian Ace di One Piece Pirate Warriors 4. (Dok Bandai Namco/One Piece Pirate Warriors 4)

Saat alur Marineford, pembaca One Piece sempat mengira kalau kematian karakter penting One Piece hanya terjadi di kilas balik. 

Kalau bukan di kilas balik, karakter-karakternya susah mati. Pell sempat disangka mati, ternyata masih hidup. Pagaya dan rekan-rekan Wyper di Skypiea ternyata tidak mati dan bisa bangkit lagi kemudian. 

Jadi fans pun mengira Ace akan bisa diselamatkan oleh Luffy, apalagi Luffy beneran sudah mati-matian saat itu. Masa iya Oda akan membuat perjuangan Luffy sia-sia?

Ternyata... Oda memutuskan memberi plot twist One Piece yang sangat menyakitkan. Meski Luffy sudah sukses membebaskan Ace, Ace mati dibunuh Akainu kemudian.

Shirohige pun lalu berujung gugur juga, membuat tragedi Marineford semakin pedih bagi fans. 

6. Garp adalah Monkey D. Garp, kakek Luffy, padahal Garp itu Angkatan Laut

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Garp melihat Bogard melatih Helmeppo dan Koby. (Dok. Shueisha/One Piece)

Sosok bertopi anjing ini terlihat di kisah sampul yang menceritakan soal Koby dan Helmeppo.

Kita sudah tahu sejak sebelum alur Enies Lobby kalau namanya adalah Vice Admiral Garp. Soalnya kisah sampul bab 91 sudah berjudul "Kedatangan Kapal Vice Admiral Garp."

Lalu di bab 431 terungkap kalau sosok ini, Monkey D. Garp, sebenarnya adalah kakek Luffy!

Luffy ternyata punya kakek yang seorang vice admiral.

Ini mungkin sudah pengetahuan umum sekarang, tapi dulu ini kejutan besar. 

7. Orang yang menolong Luffy di Loguetown adalah Monkey D. Dragon, ayah Luffy, dan Dragon itu revolusioner

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Gambar Monkey D. Dragon, diedit oleh Fudo Duniaku.com. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Mungkin di tahun 2023 ini, Dragon ayah Luffy sudah informasi yang diketahui umum.

Namun ketika Garp mengungkap ini di bab 432, ini jadi kejutan besar bagi pembaca saat itu dan juga para karakter di cerita.

Apalagi Garp juga dengan santai menyebutkan kalau Dragon itu seorang revolusioner.

Baru beberapa saat setelah mengucapkan itu, Garp menyadari dia mengungkap terlalu banyak. 

8. Portgas D. Ace adalah anak Gol D. Roger bukan anaknya Dragon, Ace dan Luffy bukan saudara kandung

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Portgas D. Ace di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Ace awalnya diperkenalkan sebagai kakak Luffy.

Jadi berhubung Luffy itu anaknya Dragon, Ace pun sempat disangka anak Dragon yang lain. Ivankov pun mengira begitu.

Di bab 551, Sengoku mengungkap bahwa Ace sebenarnya anak dari Gol D. Roger.

Luffy dan Ace bukan saudara kandung. 

9. Kurohige bisa makan dua Buah Iblis

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Kurohige di Marineford. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Sejak bab 385, Blueno menyebutkan apa yang terjadi pada orang yang makan dua Buah Iblis.

Jadi kalau ada yang makan dua Buah Iblis, tubuh orang itu hancur hingga tak ada sisanya.

Meski begitu, setelah kematian Shirohige di Marineford, Kurohige berujung bisa memperoleh kekuatan Gura Gura no Mi. Padahal sebelumnya Kurohige sudah punya kekuatan Yami Yami no Mi. 

Metode Kurohige memperoleh Gura Gura no Mi masih misteri, terutama karena Kurohige ditutupi kain saat hendak melakukan sesuatu ke jasad Shirohige, tapi penyebab dia bisa menggunakan dua Buah Iblis diduga karena keunikan tubuhnya. Bahkan Marco di bab 577 pun merasa tubuh Kurohige itu aneh, dan bisa jadi itu penyebabnya dia bisa punya kekuatan dua Buah Iblis.  

10. Pell gak mati

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Toei Animation/One Piece

Pell melakukan pengorbanan mengharukan di alur Arabasta.

Dia sampai dikira mati.

Namun nyatanya, Pell kemudian terungkap masih hidup.

Pell adalah salah satu kasus karakter One Piece dikira mati namun ternyata masih hidup. Jadi ketika kemudian ada kasus seperti Pagaya tidak mati di Skypiea, dan Pound gak mati setelah Whole Cake Island, pembaca One Piece sudah tidak heran.

Malah pembaca One Piece akan lebih heran kalau ada karakter yang beneran mati, seperti yang terjadi ke Ace dan Shirohige di Marineford. 

11. Eksistensi Im/Imu, sosok yang duduk di Tahta Kosong, bahkan Gorosei pun berlutut di hadapan dia

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Mata Im-sama. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Sebelum bab 908, fans mengira Gorosei adalah otoritas tertinggi di dunia One Piece.

Bahkan penduduk dunia One Piece pun masih mengira Gorosei adalah otoritas tertinggi di dunia saat ini. 

Lalu di bab 907, awalnya kita diperlihatkan Tahta Kosong. Diceritakan bahwa singgasana di Mary Geoise itu dibiarkan kosong sebagai simbol kedamaian. Tidak ada raja penguasa seluruh dunia, katanya.

Di akhir bab selanjutnya (908) kita disuguhi salah satu plot twist One Piece terbesar.

Tahta Kosong tidak benar-benar kosong. Ada orang yang duduk di sana, dan dia adalah Im/Imu.

Gorosei mengetahui eksistensi Imu, dan mereka pun berlutut di hadapan sosok misterius ini. Jadi Imu terasa sebagai penguasa dunia, otoritas yang bahkan lebih tinggi dari Gorosei. 

12. Hubungan Doflamingo dengan Tenryuubito

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Donquixote Doflamingo di One Piece Odyssey. (Dok. Bandai Namco/One Piece Odyssey)

Sudah sejak akhir Marineford ada petunjuk kalau Doflamingo punya koneksi dengan pihak-pihak yang bahkan lebih berkuasa dari Sengoku.

Di bab 581, Moria luka-luka karena Doflamingo. Saat Moria bertanya apa yang menyuruh Sengoku, Doflamingo bilang yang memerintahkannya adalah orang yang lebih tinggi lagi.

Pihak macam apa yang lebih tinggi dari fleet admiral Angkatan Laut? Kemungkinannya ya hanya Kong atau Gorosei.

Setelah Punk Hazard, Law menawarkan deal ke Doflamingo: Doflamingo harus mengundurkan diri dari Shichibukai. Kalau Doflamingo tidak melakukan itu, dan Kaido mengetahui kalau Doflamingo tak bisa memproduksi SMILE, Kaido yang akan memburu Doflamingo.

Doflamingo kemudian mundur dari Shichibukai...

Hanya saja, di bab 711 itu kemudian terungkap kalau Doflamingo tidak pernah mundur dari Shichibukai, dan saat itu Law dijebak.

Di bab 712 diperlihatkan CP0 sampai turun membantu trik Doflamingo ini, memberi klarifikasi kalau mundurnya Doflamingo itu sebuah kesalahan. 

Law berpikir sebagai bajak laut, bahkan sebagai Shichibukai, Doflamingo tidak mungkin bisa menggunakan kekuatan Pemerintah Dunia untuk menipu semua orang hanya untuk meraih keunggulan dari belasan orang. 

Tapi Doflamingo bisa.

Terungkap kemudian kalau tadinya Doflamingo adalah Tenryuubito, yang kehilangan statusnya karena ayahnya meninggalkan Mary Geoise.

Doflamingo ternyata mengetahui Harta Nasional Mary Geoise. Karena dia sulit untuk dibunuh, Tenryuubito jadi kooperatif dengan dia. Doflamingo pun berujung bisa menggunakan kekuatan Pemerintah Dunia untuk hal seperti menipu dunia kalau dia mundur dari Shichibukai.

13. Buah Iblis si Luffy nama sejatinya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan jenisnya sebenarnya Mythical Zoan

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Luffy dengan Gomu Gomu no Gigant. (Dok. Shueisha/One Piece)

Sebelum One Piece 1044, fans tahunya Buah Iblis Luffy itu namanya Gomu Gomu no Mi dan jenisnya Paramecia.

Lalu di bab 1044, Gorosei mengungkap kalau nama sejati Gomu Gomu no Mi adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika. Oh, dan Buah Iblis itu jenisnya Mythical Zoan

Ini adalah salah satu plot twist terbesar One Piece. 

14. Kehancuran Lulusia

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Pemusnahan Kerajaan Lulusia di One Piece 1060. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Di One Piece 1060, Sabo mencoba menyampaikan ke Pasukan Revolusioner kalau ada orang duduk di Tahta Kosong.

Kemudian kita diperlihatkan ada serangan udara ke Kerajaan Lulusia (lokasi Sabo diduga berada), dan kerajaan itu musnah seketika. 

Ini benar-benar kejutan luar biasa.

15. Stussy adalah kloningan dari Miss Buckin, dan nama asli Miss Buckin adalah Miss Buckingham Stussy, mantan anggota Bajak Laut Rocks

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Stussy di anime One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Stussy ini banyak twist-nya.

Jadi, di bab 802 kita diperkenalkan karakter bernama Miss Buckin, ibunya Edward Weevil dan orang yang mengaku-ngaku sebagai kekasih Edward Newgate alias Shirohige.

Lalu di bab 860, kita diperkenalkan para Kaisar Dunia Bawah. Termasuk salah satunya si Stussy, Queen of the Pleasure District

Dua karakter ini awalnya dikira gak ada hubungannya...

Lalu bab 1072 mengungkap plot twist gila: Stussy adalah kloning dari Miss Buckingham Stussy.

Bab 1073 lalu menegaskan, Miss Buckin yang kita lihat sebelumnya itu adalah Miss Buckingham Stussy. 

16. Stussy adalah sosok yang dimintai tolong oleh Vegapunk

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Stussy menggunakan kekuatan mirip vampir. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Stussy awalnya terasa sebagai agen CP0 yang bisa diandalkan.

Saya sampai berspekulasi kalau dia akan menjadi musuh berbahaya bagi Topi Jerami di Egghead.

Nah, di bab 1070, Vegapunk menghubungi seseorang. Sosok yang kalau membantu Vegapunk berpotensi terusir dari rumahnya dan bakal diburu pemerintah. 

Fans sempat berspekulasi siapa yang dihubungi Vegapunk. Silver Axe dari kelompok Rocks? Scopper Gaban dari kelompok Roger?

Ternyata jawabannya adalah Stussy. Stussy membantu menjatuhkan Kaku dan Lucci dengan serangan kejutan.  

17. Ada indikasi kuat kalau Jaguar D. Saul selamat dari peristiwa Ohara

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Sosok Jaguar D. Saul dan Vegapunk di masa lalu. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Saul seharusnya sudah mati dibekukan oleh Kuzan di Ohara.

Namun di kisah Shaka soal masa lalu Vegapunk, kita diperlihatkan para raksasa menyelamatkan buku-buku yang diselamatkan para cendekiawan Ohara dengan dilempar ke danau. 

Pemimpin mereka dikatakan Dragon sebagai orang aneh dengan tubuh penuh perban. 

Lalu kita diperlihatkan momen Vegapunk mengunjungi lokasi buku-buku itu disimpan di Elbaf. Sosok di atas itu terlihat sebagai Saul.

Robin pun sudah menduga kapten yang memimpin para raksasa saat menyelamatkan buku-buku Ohara itu adalah Saul. 

18. Seharusnya ada Road Poneglyph di Fishman Island

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Berbagai sumber

Di era Luffy, tidak diketahui Road Poneglyph keempat ada di mana.

Namun di kilas balik Kozuki Oden, kita diperlihatkan seharusnya ada Road Poneglyph di Fishman Island, tepat di samping Poneglyph berisi permintaan maaf Joy Boy. 

Ini pun kejutan. Ke mana Road Poneglyph itu sekarang?

19. Shirohige, Kaido, Big Mom, Shiki itu tadinya anggota kelompok Rocks

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Kelompok Rocks One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Di bab 957, Sengoku menjelaskan soal kelompok Bajak Laut Rocks.

Ternyata Shirohige, Kaido, Big Mom, dan bahkan Shiki tadinya bagian kelompok ini. 

Kelompok ini dipimpin Rocks D. Xebec. Sosok yang menurut Sengoku adalah musuh pertama Roger, dan mungkin musuh terhebatnya. 

20. Kurohige mengatakan bahwa Koby membantu dia menggulingkan Ochoku

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Kelompok Rocks dan siluet misterius. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Kurohige adalah salah satu antagonis besar One Piece yang tersisa.

Sementara itu, Koby adalah perwira Angkatan Laut yang berhati baik.

Karenanya, mengejutkan ketika Kurohige mengungkap di bab 1059 dulu Koby membantunya di Rocky Port, dan berkat itu Kurohige bisa menggulingkan Wang Zhi/Ochoku untuk menjadi bos dari Pulau Bajak Laut. 

21. Egghead adalah pulau masa lalu bukan pulau masa depan

21 Plot Twist One Piece yang Sukses Membuat Pembaca Terkejut!Tampilan Pulau Egghead di One Piece 1073. (mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece)

Egghead adalah pulau yang futuristis. Teknologi di sana jauh melampaui wilayah lain di One Piece.

Namun Shaka mengatakan di bab 1065 kalau itu bukan pulau masa depan, itu pulau masa lalu.

900 tahun lalu, ada kerajaan yang semaju Egghead. Ini tampaknya ya Ancient Kingdom yang sudah disebut-sebut sebelumnya. 

Nah itu 21 plot twist One Piece yang sukses membuat pembaca terkejut.

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Penjelasan Pemeran Nami Soal Luffy Pakai Sepatu di One Piece Netflix

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU