Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan

Sering banget pake Line dan Whatsapp buat berkomunikasi? Dulu sebelum hadirnya Line dan beberapa instant messaging lainnya, media sosial ini sempat mendominasi pasar loh.

Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan

Kehadiran media sosial memang selalu memudahkan komunikasi sehari-hari. Adanya kehadiran teknologi dan internet, komunikasi jarak jauh bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Kalau sekarang, kebanyakan orang menggunakan Line, WhatsApp, dan Instagram sebagai media sosial pilihannya. Tapi dulu, jejaring sosial di bawah ini pernah eksis seperti ketiga medsos tersebut loh. Atau jangan-jangan kamu salah satu penggunanya?

Berikut adalah 5 media sosial yang terlupakan.

Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan sumber: CBS news[/caption]

Setiap anak muda di awal tahun 2000-an pasti setidaknya memiliki akun media sosial yang satu ini. Ibaratnya Friendster ini adalah cikal bakal dari munculnya Facebook.

Keduanya sama-sama media sosial berbasis web di mana para penggunanya harus mengunggah foto diri untuk dijadikan profil. Selain itu, para pengguna pun bisa mengubah background picture di profile-nya ataupun menambahkan lagu favorit sesuai selera.

Kesuksesan Friendster ini ditunjukan lewat total pengguna yang mencapai angka 3 juta beberapa bulan setelah dirilis.

Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan sumber: TNW[/caption]

Medsos yang satu ini sepertinya identik dengan anak penggemar musik nihMySpace memiliki fitur yang mengijinkan para penggunanya mengunggah foto, musik, maupun video.

Kalau kamu anak band mungkin dulu pernah sesekali upload hasil main gitar atau nyanyi ke MySpace.

Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan sumber: memeborn[/caption]

Nah, medsos ini sempat eksis di tahun 2007 lalu. Mirip Line dan Kakao Talk, MXit sangat disukai oleh banyak orang! Per 2013, pengguna aktif MXit diperkirakan mencapai 7.5 juta pengguna dalam satu bulan.

Namun, sangat disayangkan angka gemilang itu menurun drastis 2 tahun setelahnya. Pada tahun 2015 MXit hanya memiliki pengguna aktif sebanyak 1.2 juta saja setiap bulannya.

Tidak lama kemudian hal itu membuat MXit memilih untuk menutup perusahaan bertukar pesannya.

Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan sumber: aceh tech[/caption]

Mirip dengan MXit, Ebuddy juga merupakan jasa instant messaging untuk telepon genggam.Didirikan oleh perusahaan asal Belanda, kesuksesan Ebuddy dicetak dengan 100 juta pengunduh di tahun 2011.

Bedanya, MXit bisa digunakan juga lewat perangkat PC dengan membuka situs Ebuddy secara langsung.

Kalau di telepon genggam pastinya para pengguna perlu download aplikasinya dulu yaa.

Gak Kayak Path, 5 Media Sosial Ini Masih Ada tapi Mungkin Kamu Lupakan sumber: indopos[/caption]

Dulu, semua orang berlomba-lomba ingin memiliki ponsel Blackberry hanya karena ingin bertukar pesan lewat BBM. Memang faktanya, dulu BBM hanya bisa diakses oleh para pemilik Blackberry saja.

Dengan menambahkan pin bb, para pengguna sudah bisa berteman dan saling mengirimkan pesan. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, BBM kemudian bisa diunduh sebagai aplikasi di ponsel Android maupun iOS.

Hingga saat ini bisa dikatakan bahwa BBM masih digunakan oleh beberapa orang sebagai media sosial pilihan. Namun tidak sedikit juga orang memilih untuk berhenti menggunakan sosmed ini dengan alasan sering error dan menutup sendiri saat sedang dipakai.

Jadi mana saja yang pernah kamu pakai?


Sumber: koinworks

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU