Apakah Sebenarnya Kekuatan Klan Ackerman Levi Belum Bangkit?!

Eren mengungkap rahasia kekuatan klan Ackerman kepada Mikasa. Tapi… apakah kekuatan Levi sebenarnya belum bangkit sepenuhnya?

Di Attack on Titan 112, Eren mengungkap yang ia temukan soal rahasia klan Ackerman.

Karena Kekaisaran Eldia dulu mengutak-atik para pemilik darah Ymir, mereka bisa menciptakan klan Ackerman.

Klan ini sebenarnya adalah kumpulan manusia yang memiliki kekuatan Titan tanpa perlu berubah.

sumber: attack on titan 112

Anggota klan Ackerman diciptakan untuk melindungi para raja Eldia. Nah, karena ini bila seorang Ackerman sudah memutuskan melindungi seseorang, maka potensi mereka bangkit.

Saat potensi mereka bangkit, maka sang Ackerman akan memperoleh peningkatan kekuatan fisik dan pengalaman tempur dari seluruh anggota klan Ackerman.

Karenanya Mikasa yang lemah saat kecil menjadi superwoman saat dia dewasa.

Mau tau yang gila? Kekuatan klan Ackerman Levi mungkin belum bangkit!

Rahasia Kekuatan Levi Ackerman

sumber: attack on titan 112

Kalau kamu ingin mengetahui masa lalu Levi, kamu bisa membaca Attack on Titan bab 69 (kilas balik Kenny Ackerman) atau membaca Attack on Titan: Birth of Levi.

Dari yang saya baca ini, saya tidak menemukan momen di mana Levi memutuskan untuk melindungi seseorang, seperti dulu Mikasa ingin melindungi Eren!

Oh, di Birth of Levi bab 7, Levi memang ingin menyelamatkan kedua sahabatnya dari Titan. Namun ia tidak menunjukkan gejala sakit kepala, seperti yang disebutkan oleh Eren dan dialami Mikasa dulu, di momen itu.

Hyep, kalau kamu buka lagi Attack on Titan bab 6, kamu bisa melihat Hajime Isayama sengaja menggambar otak Mikasa saat dia memutuskan untuk melawan.

Isayama sudah lama mempersiapkan gambar ini untuk pengungkapan kekuatan klan Ackerman Mikasa.

Levi sendiri bukan berkembang dari lemah menjadi kuat. Malah sebenarnya, Levi sudah mengatasi Titan dengan mudah sejak hari pertama ia merumput sebagai Survey Corps.

Momen paling mungkin Levi ingin melindungi seseorang adalah dengan Erwin Smith. Ini terjadi di bab 80, di mana Levi bertekad membantu Erwin mengungkap kenyataan.

Namun itu pun Levi tak menunjukkan perkembangan kekuatan seperti yang diteorikan Eren. Juga tak ada panel di mana ia sakit kepala setelah mengungkapkan deklarasi itu.

Jadi kemungkinan besar, selama ini Levi bisa begitu kuat karena latihan yang dia terima dari Kenny Ackerman dan pengalamannya bertahan hidup di bawah tanah, plus menghadapi Titan di lapangan.

Ia belum menjadi Ackerman sejati seperti Mikasa.


CONTINUE READING BELOW

Dikepung, Akankah Levi Terbunuh di Attack on Titan?

Wah, Levi Ackerman dalam bahaya nih! Akankah Levi terbunuh di kelanjutan manga Attack on Titan? Simak ulasan kami di artikel ini!


Kunci Keselamatan Levi dari Zeke Yeager?

sumber: attack on titan 112

Di Attack on Titan 112, Levi tiba-tiba dikepung oleh Titan liar (yang tercipta dari anak buahnya sendiri) dan Zeke Yeager sang Beast Titan.

Dia juga tidak sedang memegang senjata, meski ia setidaknya masih dilengkapi 3-D Maneuver Gear.

Levi berpotensi tewas di bab mendatang bila tidak ada keajaiban.

Mungkinkah ini keajaiban yang bisa menyelamatkan Levi?

Namun siapa lagi yang ingin ia lindungi? Sejauh ini Levi sudah kehilangan banyak sekali orang. Petra, Erwin, kedua sahabatnya di kota bawah tanah.

Sudah begitu, Levi pun sendirian, sementara rekan-rekannya ditangkapi di kota. Kalau Hange muncul mendadak, dan Levi tidak ingin kehilangan orang lagi, insting pelindung Ackermannya mungkin bangkit.

Namun untuk saat ini, kemungkinan itu kecil.


Itulah analisis saya soal kemungkinan kekuatan klan Ackerman Levi belum bangkit.

Bayangkan betapa kuatnya Levi sejati, yang sampai sekarang saja lebih kuat dari Mikasa, kalau kekuatan Ackerman-nya memang belum bangkit?

Gimana menurutmu? Benarkah kekuatan klan Ackerman Levi belum bangkit?

Atau sebenarnya kekuatan ini sudah bangkit saat Levi mengabdi kepada Erwin Smith, dan kita tidak menyadarinya karena sejak sebelum gabung Survey Corps pun Levi sudah kuat sekali?

Sampaikan pendapat kamu soal teori ini di kolom komentar!

Jangan lupa like fan page Duniaku.net biar kamu gak ketinggalan info terbaru soal Attack on Titan!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.