Nasibnya Apes? 3 Momen Kematian Shazam di Alur Cerita Terdahulu!

Shazam, atau Captain Marvel, punya sejarah mati di sejarah alternatif dunia DC. Masih ingat nasib dia di Injustice?

Captain Marvel adalah tokoh yang nasibnya unik.

Dia ini seharusnya selevel Superman, namun dalam situasi krisis dia kadang seperti diabaikan, terjebak dalam situasi yang membuat dia tidak bisa beraksi, atau bahkan sekalian mati.

Ada tiga alur cerita di mana Billy Batson meninggal. Inilah tiga momen kematian Shazam!


CONTINUE READING BELOW

Sudah Tayang, Inilah 4 Ultraman yang Hadir di Serial Ultraman Netflix!

Serial Ultraman Netflix telah tayang. Total, ada empat Ultraman yang hadir di serial itu, semuanya dengan kostum yang dimodifikasi dari versi normalnya!


1

Kingdom Come

Di alur cerita Kingdom Come, Billy Batson tumbuh dalam kendali Lex Luthor. Dia dicuci otak hingga menjadi senjata hidup untuk penjahat yang satu itu.

Di cerita ini, Billy yang menyebabkan pertempuran terakhir dengan membobol Gulag, kurungan manusia super milik Superman.

Billy juga yang menghambat Superman. Berhubung kelemahan Superman adalah sihir, Billy pun menggunakan petir sihirnya untuk melukai Superman.

Namun pada akhirnya Superman dapat membantu Billy untuk sadar. Hanya saja, di momen ini ada nuklir yang sudah meluncur untuk menghancurkan para manusia super.

Tadinya Superman ingin mengorbankan diri menghentikan nuklir, namun kemudian justru Billy yang mengorbankan diri. Ledakan nuklir masih membunuh banyak manusia super, namun setidaknya ada yang selamat.

Billy, yang mengorbankan diri meledakkan bom, termasuk yang gugur.

2

Flashpoint

Di alur Flashpoint, inkarnasi Shazam adalah Captain Thunder.

Uniknya, Captain Thunder bukan hanya Billy Batson saja. Ini adalah persona pahlawan yang terdiri dari enam orang: Billy Batson, Mary Batson, Freddy Freeman, Darla Dudley, Pedro Pena, dan Eugene Choi.

Saat keenam orang itu menyerukan Shazam, mereka berlima menjadi satu pahlawan: Captain Thunder.

Di pertempuran terakhir, Enchantress berhasil merusak sihir Captain Thunder, sehingga keenam orang itu terpecah lagi.

Dalam situasi ini, Wonder Woman membunuh Billy Batson.

3

Injustice

Saya rasa, ini adalah kematian Shazam yang paling membekas di benak banyak pembaca Duniaku.net, berhubung kejadiannya dari gim Injustice yang laris manis itu.

Shazam keberatan dengan keputusan Superman versi Regime untuk memusnahkan kota dan menginvasi dunia lain.

Dalam debat, Shazam mengucapkan nama Lois. Ini ternyata keputusan fatal.

Superman membekukan mulut Shazam sebelum ia bisa mengucapkan mantra, kemudian Superman melubangi kepala Shazam.

Kematian Shazam yang ini sebenarnya cukup bikin kesal, karena ia tidak dibunuh dalam wujud Billy Batson (seperti di Flashpoint) maupun tewas setelah mengorbankan diri (seperti di Kingdom Come).

Dia mati terlalu cepat oleh Superman.

Itulah tiga momen kematian Shazam, atau Captain Marvel, atau Captain Thunder, di cerita-cerita terdahulu. Apapun namanya, apapun latar belakangnya, yang mati dari tiga momen di atas ya pada dasarnya Billy Batson, sang Shazam di film.

Mari kita berharap nasib Billy Batson di film DC bakal lebih beruntung ya.

Selain tiga itu, ada momen lain di mana Billy juga kemungkinan mati, seperti di alur Superman/Batman Absolute Power. Ia tidak terlihat di latar waktu pertama, saat Batman dan Superman menjadi penguasa tiran di dunia.

Dia juga masih tidak terlihat di latar waktu kedua, saat Ra’s al-Ghul yang menjadi penguasa dunia. Di kedua masa itu, para pahlawan antara sudah dibunuh duluan oleh trio Lightning Lord, Saturn Queen, dan Cosmic King atau dihabisi kemudian.

Gimana pendapat kamu? Sampaikan di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.