Kami Bertanya Tentang Faedahnya Bikin Komik Kepada Inan, Komikus MS Paint!

*dapat paha bawah
“Maafkan aku, Dewi Kuan Im.”

Bulan Ramadan telah dimulai, dan tahukah kamu kalau di suatu hari di bulan Ramadan tahun 2017, komik viral legendaris yang mewarnai jagat internet bernama Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram?

Akhirnya kami berkesempatan untuk mengobrol bareng Inan, visioner di balik mahakarya internet ini, yang saat ini juga tengah bekerja di Kisai Entertainment, yang pernah kita wawancarai salah satu komikusnya!


CONTINUE READING BELOW

Susah Nggak Sih, Bikin Komik di Indonesia? Kita Tanyakan ke Para Komikus Online!

Susah nggak sih, bikin komik di Indonesia? Barangkali jawaban yang dicari terdapat pada ketiga komikus yang sedang berkarir dalam dunia ini, indie maupun mayor!


Jadi, sudah siap lahir batin membaca jawaban-jawaban wawancaranya? Oke? Langsung cek di bawah!

Pertama-tama tentu saja, perkenalan dulu!

Sesaat kemudian, kita dikirimi gambar ini.

Hayo, sudah berapa lama nih karirnya di dunia komik dan gambar?

Sumber: Bola

Gw ngomik dari jaman TK, waktu itu gw suka bikin komik 1 panel tentang sepak bola gara2 gw seneng baca Si Gundul di tabloid Bola. Pas SMP sama SMA gw juga suka bikin komik strip karena terinspirasi sama Om Pasikom dan Benny & Mice.

Sumber: Si Timoon, Comic Frontier 12

Terus kalau mulai berkarirnya, gw mulai di bidang komik ini ketika direkrut Kisai tahun lalu sebagai editor, mulai dari sana gw jadi mulai nambah banyak wawasan dan teman seperjuangan. Oh iya, kalau untuk Komik MS Paint gw mulainya udah beberapa bulan sebelum masuk Kisai, mungkin page komik terkutuk itu juga berperan soal keterimanya gw di tempat kerja gw.

Ngomong-ngomong, gimana ceritanya Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram bisa lahir?

Kalau untuk komiknya sendiri pertama kali gw bikin buat menghibur diri karena waktu itu ada sahabat yang meninggal, awalnya gw sebarin ke temen2 deket gw aja, sampe akhirnya temen2 gw pada ngedesek gw supaya ngepublish itu komik, terus yagitu.

Kalau untuk nama itu gw pilih karena waktu itu kondisi perpolitikan indonesia lagi panas karena isu2 agama, yaudah gw decide untuk kasih imbuhan ‘demi kehidupan beragama yang tentram’, karena siapa tahu gw bisa menentramkan orang2 yang sama risihnya kaya gw lewat hiburan.

Sedari awal mulai sampai sekarang, pernah ngebayangin apa yang bikin orang tertarik dengan Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram?

Mungkin Komik MS Paint bisa dikenal dan diterima banyak orang karena, well, gambar dan kontennya keliatan ga ngotak. Orang-orang di skena perkomikan yang lagi pada bersaing soal skill dan konten barangkali ngeliat itu sebagai relief, bahwa yang namanya berkarya itu ngga melulu harus dibebani ekspektasi, terkadang asal nyeplos apa yang ada di dalem sudut otak pun sudah cukup untuk menghasilkan sebuah karya.

Bagian penting: Apa Faedahnya Menjadi Komikus?

Faedah menjadi komikus adalah lo bisa menggunakan imajinasi lo untuk membuat apa saja termasuk (sensor) usagyun

Sudahkah anda menjalankan ibadah puasa hari ini?

g

Udah punya rencana buat komik baru lagi, nggak?

Sekarang gw lagi bikin webcomic gw sendiri, rencananya mau dikirim ke webtoon challenge atau platform merah, so tunggu kabarnya!

Sama kalo untuk komik cetak, sekarang gw dan buruh2 jakarta barat lainnya akan berpartisipasi dalam event comifuro september depan, rencananya gw mau bikin komik ms paint versi remaster sama biografi ahok versi gw yang sama sekali ga tau apa apa soal ahok.

Nah, terakhir, silahkan buka lapak, promo, atau curhat di sini juga bisa!

Buat sesi ini gw pengen ngingetin temen2 aja kali. Ingat ya friends, jangan bawa anak-anak atau temen lo yang kayak (sensor) ke bioskop, pake vaseline biar ga iritasi kulit pada saat sesi bondage, dan jangan sebarin nudes orang kalo dikasih.

Sudahkah kamu membaca komik MS Paint atau mengenal acara Comifuro alias Comic Frontier, ladangnya komik-komik dan doujin di Indonesia? Bagikan opinimu tentang seniman ini melalui kolom komentar!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang sekarang pindah ke Webnovel.