Jika ada satu vendor smartphone yang anteng-anteng saja ketika banyak pesaingnya mulai bergelut di ranah tablet, itu tak lain adalah Nokia. Saat yang lain sudah mulai beralih ke Android, dan mengaku bisa tumbuh bersama OS dari Google tersebut, Nokia dengan tegas berulang kali hanya mau mengembangkan Symbian dan software mereka sendiri. Walaupun sampai akhirnya ketika mereka bercabang pun, yang dipilih tidak pernah terbayang sebelumnya, Microsoft dengan Windows Phone. Dan kini ketika persaingan tablet mulai memanas dengan babak baru pasca Amazon merilis Kindle Fire, Apple merilis new iPad, dan banyak jajaran tablet Android baru yang mengoptimalkan chipset Tegra 3, Nokia akhirnya tertarik untuk masuk. Dan rumornya, mereka tetap memilih Microsoft sebagai partner.

Dikabarkan vendor dari Finlandia tersebut sedang menyiapkan tablet ber-OS Windows 8, dengan rencana rilis akhir tahun ini. Prediksinya, Nokia bakal menggunakan chipset dari Qualcomm, dan jelas pasti diperkuat keluarga CPU terbaru yaitu Krait, yang kemudian nanti lebih dikenal sebagai Snapdragon S4. Apa yang sudah diketahui saat ini, chipset Snapdragon S4 berteknologi 28nm tersebut menggunakan CPU Krait yang mampu dipacu hingga kecepatan 2.5 GHz. Dan untuk olah grafisnya diserahkan pada GPU Adreno 225. Memang belum diketahui seperti apa kinerjanya, namun begitu HTC One dirilis, setidaknya kita bisa menggambarkan, mengingat jajaran HTC One juga menggunakan chipset yang sama.

Selain chipset yang bakal digunakan, belum ada informasi lanjutan. Namun banyak yang percaya jika Nokia bakal memilih ukuran layar 10 inchi, mengingat ukuran tersebut biasa digunakan oleh tablet ber-OS Windows. Dan tentu saja, sebelum Windows 8 — Windows pertama yang juga mendukung prosesor ARM khusus mobile — itu dirilis, kita tidak akan bisa mengetahui seperti apa tablet pertama Nokia ini.

49 keseluruhan 3 dilihat hari ini