HTC Desire C, Ice Cream Sandwich Terjangkau Bernuansa One X

Berawal 15 Mei 2012 lalu, HTC mengkonfirmasikan satu Droid baru yang masuk kelas entry level, yaitu HTC Desire C. Banyak yang menyimpulkan “C” di sini sebagai kata “cheap” alias murah. Namun mengusung kata Desire yang merupakan salah satu seri Droid tersukses HTC, Desire C tidak berkesan murahan, dan juga tidak murah harganya.

Dan mulai awal Juni 2012, Desire C sudah dijual di banyak negara Eropa. Tinggal menunggu saja apakah HTC Indonesia yang baru – baru ini merilis HTC One X dan One V, jadi merilisnya di Indonesia. Karena menurut Samudra Seto, Head of Product Marketing HTC Indonesia dalam pernyataannya selama Indonesia Cellular Show (ICS) 2012, Desire C masuk salah satu lineup HTC di Indonesia, selain HTC One S (yeah! Dan kabarnya dihargai Rp. 5,5 jutaan!) dan dua HTC yang berfitur dual-on, HTC Desire V dan Desire VC — akan kami ulas pada artikel lainnya.

Desire C sendiri menjadi yang paling minim spesifikasinya diantara HTC dengan desain model baru lainnya. Datang dengan layar  3.5 inchi beresolusi 320 × 480 pixel dan prosesor 600MHz (dari chipset jadul keluarga Qualcomm Snapdragon MSM7225A) serta RAM 512 MB, Desire C sepertinya cocok berkompetisi dengan tipe – tipe sukses seperti Samsung Galaxy Ace, Sony Ericsson Xperia Ray, Huawei Vision atau LG Optimus Black dengan rentang harga yang sama — bakal dijual sekitar US $273 atau sekitar Rp. 2,5 jutaan. Namun keistimewaan Desire C dibandingkan pesainnya, Droid ini langsung beroperasi dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich serta masih dibalut dengan antar muka Sense 4.0 yang begitu memanjakan mata dan mudah dalam berbagi content ke jejaring sosial. Satu lagi bagimu yang mendambakan kualitas audio mumpuni, Desire C juga didukung pemrosesan audio dari Beats Audio.

Spesifikasi lainnya, Desire C dengan dimensi panjang 107.2 x lebar 60.6 x tebal 12.3 mm dan berat 100 gram ini mampu bekerja di jaringan 3G HSDPA, serta memiliki kamera beresolusi 5 megapixel (namun tanpa kamera sekunder di depan). Memori internalnya hanya 4 GB , namun masih bisa diperbesar melalui slot microSD hingga 32 GB. Konektivitasnya pun lengkap, mulai Wi-Fi a/b/g/n yang bisa difungsikan sebagai Wi-Fi hotspot, Bluetooth versi 4.0, port microUSB 2.0, serta juga sudah build-in chip NFC (near field communication), hanya saja bergantung tiap pasar mau mangaktifkannya atau tidak. Audio jack 3.5 mm, radio FM, sensor gerak accelerometer dan sensor pendeteksi kedekatan obyek dengan layar alias proximity, juga eksis di sini selain juga GPS serta baterai berkapasitas 1230 mAh.

Melihat spesifikasinya, sebenarnya tidak ada yang spesial dari HTC Desire C ini. Namun modelnya yang elegan mengesankan versi murah (namun tidak murahan) dari HTC One X menjadi satu daya tariknya. Kualitas audio Beats, dan juga langsung out-of-the-box menjalankan Ice Cream Sandwich patut diperhitungkan, mengingat kompetitor di harga yang sama masih berkutat dengan Gingerbread atau lagi galau menunggu update Android 4.0. Plus, kamu mendapatkan gratis 25 GB space Dropbox jika membeli Droid dengan pilihan warna merah, putih dan hitam ini.

httpv://youtu.be/yJFsC08IZoQ

Sumber: HTC