Dibalik Video Presentasi Samsung, Kenali Fitur Baru Galaxy Note II

Seperti yang kita laporkan sebelumnya, mulai 27 September 2012 kemarin Samsung sudah menjual GT-N7100 Galaxy Note II di beberapa negara. Penerus Galaxy Note ini memberi impresi positif, walaupun desainnya mengesankan Galaxy S III yang diperbesar. Namun dibandingkan “kakaknya,” Note II yang layarnya lebih besar ini keseluruhan dimensinya tidak membengkak terlalu signifikan.

Dan untuk mengiringi Note II yang kemarin mulai dijual di Inggris Raya, Samsung merilis video baru yang panjangnya lebih dari 7 menit dan isinya mendemokan semua fitur baru Galaxy Note II. Dan diantara semua yang dipresentasikan melalui video, ada beberapa bagian pentingnya, seperti layar yang lebar dan juga penataan pixel yang lebih baik dari Note pertama, opsi multitasking baru dan juga aplikasi bawaannya yang bisa kamu gunakan bersama stylus.

Mulai dari Gallery-nya yang mendapatkan fungsi baru mengakomodasi lebarnya layar. Kamu mendapatkan Gallery dengan efek 3D seperti yang pertama kali diterapkan Samsung untuk antar muka TouchWiz Nature UX pada Galaxy S III. Melalui galeri foto (yang juga bisa menampilkan koleksi videomu) itu, kamu bisa mendapatkan dua tampilan Gallery baru yang berbeda dengan Gallery pada Note pertama. Dan melalui galeri tersebut, Samsung memberi kemudahan untuk membuat folder album baru, serta memilah foto mana yang akan dimasukkan ke dalam album baru dengan cara “drag-and-drop” yang mudah.

Interface Galaxy Note pertama yang mirip dengan Nature UX pada Galaxy S III pasca update firmware terbaru versi Eropa.

Thing’s You Should Know: Sebenarnya tampilan Gallery ala Galaxy S III tersebut juga sudah bisa dinikmati pengguna Galaxy Note pertama, khususnya pengguna di Eropa, melalui update firmware versi XXLRT yang dirilis awal September 2012 lalu. Namun bagi kita di Indonesia juga bisa mendapatkan tampilan keren tersebut (walaupun tanpa fasilitas “layaknya sihir” Air View seperti pada Galaxy Note II) dengan meng-install firmware secara tidak resmi melalui aplikasi Odin. Download saja firmware XXLRT tersebut di sini, lalu flash menggunakan software flashing khusus Samsung, yaitu Odin.

Kembali pada video presentasi Samsung, kamu juga bisa melihat bagaimana kini Galaxy Note II bisa melakukan fungsi “layaknya sihir” Harry Potter menggunakan stylush S-Pen. Samsung menyebut fasilitas ini sebagai Air View, dimana untuk melihat isi foto (atau video) dalam suatu album foto, kamu tidak perlu masuk, tinggal mengarahkan ujung stylush S-Pen ke arah album tersebut (tidak sampai menyentuh layar). Maka (hocus pocus) isi fotonya bakal bergantian ditampilkan di layar melalui jendela slideshow kecil. Kamu juga bisa mengarahkan ujung stylush ke arah progress bar ketika melihat suatu video, dan mendapatkan preview melalui thumbnail pada point tersebut adegan apa yang bakal terjadi. Demikian juga melalui aplikasi kalender atau email, kamu bisa melihat isi kalender atau email dengan hanya mengarahkan ujung S-Pen pada entry kalender atau email yang ingin dilihat isinya.

Thing’s You Should Know: Well, sebenarnya fitur “layaknya sihir” Air View ini juga bakal dinikmati pengguna Samsung GT-N8000 Galaxy Note 10.1. Lebih tepatnya ketika nanti update Android 4.1.1 Jelly Bean dirilis oleh Samsung. Coba kamu lihat video berikut ini, yang menjelaskan fitur mirip AirView-nya Galaxy Note II untuk Galaxy Note 10.1, termasuk fitur lain seperti merekam layar (meskipun hasilnya resolusi kecil), hingga easy-cliping yang pasti disukai para penggemar scrapbook:

Galaxy Note 10.1 (N8000) Jelly Bean Leak In-Depth Review N8000DDALI1

Oke, kembali lagi pada videp presentasi Galaxy Note II, fitur lain yang menjadi highlight Samsung adalah fungsi multitasking baru melalui multitasking tray yang bisa ditempatkan dimana saja di sisi kiri-kanan-bawah-atau atas layar. Demikian kamu bisa dengan mudah menemukan dua aplikasi yang ingin kamu jalankan bersamaan melalui multitasking tray tadi, dan dengan mudah juga saling copy-paste content-nya. Kemampuan untuk memutar video di atas aplikasi lain pun juga kembali dipinjam dari Galaxy S III, dan di sini pun layar window video player tersebut bisa di-rezise ukurannya dengan mudah

Jika kamu merasa menonton video dimana saja melalui window pop-up pada Galaxy S III itu keren, pikirkan lagi… Karena fitur tersebut sudah lama ada pada banyak video player di PlayStore, seperti MX Player dan Mobo Player.

Thing’s You Should Know: Galaxy Note pertama juga sudah mendapatkan opsi ini jika kamu meng-update ROM-nya dengan firmware terbaru dari Eropa, atau cukup meng-install aplikasi MX Player atau MoboPlayer dari Play Store. Kedua aplikasi yang ditawarkan gratisan, dan juga ada versi Pro alias berbayar tersebut memiliki fitur pop-up video yang juga terlihat keren, bisa di-resize pula. Namun perlu kamu pertimbangkan ketika mau mengaktifkan pop-up video yang memang memakan RAM, menjalankannya di Droid dengan RAM hanya 512MB pasti akan sangat “menyiksa.”

Terakhir sebelum kamu bisa melihat langsung video presentasi Galaxy Note II di bawah, Samsung juga menyampaikan banyak aplikasi baru lainnya, seperti yang meungkinkanmu menggambar dan mengambil note pada layar dengan stylus, yang dengan mudah kini kita bisa merubah warna jejak stylush S-Pen. Kemudian ada fungsi lain yang menawarkan template dan pengenalan tulisan tanganmu, sekaligus juga pengenalan bentuk dan rumus – rumus perhitungan, seperti yang sudah kita ketahui melalui Galaxy Note 10.1. Fitur lainnya seperti membuka window pada layar dimana kita bisa menggambarkan simbol kemudian membuat tulisan, dan bergantung aplikasi yang sudah kamu atur untuk bertautan dengan simbol tersebut, maka aplikasi tersebut bisa langsung terbuka (semacam shortcut melalui pengenalan simbol), dan kemudian langsung menuliskan tulisan yang kamu tuliskan sebelumnya.

Ok, cukup dengan penjelasannya, langsung saja kamu lihat video presentasi Galaxy Note II berikut ini.

Introducing GALAXY Note II (First Launch – KOREA)

http://youtu.be/R8bKvj1ZlsE


SHARE
Previous articleClosed Beta Heva Online 6 Oktober 2012 !!
Next articleKart Rider Relaunch In November 2012
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.