Android 4.2 Jelly Bean Dikonfirmasikan, Mengajak Kita “Melamun” di Atas Layar

Bersamaan dengan konfirmasi resmi beberapa Nexus terbaru, Google juga mengumumkan upgrade baru Android 4.2 Jelly Bean. Bukan Key Lime Pie seperti banyak diduga sebelumnya, namun Android 4.2 Jelly Bean ini masih menawarkan banyak fitur baru yang menarik.

Small, medium dan large… singkatnya itu yang dikonfirmasikan Google hari ini. Tiga Nexus dengan tiga ukuran berbeda… bisa jadi ini untuk mengimbangi Apple yang kini juga memiliki tiga ukuran tersebut melalui iPhone, the iPad mini dan iPad. Konfirmasi ketiga Nexus yang seharusnya diadakan di New York melalui konferensi pers, beralih ke pengumuman via blog. Namun tetap tidak mengurangi maraknya tanggapan media atas tiga ukuran Nexus yang dikonfirmasikan. Selain Nexus, Google juga mengumumkan upgrade bari sistem operasi Android mereka. Kini menginjak versi 4.2, dan masih menggunakan nama Jelly Bean. Apa saja fitur barunya?

Miracast Wireless Display Support

Android 4.2 mendukung Miracast, sebuah layanan mirip AirPlay-nya Apple. Kini kamu bisa melakukan streaming video YouTube, film, TV dan apa pun yang ada di layar Android 4.2-mu ke  HDTV. Tentujua jika kamu memiliki wireless display adaptor. Fitur ini mirip dengan konsep yang diterapkan Google untuk Nexus Q — penasaran bagaimana ya nasib portable player tersebut nantinya?

Gesture Typing

Android baru ini juga memasukkan fitur baru keyboard yang memungkinkanmu mengetik dengan cara menyapukan jari melalui huruf yang ingin kamu ketikkan — ya ya, Swype sudah menggunakannya sejak lama. Namun kini kamu mendapatkannya gratis dan langsung build-in.

Multi-User Support

Seperti laptop — dan Microsoft Surface — tablet Android 4.2 kini mendukung multiple user login. Jadi kamu bisa menggunakan satu tablet untuk beberapa akun berbeda. Dan setiap akun tersebut akan mendapatkan homescreen, background, widget, app dan game mereka sendiri. Bahkan fitur ini juga mampu menyimpan data seperti game-save progress dan high-scores untuk setiap user. Update Android 4.2 juga memperbaiki fungsi multi-tasking, sehingga ketika digunakan dengan fitur ini lebih baik dalam menjaga program berjalan di background, dan nantinya ketika user lain menggunakan tablet tersebut bisa langsung mengoperasikannya. Sayangnya, sementara ini fitur multi-user hanya tersedia untuk tablet Android 4.2… tapi tetap bisa dibanggakan, karena Apple iPad 4 saja juga tidak memiliki fungsi semacam ini… hehe!

Photo Sphere Camera

LG Nexus 4 menjadikan fitur ini sebagai salah satu keunggulannya. Pada dasarnya sama seperti ketika kita mengambil foto dalam mode panorama, namun kini melalui Photo Sphere kamu bisa mengarahkannya ke atas dan bawah, untuk menghasilkan efek panorama yang membulat / spherical. Bahkan kamu pun bisa menambahkan foto sphere tersebut ke Google Maps, dan jika banyak teman – temanmu yang menggunakan layanan Google Maps ber-Photo Sphere, bisa dipastikan tampilan petamu bakal lebih ramai.

Daydream

Melamum? Ada ada saja ya nama fitur Android 4.2 yang diberikan Google ini. Daydream tidak lebih sebuah fungsi screensaver yang lebih cerdas. Karena pengiperasiannya ditandemkan dengan fitur Google Now yang pertama kali eksis untuk Android 4.1 Jelly Bean, sehingga selama idle atau dalam kondisi layar lock screen kamu bisa melihat informasi yang lebih, bukan sekadar shortcut aplikasi atau ramalan cuaca saja. Kami baru melihat Daydream ini menampilkan kumpulan album foto dan berita yang ditarik dari Google Currents — hmm, mereka pengguna smartphone dari HTC pasti familiar dengan fungsi ala lockscreen-nya HTC Sense tersebut.

Actionable Notifications

Beberapa notifikasi dalam Android 4.2 kini memungkinkanmu langsung mengeksekusi perintah lanjutannya melalui panel notification. Memang Google tidak menjelaskan lebih lanjut notifikasi apa saja yang bisa langsung ditindaklanjuti (well, tidak ada konferensi pers dengan penjelasan yang lebih jelas). Namun dari sedikit penjelasan dan contoh gambarnya, sepertinya kita bisa langsung merespon email yang masuk dari panel notifikasi. Lain lain, misalnya ada missed call, kamu bisa pilih melakukan opsi apa untuk meresponnya.

Improved Accessibility Options

Android 4.2 Jelly Bean ini kini juga mendukung triple-tap, alias menyentuh layar tiga kali untuk melakukan zoom in sebuah tulisan kecil (misalnya di Gmail), atau apa pun yang kamu inginkan untuk melihatnya lebih dekat dan jelas. Setelah kamu men-zoom tampilannya, kamu bisa menggerakkan kondisi zoom tersebut sambil menyentuhkan dua jari pada layar. Google juga menambah fungsi accessibility lain, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan. Kini mereka bisa menyentuh dan melakukan sapuan jari bersama dengan perintah suara untuk melakukan navigasi pada antar muka.

Google Now Improvements

Dan update terakhir yang diungkapkan adalah perbaikan Google Now, dimana kini layanan search engine plus-plus tersebut bisa mengambil data melalui Gmail, untuk mendapatkan ide menawarkan kartu baru bagi kita — lebih jelasnya baca kembali ulasan Google Now di sini. Selain itu layanan ini juga bisa melacak paket, informasi film, dan bahkan membantumu menemukan lokasi terbaik untuk melakukan pemotretan berdasarkan lokasimu saat ini. Baru tahu dan penasaran dengan Google Now? Simak saja video berikut:

Nexus 7 – Google Now

Nexus: Ask Me Anything

http://youtu.be/pHuoDqcIyqk

Sumber: Android

SHARE
Previous articleHighlight AC III: Kompilasi Bundel Spesial dari Ubisoft
Next articleElder Scrolls V Skyrim Premium Edition
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.