Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

September ini benar - benar "ceria"... begitu banyak konferensi pers dilakukan. Setelah kenyang dari ranah smartphone dengan banyak Android, Windows Phone 8 dan iPhone 5, kini dari ranah video game Nintendo mengkonfirmasikan kapan Wii U resmi dirilis.

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

September ini benar - benar "ceria" ya... karena begitu banyak konferensi pers dilakukan. Setelah kenyang dari ranah smartphone dengan banyak Android selama IFA 2012, Windows Phone 8-nya Nokia dan kemudian yang agak kurang terasa WOW-nya, konferensi iPhone 5 yang digelar 12 September lalu, sehari kemudian pada 13 September 2012 dari ranah video game, Nintendo menggelar konferensi mereka mengkonfirmasikan konsol generasi ke-8 pertama, Wii U. Mereka menggelar event di Manhattan, New York, serta di Eropa melalui presentasi Nintendo Direct.

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Melalui konferensi pers tersebut akhirnya kita mengetahui kapan Wii U bakal dirilis. Diwakili presiden Nintendo Satoru Iwata, dia mengungkapkan konsol dengan pengendalian unik tersebut bakal dijual di Jepang pada 8 Desember 2012 mendatang, sedangkan di Amerika Utara mendapatkannya paling awal, pada 18 November 2012. Di semua lokasi penjualan, Nintendo mengajukan paket Basic (yang harganya US $299.99, dengan memory 8GB) and Premium (dengan US $349.99, memory-nya 32GB, plus ada free langganan Premium Network-nya Nintendo hingga Desember 2014, dengan bonus diskon 10% untuk semua downloaded content). Sedangkan di Australia dan Eropa yang masuk region PAL, Wii U bakal mulai dijual pada 30 November 2012, dengan harga paket Basic AUD $349.95 dan Premium AUD $429.95. Oh ya, untuk Jepang harganya 26,260 yen (sekitar US $340) untuk paket Basic, dan 31,500 (sekitar US $405) untuk paket Premium.

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Kedua varian tersebut juga memiliki internal memory 2GB, dimana 1GB diantara digunakan untuk data game, dan 1GB sisanya untuk sistem. Paket Premium Set datang dengan Wii U warna hitam, Wii U GamePad warna hitam juga,  stylus GamePad, Wii U AC Adapter, Wii U GamePad AC Adapter, Sensor Bar dan kabel HDMI. Selain itu paket Premium Set juga memasukkan aksesoris seperti Wii U Stand, GamePad Stand dan Charger plus game Nintendo Land. Sedangkan untuk paket Basic Set, casingnya berwarna putih, yang termasuk di dalamnya ada konsol Wii U itu sendiri, GamePad, stylus GamePad, Sensor Bar dan kabel - kabelnya, termasuk HDMI.

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Layanan Nintendo TVii entertainment juga di-bundle di dalam Wii U.  Layanan gratisan ini sementara nanti baru berlaku di Amerika Serikat dan Kanada saja. Intinya melalui layanan ini kamu bisa memberi komentar pada hasil rekaman tayangan TV yang direkam pengguna Wii U lainnya. Selain itu juga bisa Livetagging melalui timeline tayangan tersebut, menggunakan kontroler Wii U sebagai remote untuk mengendalikan TV atau DVR, hingga mendapatkan notifikasi pertunjukan TV favoritmu. Selain itu TVii juga memasukkan  Youtube Videos, Netflix, Hulu Plus, Amazon Prime dan juga beberapa content olahraga. Masih berhubungan dengan layanan TV ini, Nintendo juga memasukkan fitur Video Chat di dalam Wii U, meskipun belum diketahui apakah hanya bisa digunakan untuk sesama Wii U atau juga dengan perangkat lainnya.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail spesifikasi final Wii U...

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Mengenai game, sudah banyak yang ikut dikonfirmasikan, dengan rencana rilis hingga Maret 2013.  Termasuk di dalamnya seperti NBA 2013 Tori Tori, Sega’s Alien vs Colonial marines, Trine 2, Tekken, Darksiders, Skylanders, Transformers, Batman Arkham Asylum, Zumba Fitness, Skylander Giants, Bayonetta 2 (ekslusif Wii U)Call of Duty Black Ops 2, Monster Hunter 3 Ultimate (ekslusif Wii U dan 3DS). Wonderful 101 (psebelumnya disebut Project P-100) juga disebutkan sebagai slaah stau game ekslusif.

Kemudian yang selama ini masih rancu, spesifikasi Wii U begitu rapat dipendam Nintendo. Bahkan selama konferensi pres tersebut tidak disebutkan detailnya secara resmi. Namun kami berhasil mendapatkan spesifikasi finalnya melalui salah satu situs yang terhubung dengan developer Wii U -- www.warioworld.com. Siap - siap, berikut ini spesifikasi final Wii U yang sudah lama kita tunggu - tunggu:

  • Dimensi: Tingginya sekitar 1.8-inchi, lebar 10.6-inchi dan panjang 6.75-inchi. Saya terjemahkan ya, sekitar 4.572 x 26.924 x 17.145cm! Beratnya sekitar 1.6kg.
  • Prosesor berbasis IBM PowerPC dengan tiga-core, 3MB cache
  • Memory RAM 1GB untuk menjalankan game, serta 1GB memory sistem
  • Prosesor grafis alias GPU high definition berbasis AMD Radeon GPU7 (dengan fungsi setara dengan DirectX 10.1, OpenGL 3.3)
  • Internal flash storage 8GB (atau 32GB tergantung paket), yang BISA DIPERBESAR dengan mudah melalui slot kartu SDHC, juga mendukung HDD eksternal lho -- yeah!!
  • Menggunakan media Wii U dan Wii optical discs. Wii U optical disc sendiri kapasitasnya 25GB.
  • Ada 4 port USB 2.0. Ada dua di depan dan dua di belakang, yang menariknya mendukung Wii LAN Adaptor
  • Konektifitas Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Mendukung output hingga resolusi full HD 1080p
  • Beberapa port seperti HDMI, DVI, component, RGB dan S-Video TV-Out
  • Melalui port tersebut, kamu bisa mendapatkan output 1080p, 1080i, 720p, 480p dan 480i. Kabel yang kompatibel seperti HDMI, Wii D-Terminal, Wii Component Video, Wii RGB, Wii S-Video Stereo AV dan Wii AV.
  • Mendukung output audio PCM linear 6 channel melalui HDMI, atau analog via konektor AV Multi Out.
  • Wii U juga memiliki aplikasi khusus untuk menghemat konsumsi daya.
  • Hampir semua software Wii kompatibel dengan Wii U.

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Spesifikasinya lumayan ya, mengingat secara hardware Wii termasuk konsol yang sangat terbatas di sisi kinerja hardware. Kemudian untuk kontroler GamePad-nya yang unik, kamu dapatkan di sana layar LCD berukuran 6.2-inchi dengan resolusi FWVGA 854 x 480 pixel serta kerapatan 158ppi dan aspect ratio 16:9. Kontroler berlayar tersebut juga dilengkapi tombol fisik serta dua stick analog, speaker stereo, microphone, fungsi getaran, sensor bar dan kamera depan plus juga ada dukungan NFC -- yang bahkan iPhone 5 saja tidak memilikinya. Detail tombolnya, ada Control Pad, L/R stick, tombol L/R stick, tombol A/B/X/Y, tombol L/R , tombol ZL/ZR, tombol Power, tombol HOME, tombol -/SELECT, tombol +/START dan TV Control. Selain itu kontroler canggih ini juga mendukung sensor gerakan melalui accelerometer, gyroscope dan geomagnetic sensor. Ditenagai dengan baterai lithium-ion, berat GamePad ini mencapai 500g sendiri.

Nintendo Wii U Resmi Hadir 18 November, Detail Spesifikasi Final Pun Terungkap!

Kabar buruknya, kontroler  GamePad-nya itu sendiri jika dijual terpisah harganya nyaris separuh keseluruhan konsolnya, mencapai 13,440 yen (sekitar US $170) -- karena Wii U mendukung interaksi dua GamePad, kamu mungkin bakal membelinya lagi jika ingin memainkan game dengan dua-player. Sedangkan kontroler Wii U Pro yang bentuknya mirip kontroler standar, harganya lebih murah, yaitu 5,040 yen (atau sekitar US $65). Berbeda dengan Wii sebelumnya, Nintendo tidak memasukkan Wii Remote atau Sensor Bar ke dalam paketnya, namun kamu bisa membelinya terpisah, mengingat kontroler tersebut juga masih kompatibel dengan Wii U. Kontroler seperti Wii Remote (atau Wii Remote Plus), Wii U Pro Controllers bisa dihubungkan hingga 4 unit ke Wii U. Aksesoris lama seperti Nunchuk, Classic Controller dan Wii Balance Board pun kompatibel -- Nintendo memang cerdas, mereka tidak mau membuat kita menjual aksesoris tersebut! Info lainnya, game ekslusif New Super Mario Bros. U  dan Nintendo Land bakal memilai debutnya ketika konsol tersebut dirilis.

Sumber: VGLeaks

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU