Serunya Gathering Game Developer Arek Suroboyo Menjelang Akhir Tahun!

Menjelang akhir tahun, Game Developer Arek Suroboyo kembali mengadakan gathering, kali ini bertempat di Dunia Steak Surabaya, hari Jum’at 30 November lalu. Dibandingkan dengan dua gathering sebelumnya tahun ini pada bulan Februari dan Juni lalu, bisa dibilang gathering kali ini lebih ramai dan lebih meriah. Agenda utama gathering kali ini, selain mempererat komunitas Game Developer Arek Suroboyo, juga masing-masing studio dipersilahkan untuk mempresentasikan on-going project yang saat ini tengah mereka kerjakan.

Banyak studio yang datang “bergerombol”, seperti Elven (yang kini sudah berganti nama, bukan Elventales lagi) yang seperti biasa membawa pasukan paling banyak dengan 10 orang, Artlogic Games yang membawa pasukan 5 orang dan juga I Play All Day Studio yang membawa 3 orang. Selain itu, beberapa studio lain juga mengirimkan wakilnya untuk ikut dalam gathering kali ini, seperti studio Selamat Pagi, Floo Games, Enthrean Guardian dan juga Sleipnir Studio. Sayang, masih ada beberapa studio asal Surabaya yang absen untuk ikut serta dalam gathering kali ini, seperti Esabra Games, Yellow Cat Studio dan Little Giant World. Karena banyaknya peserta yang datang dan melebihi perkiraan, sampai-sampai yang dipesan bukan cuma makanan dan minuman saja, melainkan tempat duduk!

Acara dimulai tepat sekitar pukul 19.00, dimana masing-masing studio dipersilahkan untuk mendemokan proyek game yang saat ini tengah mereka kerjakan, mulai dari Artlogic Games yang membawa sneak peek Epic War-nya yang di-porting untuk mobile (kabarnya akan segera dirilis dalam waktu dekat lho!) dan juga satu RPG turn based, Elven yang membawa project Astra Mantra yang merupakan bagian dari Adventures of Wanara, hingga I Play All Day yang juga memberikan demo KungFu Quest yang di-porting untuk mobile. Selain demo menggunakan projector, mereka juga “menggilir” device masing-masing yang berisi game-game tersebut untuk dicoba para peserta gathering.

Setelah demo selesai, para peserta tampak melakukan sharing-sharing tentang pengalaman mereka, mulai dari I Play All Day Studio yang sharing banyak hal seperti sejarah studio-nya, dan tips trik bagaimana membuat sebuah studio game yang “sehat”, Elven yang sharing mengenai bagaimana kerja sama mereka saat ikut dalam salah satu proyek Adventures of Wanara, hingga Artlogic Games yang saling sharing dengan Elven mengenai bagaimana membuat animasi game yang baik dan juga engine-engine yang biasa mereka gunakan dalam membuat game. Tak lupa juga “agenda rutin” setiap gathering, tukar kartu nama juga dilakukan dalam gathering kali ini.

Acara gathering berakhir sekitar pukul 21.30 dan diakhiri dengan foto bersama. Kamu berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, seorang developer game, entah itu Programmer, Artist, Composer, Game Designer dan sebagainya, baik yang baru belajar maupun yang sudah memiliki studio, silahkan gabung bersama para Game Developer Arek Suroboyo dengan mengunjungi grup mereka di sini, atau jika kamu berasal dari daerah lain, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Game Developer Indonesia (Gamedevid) dengan mengunjungi grup mereka di sini. Ayo segera bergabung, dan ikuti serunya gathering-gathering mereka berikutnya!