Year On Facebook, Hadiah 20 Post Timeline Paling Nge-Buzz!

Tahun 2013 tinggal menghitung jam saja. Dan seperti momen yang sama di tahun lalu, pergantian tahun banyak dimanfaatkan untuk hura-hura, belanja, berwisata, atau sekadar berkumpul bersama keluarga dan mengenang kembali apa saja yang sudah dilalui setahun kemarin, tertawa bersama, berkaca dari kesedihan, dan sama-sama berharap 365 hari ke depan yang lebih baik. So, sebelum mulai mendaftar apa saja resolusi dan target yang ingin diraih, kita lihat kembali apa saja yang terjadi setahun ke belakang, mulai dengan  media yang paling jamak kita dengar, lihat, atau gunakan manfaatnya sehari-hari, yaitu jejaring sosial.

Setelah kemarin kita mengetahui review setahun dari Twitter, sekarang kami ulas pendapat setahun dari Facebook, apa yang menurut mereka, dan juga pendapat pengguna Facebook yang submit cerita di Facebook Stories (layanan baru Facebook yang diluncurkan mulai Agustus 2012 lalu) menjadi trend di sepanjang tahun 2012. Melalui www.facebookstories.com/2012 kamu bisa temukan kompilasi Trend yang di-generate dari cerita yang di-submit oleh hampir 1 milyar pengguna Facebook di dunia. Sayangnya, data Trend yang sudah selesai di-compile dan diberikan Facebook masih terbatas beberapa wilayah saja. Seperti di US sudah tercakup semua, kemudian juga ada dari negara lain, seperti yang terdekat adalah Australia, Singapura dan India. Mungkin pengguna Facebook di Indonesia sedikit ya yang submit stories, atau justru mungkin terlalu aktif sehingga Facebook masih belum selesai menyortir apa saja trend yang terbesar yang berhembus di negara kita.

Sedangkan untuk suguhan utama, pada 12 Desember kemarin, atau sehari pasca Twitter menawarkan review setahunnya, Facebook membuka akses Year in Review, yang merupakan fitur baru yang bisa kamu akses melalui profil, dan mempermudah dalam melihat kembali ke belakang siapa saja yang sudah kamu add atau meng-add dirimu, moment dan kejadian apa saja yang meramaikan profilmu sepanjang tahun 2012, dan dipilih 20 diantaranya yang menurut ukuran Facebook menjadi yang terbaik dan paling nge-buzz! Setelah login di Facebook, kamu bisa masuk ke Year in Review tersebut dengan masuk link www.facebook.com/yearinreview untuk melihat momen terbaikmu di Facebook selama 2012 kemarin, temasuk di dalamnya kejadian penting di hidupmu yang tercatat di Facebook, update status-mu yang terpilih, hingga post di wall yang dianggap ramai.

Selain dua suguhan akhir tahun tersebut, sebenarnya sepanjang 2012 ini Facebook banyak memberikan terobosan yang menunjang kita berinteraksi dengan jejaring sosial terpopuler ini. Apalagi pasca kita mulai diajak beradaptasi dengan Timeline, dan mencoba aplikasi Open Graph, banyak fungsi baru bisa diterapkan menggunakan Timeline baru tersebut. Berikut kompilasi fitur baru Facebook sepanjang setahun kemarin.

January

Sponsored Stories dalam News Feed

Awal tahun 2012 Facebook mengintegrasikan News Feed ads, yang kini terwujud melalui iklan di di ujung atas News Feed yang menjadi sumber pemasukan utama mereka.

Open Graph Apps

Kemudian pada 18 Januari, Facebook meluncurkan platform Open Graph untuk semua developer dan mereka bisa mulai menyetujui dimasukkan custom actionsuntuk aplikasi yang terinterasi dengan Timeline. Tujuan utama platform ini jelas untuk mempermudah disisipkannya iklan di tengah interaksi Timeline.

Februari

Timeline untuk Facebook Pages

Kamu yang mengelola Facebook Pages pasti mulai menyadari perubahan tampilan Feed mulai Februari, karena mulai akhir Februari, Facebook menerapkannya untuk Pages. Yang baru di sana, seperti kita bisa memberikan tampilan cover berukuran besar. Pages pun bisa menerima dan mengirim private messages dari usernya, sekaligus activity log untuk memantau apa saja yang sudah kita lakukan di Pages tersebut.

Mobile Ads

Bersamaan dengan upgrade Pages, Facebook juga mengkonfirmasikan mereka mulai mengijinkan iklan muncul di halaman versi mobile News Feed.

Offers

Facebook Pages juga mendapatkan story tipe baru yang memungkinkan pengelolanya mempost sebuah Offer yang bisa ditemukan mereka anggota Pages tersebut dari News Feed.

Reach Generator

Masih berhubungan dengan tawaran iklan yang bisa diterapkan pasca diterapkannya Timeline adalah Reach Generator. Solusi iklan premium ini menyasar klien besar, dan jelas dengan tawaran sasaran target yang lebih luas. Namun Reach Generator justru dihentikan layanannya tujuh bulan setelah dikenalkan akhir Februari 2012 lalu, dan digantikan dengan Promoted Posts dan Sponsored Stories. Logout Ads Facebook juga menawarkan layanan premium lainnya, yaitu iklan yang bisa muncul ketika user selesai logout akun mereka melalui browser desktop.

Open Graph Sponsored Stories dan Targeting Options

Facebook juga memperluas fungsi Open Graph untuk para para pengiklan sehingga memungkinkan sembarang action diubah menjadi Sponsored Story sehingga para pengiklan memilih action Open Graph yang disediakan.

Maret

Interest Lists

Maret diawal dengan Facebook yang mengenalkan opsi bagi user untuk mengelompokkan group pages dan public figures ke dalam “interest lists” sehingga mereka bisa dengan mudah menyortir News Feed yang muncul berdasarkan topik tiap Pages dan Group tersebut. Interest Lists juga bisa di-share dengan pengguna lainnya, yang kemudian mereka bisa ikut subscribe.

Events Update

Facebook juga meng-updated langkah dalam kita membuat event sehingga tidak butuh banyak kolom yang harus diisi untuk membuat satu event baru. Facebook juga membuat event menjadi lebih seperti group di dalam post tersebut, sehingga tampilan event bisa disortir berdasarkan aktivitas. Jadi tiap ada comment baru, event juga bakal terdorong naik.

April

Groups for Schools

Pada 11 April, Facebook mengkonfirmasikan group baru untuk sekolah, dengan fiturnya yang memungkinkan user dengan alamat email sekolah yang aktif bergabung dalam sebuah komunitas online yang berhubungan dengan sekolah atau perguruan tinggi mereka. Group ini berbeda dengan yang groups biasanya, sehingga dikhususkan untuk murid sekolah saja. Ketika pertama kali diluncurkan, hanya group ini saja yang diperbolehkan berbagi dokumen. Namun kemudian opsi membagikan dokumen bisa dolakukan oleh group lainnya.

Trending Articles

Facebook juga mulai menguji modul Trending Articles, yang menyorot story yang sudah kamu atau temanmu baca menggunakan aplikasi Open Graph. Modul ini bisa membantu meningkatkan para pembaca artikel dan mereka yang melihat video di media sosial.

Action Optimized Ads

Bulan ini Facebook juga merubah cara pelaporan iklannya untuk membantu mereka para pengiklan mengukur bagaimana respon pengguna Facebook setelah melihat iklan tersebut. Melalui perubahan ini, kini para pengiklan bisa melihat komentar, jumlah share, penggunaan aplikasinya, dan Credits yang dibelanjakan.

Preferred Marketing Developer Program

Sebuah program iklan baru dikenalkan Facebook, yang menjadi perpaduan Preferred Developer Consultant dan Marketing API dan ditujukan untuk perusahaan atau klien besar yang memang memilih Facebook sebagai partner pemasarannya. Program yang disebut Preferred Marketing Developer Program ini memberi opsi perusahaan mendapatkan badges tersendiri berdasarkan kualifikasi di page management tools, ad management tools, app development dan insights product.

Promoted Page Posts

Facebook mulai menguji Promoted Posts sebagai satu langkah baru bagi pemilik page untuk mencapai lebih banyak user mereka melalui post News Feed tanpa harus membuat satu campaigns baru. .

Mei

Promoted User Posts

Tidak lama setelah Promoted Posts dijalankan, Facebook juga memberi solusi sama untuk mereka para profil perorangan bisa mendapatkan layanan iklan yang sama. Awalnya disebut “highlight,” fitur ini kini dikenal sebagai “promote.” User bisa membayar beberapa dolar untuk mempromosikan update status mereka, dan juga post lainnya di bagian teratas News Feed teman-temanmu. Setelah awalnya fungsi ini hanya dibatasi di New Zealand, kemudian menyusul di Amerika Serikat pada Oktober lalu.

Mobile Feed Redesign

Pernah juga kami ulas sebelumnya, pada pertengahan Mei Facebook merubah tampilan News Feed untuk Facebook versi mobile mereka, yang kini menampilkan post dalam satu kotak individu, mirip seperti ketika muncul di Timeline. Imbasnya, kini foto juga terlihat lebih besar, membuat aktivitas browsing menjadi lebih efisien karena kamu tidak perlu mengklik untuk melihat ke dalam foto tersebut. Selain itu, Facebook juga memberikan tampilan warna background biru muda pada news feed.

Mobile Camera App

Walaupun sudah membeli Instagram, namun Facebook juga merilis aplikasi Camera khusus untuk iOS, yang memungkinkan kita mengambil foto dan kemudian memberikan filter, serta men-share ke jejaring sosial. Selain itu aplikasi tersebut juga menawarkan fungsi menampilkan News Feed yang khusus foto saja (seperti Instagram). Namun akhir-akhir ini melalui update, banyak fitur aplikasi tersebut diintegrasikan ke dalam aplikasi utama Facebook untuk iOS, termasuk photo editing dan multi-photo upload.

New Admin Tools dan Mobile Pages Manager App

Pada 16 Mei, Facebook meluncurkan aplikasi page management untuk iOS, yang mempermudah para admin page untuk mengakses notifikasi page dan juga insights secara mobile. Didukung m.facebook.com dan aplikasi Facebook iOS serta Android, page admin bisa mengakses juga page mereka dan menulis di Timelines profil pribadi Facebook mereka mereka, namun dengan identitas sebagai admin page. Sayang, aplikasi ini belum tersedia bagi pengguna Android.

June

News Feed Redesign

Pada awal Juni, Facebook menyegarkan tampilan News Feed versi desktop mereka dengan ukuran font yang lebih besar, dan ukuran foto yang dua kali lebih besar.

App Center

Kemudian Facebook meluncurkan App Center, sebuah dashboard khusus yang bertujuan menjadi rujukan mereka yang doyan mencoba aplikasi dan game sdi Facebook, mempermudah dalam menemukan aplikasi di web dan mobile. App Center ini menggantikan fungsi Apps and Games Dashboard, dan tampil dengan improvisasi visual dan langkah permissions authorization yang lebih baik. Selain itu juga ada opsi bagi kita untuk menemukan aplikasi mobile untuk iOS dan Android melalui App Center ini, dimana dengan mengklik “send to phone,” maka aplikasi tersebut bakal di push ke smartphonemu melalui Apple App Store atau Google Play.

Facebook Exchange

Selama Juni ini Facebook juga mengkonfirmasikan Facebook Exchange, sistem advertising baru yang memungkinkan platform third-party untuk menempatkan iklan dengan sasaran tertentu di tengah Facebook, setelah user mengunjungi websites luar yang ditandai dengan cookies.

Credits Phase Out dan Subscription Billing

Facebook juga berniat untuk menawarkan sepenuhnya Credits daripada mata uang lokal untuk para pengguna Facebook yang banyak memanfaatkan aplikasi di Facebook. Langkah tersebut bisa memberi developers opsi untuk mengatur berapa nilai Credit yang konsisten untuk item tertentu selama menggunakan aplikasi mereka

Juli

Start Now

Beberapa game canvas Facebook mengimplementasikan fungsi “start now” untuk memungkinkan users mulai memainkan game segera tanpa harus berhadapan dengan permissions dialog. Developer seperti Zynga, Kixeye dan EA menandatangani kontrak dengan Facebook sehingga kita bisa langsung main, karena informasi profil kita sudah dibaca otomatis tanpa harus memasuki dialog permissions.

Event Calendar

Facebook juga memperbaiki desain events dashboard dengan memasukkan kalender baru, dan juga tampilan model list yang membantu users melihat event di masa depan dan ulang tahun dengan lebih mudah.

Sponsored Results

Kembali ditujukan untuk para merketers, Facebook memberi solusi iklan yang muncul dalam kolom “Sponsored Results.” Paket ini memungkinkan para pengiklan mempromosikan bisnis mereka melalui search results yang biasa kita temui ketika ingin mencari sesuatu di Facebook.

Recommendations Bar

Pada 27 Juli Facebook juga meluncurkan plugin Recommendations Bar, yang berperan menyajikan recommended articles bagi para pembaca saat mereka selesai membaca artikel lainnya. Plugin ini pertama kali dirilis September 2011, dan sebelumnya mengintegrasikan social reading dan sharing capabilities dari Open Graph, sehingga user bisa mem-post otomatis apa yang mereka baca ke Timeline.

Page Post Targeting

Facebook juga mulai membuka opsi agar page bisa menarget post kepada para anggota baru, termasuk juga berdasarkan rentang usia atau jenis kelamin. Sayangnya, fitur ini tidak gratis.

Agustus

Mobile App Install Ads

Facebook mengenalkan tipe baru iklan untuk mobile melalui News Feed untuk developers mempromosikan aplikasi mereka. Iklan langsung di-link ke halaman download di Apple App Store atau Google Play.

Messages Redesign

Pada 22 Agustus, Facebook juga sedikit merubah tampilan fitur message mereka untuk tampilan desktop. Kini kamu mendapati layout baru two-paned layout dan juga ada keyboard commands. Overall desain baru ini memberi kemudahan selama browsing dan membuat fungsi messaage makin menjadi sebuah client email seperti Gmail atau Yahoo!, bahkan menurut kami jauh lebih praktis karena mendukung conversation secara group.

iPhone App Overhaul

Sehari kemudian, pada 23 Agustus Facebook merilis update untuk aplikasi iPhone, yang membuat proses loading News Feed, photo, message dan notifications menjadi jauh lebih cepat. Langkah ini diambil karena aplikasi lama yang dibangun dari HTML5 termasuk sangat lambat ketika mengakses akun Facebook  kita. Overhaul dengan pengembangan ulang keseluruhan aplikasi ini dilakukan Agustus untuk iOS, dan yang Android hadir awal Desember kemarin. Custom Audience TargetingFacebook membuka opsi baru untuk menyusun target iklan mereka dengan Custom Audiences. Para pengiklan bisa meng-upload file alamat email, nomor telepon atau user ID sebagai bagian custom audience, dimana Facebook bakal mencocokkan dengan database mereka.

September

Facebook Gifts

Pada 27 September lalu, Facebook mengkonfirmasikan Facebook Gifts, sebuah fitur untuk desktop dan mobile yang menungkinkan  mereka pengguna di U.S. bisa membeli produk untuk teman melalui gift ini. Nama-nama yang bekerjasama menyediakan kupon alias gift ini seperti Starbucks, Apple, Gap, Brookstone, Mondavi Wines dan Fab.com.

Mobile Ad Network Test

September ini diketahui juga Facebook menggelar tes pengumpulan data target iklan untuk mobile untuk digunakan pada aplikasi third-party dan website. Namun tes ini berakhir pada Desember 2012 ini.

Oktober

Collections

Facebook mulai melakukan uji “Collections,” yang memungkinkan retailers mem-post foto produk dengan tombolsave items to a wishlist, sekaligus links untuk membelinya dari website mereka. Uji coba ini kembali berlangsung Desember kemarin, dan kemungkinan besar mulai pertengahan 2013 semua produk mendapatkan fungsi tersebut. Apa fungsi wishlist? Jika ada temanmu yang melihat daftar wishlist tersebut, siapa tahu mereka membelikannya untukmu :)

Global Pages

Facebook mengkonfirmasikan “global pages,” yang memungkinkan brand internasional untuk menjaga satu fan page dengan tampilan yang langsung disesuaikan dengan fans dari wilayah negara yang berbeda. Global page memiliki daftar Like menjadi satu, dan juga indikator People Talking About This, namun bahasa, profil image, cover photo, post dan tab-nya bisa berbeda bergantung region. Satu contohnya, coba akses page-nya Gameloft ini.

Questions

Facebook menghilangkan fitur Questions dari News Feed, dan kini hanya menyediakan fitur tersebut untuk group dan page.

November

Mobile Share Button

Facebook kembali meng-update aplikasi iOS dan Android mereka dengan memasukkan tombol share dan in-line tagging untuk semua post, status update dan comment, sehingga user bisa langsung mention teman mereka dari aplikasi mobile menggunakan perintah @.

Games Groups

Facebook juga memungkinkan developer aplikasi dan game untuk membuat dan mengatur groups untuk user mereka. Dengan cara tersebut, game developers bisa membantu pera pemainnya yang tersebar di banyak negara untuk saling berhubungan melalui around clan, alliance, guild atau komunitas game lainnya.

Mobile Photo Sync

Facebook menggulirkan fitur photo sync yang meng-upload dan menyimpan foto yang mereka upload dalam sebuah private album untuk kemudian bisa kamu share dengan cepat. Fitur ini mulai diuji pada Android selama Agustus, namun baru diterapkan untuk iOS mulai November.

Friendship Timeline

Facebook juga mendesain ulang “friendship pages” yang bisa menunjukkan catatan historis dua user dalam format Timeline. Temanmu kini juga bisa mengkustomisasi page mereka dengan cover photo dan menandai post penting diantara kalian.

Facebook Wi-Fi

Facebook mulai menguji layanan yang memungkinkan bisnis lokal menawarkan free Wi-Fi setelah check in di sana. Facebook menyediakan router-nya, namun penyedia bisnis yang menawarkan layanan Internet-nya. Jadi ketika kita mengunjungi lokasi bisnis tersebut dan check in melalui Facebook, mereka bakal diarahkan ke halaman page Facebook lokasi bisnis tadi, dan kemudian bisa melanjutkan browsing web secara gratis.

Desember

Nearby

Pada 17 Desember lalu, Facebook meluncurkan Nearby, sebuah layanan local search dan discovery baru untuk aplikasi iOS dan Android. Kini kamu bisa mencari lokasi spesifik, melihat semua kategorinya atau cukup memilih dari apa yang ada di lokasi terdekat, terorganisir berdasarkan rekomendasi teman, check-in dan petunjuk sosial lainnya.

Paid Messages

Berlanjut 20 Desember lalu, Facebook mengumumkan pengujian baru yang memungkinkan beberapa user untuk membayar ketika mereka mengirim direct messages ke inbox user lainnya yang belum terdaftar di akunmu, sehingga pesan tersebut tidak berakhir di folder “other,” yang biasanya disebut folder spam. Layanan berharga $1 ini sementara hanya untuk pengguna U.S..

Redesigned Privacy Controls

Facebook juga sedikit merubah desain privacy control-nya, yang bisa kamu temui ketika mengakses activity log, two-step app permissions process, new request dan removal tool untuk photo, serta lebih banyak menawarkan panduan untuk mengenali fitur-fitur mereka di sepanjang Facebook, yang pasti sangat berguna bagi mereka para newbie di Facebook.

Phone-Only Login for Messenger

Kami sukai fitur ini, dimana kini pengoperasian Facebook Messenger menjadi makin mudah. Facebook kini memberi akses pengguna Facebook ketika sign up melalui aplikasi Messenger Android untuk mengirim message ke contact di phonebook mereka yang terdaftar di Facebook atau juga yang menggunakan Messenger, dengan hanya berbekal nomor telepon. Sangat membantu mereka yang ingin sekadar chatting Messenger namun tidak mau membuat akun Facebook.

Poke App

Pada 21 Desember kemarin, Facebook merilis Poke, aplikasi standalone untuk iPhone yang memungkinkan user menggunakan fitur Poke atau mengirim pesan, foto, video ke teman dalam rentang waktu tertentu. Setelah beberapa detik, pesan bakal menghilang dari aplikasi tersebut, sehingga mirip dengan aplikasi Snapchat di Facebook.

Sumber: Inside Facebook


SHARE
Previous articleChristopher Nolan: “Man of Steel Akan Jauh Lebih Menantang Dibanding The Dark Knight!”
Next articleComiket ke 83!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.