Duniaku Recap: Top Trending Articles of the Week!

Sepertinya minggu ketiga Januari 2013 dipenuhi dengan duka lara. Khususnya bagi saudara-saudara kita di Jakarta. Banjir yang terjadi sejak pertengahan minggu lalu benar-benar mengalihkan perhatian kita khususnya, dan juga dunia pada ibukota. Korban jiwa, ribuan lainnya yang mengungsi, dan tak terhitung harta benda yang hilang, membuat segenap tim redaksi Duniaku ikut prihatin atas bencana alam tersebut. Di sisi lain, bencana tersebut juga mengingatkan kita, agar selalu menjaga alam sekitar, agar terhindar dari bencana apa pun. Ok, cukup dengan apa yang terjadi di ibukota, mari kita lihat kembali artikel apa saja yang menjadi highlight selama sepekan di Duniaku.

Terlalu banyak pilihan game menarik yang bisa dimainkan dalam 3 bulan ini… :(

Jika dua minggu lalu event elektronik terbesar dunia, Consumer Electronics Show 2013 berhasil mencuri perhatian para Citizen Duniaku, maka sepekan kemarin banyak artikel dari dunia game yang menjadi favorit. Wajar, jika selama akhir Desember 2012 dan Januari 2013 tidak banyak game dirilis, karena memang lepas dari masa liburan, serta melihat dari kebiasaan publisher yang memilih menunggu triwulan pertama, akhir Januari 2013 ini waktu yang tepat untuk mencari perhatian para gamer akan game yang sudah direncanakan rilis Januari – Maret nanti. Dan ada banyak pilihannya, semoga saja kalian memiliki cukup waktu untuk memainkan game kelas atas seperti: DmC Devil May CryNi no Kuni: Wrath of the White WitchDead Space 3, Crysis 3, Metal Gear Rising: Revengeance, Tomb Raider, God of War: Ascension, Gears of War: Judgment, hingga BioShock Infinite. 

Selain itu, jangan lupakan juga game keren lainnya yang sudah menunggu hingga akhir Maret 2013, seperti Sly Cooper: Thieves in Time, Dynasty Warriors 7 Empires, Fist of the North Star: Ken’s Rage 2Atelier Ayesha: The Alchemist of Dusk, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 3, Kingdom Hearts HD 1.5 ReMIX, Hyperdimension Neptunia Victory, Army of Two: The Devil’s CartelDisgaea Dimension 2, One Piece: Kaizoku Musou 2, serta The Walking Dead: Survival Instinct.

Jika kangen dengan old Dante, ada cara khusus menyepuh rambut hitam Dante muda menjadi putih…

Daftar yang panjang. Memang diantara pilihan menarik triwulan pertama tersebut, baru DmC dan Ni no Kuni saja yang dirilis. Keduanya menjadi game dengan cita rasa yang berbeda, Jepang dan Amerika (Barat), dan sukses memikat gamer dengan style yang berbeda. Jika Ni no Kuni tidak heran bakal heboh, karena memang apresiasi awalnya sudah positif sejak versi 3DS-nya dirilis, yang membuat kami heran adalah DmC. Awalnya game tersebut dihujat habis-habisan, ditunggu lama, dan ketika dirilis, rupanya keadaan berbalik. Gameplay yang lebih baik, dan sedikit permak wajah Dante, setidaknya sudah cukup “membungkam” mereka yang antipati terhadap versi reboot DmC tersebut. Dan ulasan DmC Duniaku menjadi yang paling ramai pekan lalu.

Mungkin lagi ngetrend ya, seperti Dante, postur tubuh Raiden dalam Metal Gear Rising pun terlihat slim, walaupun dibalut besi-baja…

Semoga saja langkah Capcom me-reboot Devil May Cry ini juga mengawali kreativitas developer lain, agar mereka tidak terpaku pada sekuel. Coba buat sesuatu yang baru, meskipun itu memiliki hubungan dengan game yang sudah populer sebelumnya. Toh permintaan fans tidak mungkin dihiraukan begitu saja. Dan semoga saja Tomb Raider yang di-reboot juga memberi respon sebaik nafas baru serial Devil May Cry, atau Metal Gear Rising yang beberapa kali menggoda dengan trailer gameplay kerennya, juga bisa sedikit membuang kebosanan kita beraksi “lebih lambat” dalam tipikal Metal Gear Solid.

Bagaimana jika PlayStation 4 nanti desainnya seperti ini saja… :)

Dengan begitu banyaknya pilihan game untuk konsol now gen tersebut, yang kami sendiri menilai kualitasnya sangat bagus, jadi berpikir, apakah kita sudah memerlukan konsol game baru? Jika jawabannya untuk mendorong kreatifitas developer dalam membuat jenis game baru, jelas perlu. Namun ketika melihat bahwa kita sudah cukup puas dengan hasil memaksimalkan kemampuan konsol “now gen,” sepertinya memang juga belum perlu. Apa pun pandanganmu, namun siap atau tidak, konsol game generasi baru bakal diumumkan tahun ini. Prediksinya selama ajang Electronic Entertainment Expo 2013 mendatang. Rumornya sudah banyak berhembus, serta menjadi artikel yang ramai pekan kemarin (walau sekadar rumor). Mulai info baru sehubungan PlayStation 4, yang sebelumnya disebut sebagai Orbis, dan juga seperti apa kemungkinan kontrolernya. Bahkan juga Xbox 720 pun sudah diprediksi berapa harganya ketika dijual nanti.

Jauh lebih epic daripada Mickey… :)

Walt Disney, yang sebelumnya dikabarkan mengaku mengalami kerugian besar di bisnis game, dan menutup banyak studio gamenya, rupanya tidak “kapok” bermain di salah satu bisnis entertainment tersebut. Konfirmasi Disney Infinity pekan lalu, yang memang sudah terdengar namanya sejak tahun lalu, banyak direspon oleh Citizen sebagai hadiah tahun baru terbaik Disney setelah Epic Mickey 2 juga kembali epic “gagalnya” (well, tidak sesuai ekxpetasi sih!). Disney Infinity sendiri menjadi proyek IP baru Disney, yang menggabungkan karakter-karakter mereka dengan karakter Pixar dalam satu game, dan akan mengasah imajinasimu dalam mengembangkan kisah dari karakter-karakter tersebut.

Banyak yang menyukai Cloud Strife, karena style-nya yang cuek dan semau gue… tapi dia cowok!! Inilah jadinya jika karakter semacam Cloud atau Squall Leonheart, dalam casing cewek… tidak heran dia nomer satu yang paling difavoritkan para penggemar Final Fantasy.

Ulasan dari ranah game lain di Duniaku yang banyak difavoritkan Citizen seperti update karakter baru untuk Lightning Returns, rumor Monster Hunter 4 untuk PS Vita, strategi baru Sony menggratiskan game-game PlayStation Mobile setiap minggu (sudah pada download Samurai Beatdown belum!?), hasil polling karakter wanita Final Fantasy terfavorit dari Square Enix, serta yang juga tak kalah heboh pekan kemarin, karena menjadi wujud nyata developer game sekarang lebih terpaku pada game apa yang lebih mudah menyedot uang receh kita, adalah Final Fantasy All The Bravest.

Benar-benar “mimpi buruk” untuk sebuah nostalgia.

Final Fantasy baru untuk iPhone tersebut masih bertengger di spot aplikasi game yang paling banyak didownload, padahal untuk bisa menikmati game dengan tampilan grafis sangat jadul (seakan mengejek teknologi smartphone tidak mampu menampilkan grafis sekelas Final Fantasy VII) tersebut secara maksimal, bisa saja kita mengurangi limit kartu kredit hingga ratusan ribu bahkan jutaan  rupiah! Well, bukan Square Enix saja yang memaksa kita membayar lebih untuk sebuah stage yang terkunci (di sini contohnya, Midgar) ada banyak contoh game mobile lainnya yang mengunci bagian map tertentu, namun kami merasa satu ini terlalu berlebihan. Membayar Rp. 9600 untuk karakter spesifik Final Fantasy (ada 35 yang disediakan) yang hanya bisa kamu dapatkan secara random, seperti membeli kucing dalam karung saja ya… hehe! Aku mau Setzer, ayo, ada yang pengen barter tidak? Sayangnya tidak ada opsi barter ya… tukar tambah saja deh, boleh tidak Square Enix? Semoga saja yang baru mengenal Final Fantasy, tidak kapok memainkannya. Atau yang sudah “jatuh cinta” dengan Final Fantasy, tidak terkoreksi cukup banyak limit kartu kredit atau poin iTunes-nya… karena Phoenix Down untuk menghidupkan karakter di sini pun harus dibeli dengan dolar — kecuali kamu mau menunggu mereka respawn gratis per karakter dalam 3 menit!

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendalami ilmu mengenai video game…

Kemudian seperti biasa, Duniaku tidak pernah melewatkan laporan perkembangan game di Indonesia. Kami mengcover event Prototype Day di Bandung, ajang kumpul-kumpul pada developer game Indie, dan melihat progress proyek yang mereka tangani saat ini dalam bentuk prototype. Kemudian bagi kalian yang punya keinginan kuat mengembangkan hobi ngegame, setelah kami mengulas kabar Binus yang membuka jurusan pengembangan game, bisa mengetahuinya lebih jauh melalui sesi wawancara kami dengan Bapak Michael Yosep selaku Head of Program dari GAT Game Application and Technology di Binus.

Muncul di posisi teratas… jelas sekali, penulis artikelnya seorang fanboy Star Wars… hehe :)

Oh ya, tentu saja Duniaku tidak ketinggalan berita menarik dari bidang iptek. Meskipun kami habiskan semuanya pekan lalu melaporkan ajang CES 2013, namun masih ada yang menarik untuk diangkat. Seperti mengenai Sony Xperia Z dan Xperia ZL, smartphone andalan Sony yang berhasil mencuri spotlight selama ajang internasional Januari lalu. Kali ini detail perilisannya di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang diprediksi bulan depan, atau awal Maret 2013 (semoga saja harganya tidak 8 jutaan seperti di lokasi lain. Rumor baru Samsung Galaxy S IV yang bakal menggunakan prosesor dengan teknologi 8 core juga banyak dibaca oleh para penggemar gadget Duniaku. Dan artikel mengenai sepuluh konsol game terbaik dalam versi limited edition-nya, rupanya menjadi rubrik paling ramai untuk kategori iptek di Duniaku. Apa kalian memiliki salah satu diantaranya?


SHARE
Previous articleSpesifikasi Xbox 720 Durango Bocor, Gunakan Kekuatan Prosesor Delapan Core!
Next articleProject X Zone Akhirnya Dirilis di US dan Eropa!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.