Liputan Game Indonesia Bersinergi: Stakeholder Game Indonesia Siap Bersinergi Wujudkan Masa Depan Industri yang Cerah

Halo Citizen,

Acara Game Indonesia Bersinergi yang diselenggarakan oleh Duniaku Network dan Binus University pada hari Selasa 19 Maret 2013 memberikan begitu banyak inspirasi. Acara ini dihadiri oleh semua pemain kunci industri game nasional, seperti developer, publisher, edukasi, payment gateway, electronic brand, media, komunitas, bahkan juga perwakilan pemerintah.

Tajuk yang diusung dalam acara ini sebetulnya cukup sederhana, yaitu bagaimana elemen yang sudah hidup di bisnis ini dapat bersinergi, sehingga mampu mengakselerasi pertumbuhan industri gameIndonesia. Akselerasi ini tentu diperlukan, mengingat Indonesia masih belum dianggap sebagai pemain dalam percaturan game dunia.

Sambutan dari Bapak Fredy Purnomo
Penjelasan program GAT Binus dari Bapak Michael Yosep

Acara dimulai pada pukul 18.30 dengan sambutan dari Bapak Fredy Purnomo selaku Head of Computer Science dari Binus University, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai GAT dari Bapak Michael Yoseph Ricky, Head of Game Application and Technology. Bapak Michael menjelaskan secara detail seperti apa program baru dari Binus University tersebut, mulai dari visi misi, kurikulum yang diajarkan selama mahasiswa menjalani perkuliahan, dan bagaimana prospek lulusan dari GAT di industri nantinya. Lebih lanjut, Bapak Michael juga memperlihatkan beberapa game hasil buatan para mahasiswanya dan juga keikutsertaan Binus University dalam event-event game dalam negeri yang akan diadakan tahun ini juga, seperti Indonesia Bermain 2013 hingga Game Developer Gathering.

Robi Baskoro memperkenalkan Duniaku Network

Acara selanjutnya adalah penjelasan mengenai Duniaku Network yang dibawakan oleh Robi Baskoro selaku Direktur Utama. Robi menjelaskan bagaimana sejarah Duniaku dari awal dibentuk hingga sekarang, pertumbuhan statistik baik dari pembaca maupun konten, dan yang terakhir memaparkan tiga program utama yang akan dilakukan oleh Duniaku ke depannya. Tiga program utama ini yang pertama adalah Star Contributor, yaitu ajakan untuk para pelaku industri, pengamat, maupun komunitas untuk ikut berkontribusi mengabarkan berita-berita game & industri kreatif terkait. Kedua adalah Duniaku Checkpoint, yang menunjukkan komitmen Duniaku untuk mewadahi komunitas, dimana Duniaku akan mengadakan event reguler yang akan mengajak komunitas game bersatu, berdiskusi, dan bermain bersama. Terakhir adalah Gamer Award, yaitu event penghargaan untuk para gamer yang diharapkan dapat meningkatkan nilai positif dari bermain.