May The 4th Be With You, Ayo Rayakan Hari Star Wars Segalaksi!

Hari ini tanggal 4 Mei 2013. Artinya, pada hari ini semua fans Star Wars di seluruh galaksi tengah merayakan hari Star Wars sedunia yang disebut dengan May The 4th Be With You. Perayaan tahun ini terasa semakin spesial, karena pada tahun ini menandai ulang tahun dari penayangan perdana Return of The Jedi, episode keenam dari Star Wars yang pertama kali dirilis pada tahun 1983 lalu.

Bagi yang masih bingung, kenapa sih tanggal 4 Mei disebut sebagai hari Star Wars sedunia ini? Banyak teori yang menyebutkan tentang pemilihan tanggal ini, mulai dari inspirasi kalimat yang keluar dari mulut salah satu anggota parlemen Inggris pada tahun 1997, hingga voting para penggemar di US yang dilaksanakan pada tahun 2007 lalu. Awalnya, fans menentukan bahwa hari Star Wars jatuh pada tanggal 25 Mei, karena pada tahun 2007 lalu bertepatan dengan perayaan 20 tahun penayangan perdana Star Wars yang dimulai pada tahun 1977. Namun, pada akhirnya para fans menentukan tanggal 4 Mei dengan mengusung jargon May The 4th Be With You. Ya, bagi fans Star Wars, jargon May The 4th be With You ini seperti sebuah “plesetan” dari May The Force Be With You, satu kalimat yang sangat sering diucapkan Jedi untuk memberikan do’a pada rekannya yang tengah berjuang untuk sesuatu.

Saat ini, kamu mungkin tengah menunggu Star Wars Episode VII yang menurut rencana akan dirilis pada 2015 yang akan datang. Ya, seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada kuartal akhir tahun lalu Disney sudah mengakuisisi LucasFilm dan Star Wars, dan kini menyiapkan Episode ketujuhnya. Disney pun sudah merekrut Michael Arndt sebagai penulis skrip dan J.J Abrams untuk duduk di kursi sutradara. Trio ikonik Star Wars, Luke Skywalker yang diperankan Mark Hamill, Princess Leia yang diperankan oleh Carrie Fisher dan Han Solo yang diperankan Harrison Ford kabarnya juga siap untuk ambil bagian dalam film ini. Meskipun belum ada plot kisah resmi untuk film tersebut, namun sudah banyak rumor yang beredar, mulai dari rencana Disney untuk kembali menghidupkan Darth Vader, hingga Luke yang kabarnya membangun akademi jedi di Yavin 4. Selain Episode utama, Disney juga menyiapkan beberapa spin off yang mengisahkan latar belakang karakter diantara jeda episode utama, sehingga nanti mulai tahun 2015 setiap tahun kita akan mendapatkan film Star Wars baru.

Dengan jadwal rilis di liburan musim panas (sekitar bulan Mei – Juni) tentunya film Star Wars ini bisa menambah meriah perayaan hari Star Wars mulai 2015 mendatang. Saya harap sih Star Wars masih ditangani orang-orang yang tepat seperti masih mengikutsertakan George Lucas, dan Disney tidak perlu ikut campur dalam pengembangannya. Disney fokus saja dengan marketing-nya seperti yang dilakukannya terhadap film-film superhero Marvel.

Dimanapun kamu berada, baik di bumi, Coruscant, Tatooine, hingga Naboo, selamat merayakan hari Star Wars segalaksi ya! Masih bingung bagaimana cara terbaik untuk merayakannya? Star Wars melalui microsite resmi-nya memberikan banyak opsi bagimu yang ingin merayakan hari Star Wars segalaksi ini, mulai dari banyaknya konten gratisan, hingga diskon menarik di beberapa toko untuk mendapatkan item-item beraroma Star Wars. Apa saja? Simak di halaman berikutnya..