11 Batu Akik Termahal Dalam Cerita Fiksi Populer Dunia

Di Indonesia, Batu akik sendiri merupakan istilah umum untuk batu permata seperti Zamrud, Berlian,Saphire dan banyak batu lainnya. Tentunya karena banyak jenisnya, batu akik ada yang murah sampai sangat mahal. beberapa batu akik termahal bahkan berharga lebih dari 20 trilyun rupiah.

Karena bersifat langka dan sulit dicari, cerita fiksi di dunia sering menggunakan batu akik sebagai tema ceritanya, contohnya, perjalanan sekawan dalam The Hobbit sendiri bertujuan mencari Arkenstone yang dijaga oleh Smaug.

Selain Arkenstone banyak batu akik yang terlibat dalam jalan cerita cerita fiksi populer dunia. Inilah beberapa diantaranya yang memiliki nilai luar biasa.


11

Kryptonite - Superman, 5 Juta US$


batu akik kriptonite

Kryptonite adalah batuan yang ada di cerita Superman. Merupakan kakas dari elemen radioktif yang berasal dari planet Kyrpton. Batuan ini pernah diperkenalkan dalam berbagai bentuk dan warna dengan efek yang berbeda. Batu ini menjadi spesial karena Superman dan karakter yang berasal dari Kryption rentan terhadap radiasinya. Batu Kryptonite ini kemudian sering digunakan untuk mengalahkan Superman oleh Lex Luthor yang membelinya, baik dalam cerita ataupun komiknya.

Di dunia nyata, bebatuan yang memiliki komposisi kimia yang sama, telah diidentifikasi dalam sebuah tambang di Serbia. Sayangnya, batuan ini tidak berwarna hijau seperti di Superman, namun berwarna putih dan tidak berbahaya.


10

Heart of Ocean - Titanic, US$17 juta


batu akik heart of the ocean

Heart of the Ocean, juga dikenal sebagai Le Cœur de la Mer adalah nama dari berlian berwarna biru yang ada di film Titanic pada tahun 1997. Dalam film, berlian ini disebutkan dimiliki oleh Louis XVI dan dipotong dalam bentuk hati setelah revolusi perancis. Caledon Hockley, anak dari konglomerat baja dari Pittsburgh membeli berlian ini untuk tunangannya Rose.

Setelah kesuksesan film ini, perusahaan Asprey dan Gerrard ditugaskan untuk membuat kalung resmi dari Heart of the Ocean dengan desain aslinya. Hasilnya adalah set-platinum dengan berat 34.2 gram berbentuk hati terbuat dari safir Ceylon dikelilingi 103 berlian. Permata ini terjual seharga US$17 juta.


9

Pink Panther Diamond, US$ 80 Juta


batu akik pink panther

Berlian ini merupakan permata fiksi dalam film The Pink Panther tahun 1963. Dalam ceritanya, berlian ini diberi nama Pink Panther karena adanya ciri khas berupa Panther yang sedang meloncat dalam berlian yang diberikan kepada putri Dala.

Berlian Pink Panther dalam cerita ini dipercaya merupakan berlian paling besar di dunia yang awalnya dimiliki oleh Shah dari Lugash. Karena ketenarannya, berlian ini menarik perhatian pencuri berlian, The Phantom dan Playboy dari Amerika, George.

Di dunia nyata, berlian yang memiliki ukuran sama dengan yang diceritakan di film ini dipercaya bernilai setidaknya 80 juta dollar amerika


8

Arkenstone - The Hobbit (3.8 Billion US$)


batu akik arkenstone

Arkenstone adalah batu permata berharga yang ditemukan oleh Thrain dan dibentuk oleh kurcaci. Batu ini merupakan harta rakyat Durin, namun hilang saat naga Smaug menaklukkan Lonely Mountain yang sebelumnya jadi tempat tinggal Kurcaci.

Arkenstone adalah salah satu batu yang mampu bersinar dengan sendirinya, berbentuk seperti bola bumi dan dan diasah dengan seksama oleh Kurcaci. Saat disinari, batu ini memancarkan puluhan ribu sinar putih cemerlang ke berbagai penjuru ruangan. Dipercaya bahwa, salah satu dari 3 Simlarils dibawa ke perut bumi dan menjadi Arkenstone.

Batu ini dianggap sangat berharga oleh Thorin Oakenshield, bahkan dia bersedia menukar 1/14 dari total nilai harta karun yang ada di Lonely Mountain untuk batu ini saja. Saat Thorin meninggal akibat bertempur dengan pasukan dari Sauron, Arkenstone dikubur bersamanya jauh di dalam Lonely Mountain


7

Shodai Hokage no Kubikazari - Naruto - US$ 7,3 Milyar Dollar


batu akik kalung naruto

The First Hokage’s necklace adalah kalung yang dimiliki oleh Naruto Uzumaki. Kalung ini dibuat menggunakan bahan batu kristal khusus dan digunakan oleh Hokage pertama. Naruto mendapatkan kalung ini karena pertaruhannya dengan Tsunade. Kalung ini bernilai setara dengan 3 gunung beserta tambang emas yang ada didalamnya.

Saat Naruto kehilangan kontrol atas dirinya yang akan bertransformasi jadi Kyubi, kalung ini aktif dan berusaha menghentikan perubahan tersebut. Namun, karena kekuatan yang tak tertahankan dari Rubah Ekor 9, kalung in hancur lebur.


6

Permata Star Saphire, DC Comics, Tidak Ternilai


batu akik star saphire

Star Saphire adalah batu akik misterius yang menyimpan dan menyalurkan energi ungu dari alien Zamaron, kemampuan dan kelebihannya mirip dengan cincin Green Lanter. Perbedaannya ada pada kekuatan yang disalurkannya, jika cincin Green Lantern menyalurkan kemauan sedangkan Star Saphire menyalurkan cinta.

Saat Zamaron menyadari bahwa Star Saphire tidak dapat dikendalikan, mereka mengkonversikan permata ini menjadi baterai pusat tenaga yang mengisi cincin dari korps Star Saphire.

Seperti banyak permata mistis di dalam cerita DC comis, permata Star Saphire nilainya tidak ternilai harganya karena mampu memiliki skala kosmis.


5

Ravenclaw Diadem Jewel, Harry Potter, Tidak Ternilai


 

batu akik rowena ravenclaw

Diadem Ravenclaw adalah relik yang pernah dimiliki oleh Rowena Ravenclaw, salah satu pendiri dari sekolah Hogwarts. Di mahkota ini tertulis kata kata terkenal Ravenclaw “Akal adalah harta terbesar umat manusia”. Diadem ini dikatakan menjadikan orang menjadi bijak. Diaadem ini merupakan harta paling berharga dari Ravenclaw dan memiliki safir biru berbentuk seperti Oval. Diadem ini kemudian dicuri oleh putri dari Rowena, Helena dengan harapan bahwa diadem ini akan memberikan kebijaksanaan pada pemiliknya

Diadem Ravenclaw bersama dengan loket Slytherin, piala Hufflepuff merupakan horcrux dari Lord Voldermort yang dihancurkan oleh Harry Potter.


4

Crenshinibon - Forgotten Realm, Tidak Ternilai


batu akik cresihinbon

 

Crenshinibon adalah relik dengan kekuatan yang luar biasa, sebuah pecahan kristal yang mampu menyerap kekuatan magis nya dari cahaya matahari. Crenshinibon adalah artefak yang punya pikiran sendiri, dan memiliki hasrat terus menerus untuk kekuatan dan kemulyaan apapun caranya. Artifak ini selalu ingin dimiliki oleh pengguna yang sakti, biasanya pengguna sihir gelap.

Permata ini selalu mencoba memanipulasi pemakainya dan meninggalkannya jika ada yang lebih sakti lagi untuk mencapai keinginannya. Relik ini seringkali menarik makhluk jahat dengan panggilan sihirnya, mengumpulkan pasukan besar untuk dia dan penggunanya.

Batu Akik Termahal Dalam Game

Mendahului tren di Indonesia, rupanya batu akik termahal di dunia sudah dijadikan plot cerita oleh game game ini. Apa manfaatnya ya batu akik tersebut ?
Baca Juga

Crenshinibon merupakan relik yang ada dalam dunia Forgotten Realm. Forgotten Realm adalah nama dari setting fantasi, yang terdiri atas dunia dengan pulau yang aneh, berbahaya dan dewa dewi sakti dimana kejadian magis dan supranatural adalah hal biasa.

Karena kekuatannya yang luar biasa dan perannya yang sentral dalam universe Forgotten Realm, batu permata ini tidak ternilai harganya.


3

Amplimet - Wall of Echoes, Tidak Ternilai


batu akik amplimet

The Amplimet adalah batu yang diperkenalkan dalam Well of Echoes oleh Ian Irvine. Batu ini diberikan kepada Tiaan oleh rekannya Joeyn sang penambang. Berbentuk geometrik sempurna berbentuk piramid ganda. Walaupun batu ini merupakan produk alamiah, amplimet merupakan kristal yang memiliki pikiran sendiri. Amplimet sudah terbangun saat ditemukan oleh Tiann.

Seiring dengan cerita, semakin jelas bahwa amplimet bukan batu biasa, batu ini mulai berkomunikasi dengan Well of Echoes di TIrthax dan node dari Boreah Ngurle dan Snizort. Amplimet ini memiliki 3 tahapan untuk terbangun dimana saat mencapai tahap 3 kristal ini menjadi sadar sepenuhnya


2

Norn Stone - Marvel Universe, Tidak Ternilai


batu akik norn stone

Batu Norn adalah batuan bertuah yang dimiliki oleh Karnilla; batu ini sering digunakan oleh tipu muslihat oleh Loki dan kemudian digunakan oleh Sif. Batu ini memiliki kegunaan yang bervariasi bergantung apa yang diinginkan oleh penggunanya.

Dalam versi lainnya, Batu Norn dibuat berdasarkan zat yang sama dengan Mjolnir dan merupakan “avatar of power” di Asgard. Terdapat 24 runik suci yang jika diatur sedemikian rupa bisa menghubungkan dua dunia. Loki pernah menggunakan batu ini untuk menginvasi bumi


1

Infinity Gems- Marvel, Tidak Ternilai


batu akik gems

Infinity Gems merupakan rangkaian dari enam Soul Gems yang dipakai oleh Thanos. Dalam satu cerita, Thanos mencoba menggunakan Infinity Gems dalam Gauntlet untuk menghancurkan alam semesta. Untungnya tindakan ini berhasil digagalkan oleh Avenger, Adam Warlock dan Captain Marvel.

Batuan ini sepertinya lebih kuat jika digunakan dalam kombinasi ke enamnya. Pengguna gems ini mendapatkan peningkatan kemampuan berdasarkan keahlian dan pengalamannya dalam menggunakan batu ini. Batu ini juga punya pikiran sendiri. Kekuatan dari Infinity Gauntlet seringkali dapat melebihi kekuatan entitas abstrak seperti Eternity, sepertinya satu satunya makhluk yang lebih kuat dari Gems ini adalah Living Tribunal dan The One Above All.