Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Berikut rekap game-game terbaik, event-event termegah dan momen-momen paling dikenang dari aktivitas developer game Indonesia sepanjang 2016!

Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Tahun 2016 menjadi tahun tidak kalah sibuk dengan tahun sebelumnya. Developer game Indonesia banyak disibukkan dengan berbagai event, rilis game serta berbagai momen-momen penting lainnya. Yuk kilas balik aktivitas developer game Indonesia selama setahun ke belakang!

Tahun 2016 bisa dibilang menjadi salah satu tahun terbaik bagi industri game Indonesia. Bukan cuma banyak game keren yang dirilis dan juga event-event yang digelar, akan tetapi juga banyak dari developer yang berhasil menyabet penghargaan baik yang berskala nasional maupun internasional. Nah, dalam artikel kilas balik ini, kami ingin mengajakmu untuk kembali menengok aktivitas apa saja yang dilakukan oleh para developer game Indonesia selama setahun ke belakang, yang terbagi berdasarkan bulan. Selamat mengikuti!

[page_break no="" title="Januari"]

Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Seperti dua tahun terakhir, bulan Januari 2016 dibuka dengan penyelenggaraan Global Game Jam (GGJ) 2016 yang digelar di berbagai kota seluruh dunia. Tidak terkecuali dengan Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan Januari, satu game dari Miracle Gates Studio, Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Bulan ini juga menandai langkah GameChanger Studio yang membawa game andalan mereka, Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Satu kabar buruk dari industri game Indonesia datang dari Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Ada yang pergi, ada pula yang datang. Satu developer asal Bandung, Arsanesia di bulan ini meluncurkan satu lini baru yang khusus mengembangkan game-game edukasi untuk anak, Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini, beberapa developer game juga merilis game mereka, antara lain pendatang baru Niji Games dengan Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Panggung Game Developer Conference (GDC) 2016 yang digelar di Amerika Serikat membawa banyak kabar menarik bagi industri game Indonesia. Pertama ada dua developer papan atas Indonesia, Artoncode Indonesia dan Agate Studio yang membentuk aliansi AAA yang merupakan singkatan dari Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Kabar kedua datang dari Semisoft dan Tinker Games yang mengkonfirmasikan pengembangan game terbaru mereka, Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Selanjutnya ada kabar dari Mintsphere yang mengkonfirmasikan bahwa game PS4 pertama dari mereka (dan juga yang pertama dikembangkan Indonesia),Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Tidak luput juga, bulan ini dimanfaatkan banyak developer untuk merilis game, sebut saja Digital Happiness yang merilis DLC Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Bulan April aktivitas developer game Indonesia mulai meningkat. Salah satunya adalah dengan adanya event Indie Game Festival atau Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Selain di dalam negeri, satu developer Indonesia juga mengikuti pameran bertaraf internasional di bulan ini. Adalah Toge Productions yang akhirnya mewakili Indonesia untuk memamerkan karya di Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Kabar gembira lain datang dari Agate Studio. Di usia ketujuhnya, Agate Studio mendapatkan Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini, ada juga beberapa game menarik yang dirilis seperti kolaborasi Toge Productions dan LytoMobi dalam Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Usai dari IN.Game, puluhan developer game Indonesia pun menghadiri Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini, salah satu legenda di industri game indie hadir di Indonesia. Adalah Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Bulan ini beberapa developer Indonesia juga merilis karya mereka, seperti Game5Mobile yang pertama kali meluncurkan Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan Juni, aktivitas developer Indonesia sedikit mereda. Namun bukan berarti tidak ada event besar yang digelar. Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini juga akhirnya terinisiasi sebuah gerakan baru di Indonesia bertajuk Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Meskipun absen event besar khusus developer game, namun bulan Juni tetap dimanfaatkan para developer untuk menelurkan karya. Beberapa diantaranya adalah Touchten Games yang merilis Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Prestasi tingkat dunia akhirnya ditorehkan oleh salah satu developer asal Universitas Trunojoyo Madura, None Developers. None Developers merebut gelar juara kedua pada kategori games di ajang Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini pula, untuk pertama kalinya hari nasional untuk game dicanangkan. Yap, akhirnya di bulan ini, Asosiasi Game Indonesia (AGI) menetapkan tanggal 8 Agustus 2016 sebagai Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Meskipun minim event, namun di bulan ini beberapa developer memilih untuk menelurkan karya, seperti Own Games yang akhirnya merilis Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di sela-sela penyelenggaraan PopCon Asia 2016, digelar pula malam ramah tamah untuk pelaku industri game Indonesia. Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Untuk pertama kalinya juga, pesta game Indonesia pun digelar dengan tajuk Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan Agustus ini pula, salah satu developer asal Tangerang Gambreng Games menghadirkan gebrakan dengan merilis Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Beberapa game lain yang dirilis selama bulan Agustus antara lain Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Untuk kelima kalinya secara berturut-turut, developer game Indonesia pun kembali Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Event lain yang digelar di bulan ini adalah Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Kejutan lain datang dari developer Tahu Bulat, Own Games. Di bulan ini, Own Games mengkonfirmasikan kerja samanya dengan institusi pendidikan, tepatnya dengan Universitas Parahyangan untuk membangun Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Beberapa game menjadikan September sebagai bulan rilis mereka, seperti Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan Oktober, salah satu event industri game terbesar di Indonesia akhirnya digelar. Bertajuk Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Game Prime 2016 Surabaya menghadirkan lebih dari 800 peserta di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang menjadi venue acaranya. Selain sesi sharing dari para veteran industri game, acara ini juga menghadirkan workshop intensif sehari penuh dan juga showcase hasil karya komunitas dari berbagai daerah di Indonesia.

Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Selain Game Prime 2016 Surabaya, Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia (APIBGI) juga menggelar Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Kabar gembira lain datang dari Niji Games, salah satu developer asal Yogyakarta. Di bulan ini, game kedua mereka, Cute Munchies jadi game Indonesia pertama yang mendapatkan Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini, puncak acara industri game Indonesia akhirnya digelar di Jakarta. Bertajuk Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Selain itu, ada pula expo yang cukup meriah dan menghadirkan banyak developer game Indonesia yang memamerkan karya mereka. Ada pula Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Di bulan ini, JRPG buatan Semisoft dan Tinker Games, Legrand Legacy akhirnya mulai menggelar Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Beberapa game keren juga dirilis di bulan ini seperti Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, aktivitas di bulan Desember ini tidak begitu banyak. Salah satu aktivitas yang dilakukan di bulan ini adalah game jam yang terinspirasi dari Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Ada beberapa kabar gembira yang ada di bulan ini. Pertama ada Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Beberapa game juga dirilis di bulan ini mulai dari Football Saga: Fantasista yang dirilis secara global jelang final Piala AFF, Badminton Stars-Juara Bulu Tangkis dari IPlayAllDay Studio asal Surabaya, hingga Japan Food Chain yang dirilis oleh Touchten Games.

Itulah kilas balik selama satu tahun aktivitas developer game Indonesia. Semoga tahun depan industri game Indonesia semakin maju dan menghasilkan karya-karya yang lebih keren lagi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU