Apa Sih Bedanya Final Fantasy XII: The Zodiac Age dengan Versi Original?

final fantasy xii the zodiac age

Final Fantasy XII: The Zodiac Age memiliki banyak versi baru dibandingkan versi PlayStation 2-nya. Apa sajakah itu?

Final Fantasy XII: The Zodiac Age menjadi game Final Fantasy terbaru yang mendapatkan versi remaster untuk konsol PlayStation 4. Versi remaster ini bukan hanya sekedar peningkatan kualitas grafis, lho! Tetapi ada juga beberapa perbedaan antara Final Fantasy: The Zodiac Age dengan versi PlayStation 2-nya. Apa saja itu?

Baca Juga

Sebelumnya, bagi kamu yang belum tahu, Final Fantasy XII juga pernah dirilis ulang eksklusif untuk Jepang dengan beberapa upgrade dengan judul Final Fantasy XII: International Zodiac Job System (IZJS). Nah, versi inilah yang menjadi dasar dari The Zodiac Age—keduanya tidak berbeda jauh. Meski begitu, tetap ada upgrade dari IZJS ke The Zodiac Age. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas perbedaan ketiganya.

Game yang Lebih Balance

Meski Final Fantasy XII cukup mudah, tetapi di satu sisi juga cukup sulit sehingga membuat sebagian pemain tidak dapat melanjutkan progress cerita. Ini dikarenakan Final Fantasy XII memiliki fitur gameplay yang sangat berbeda dengan seri Final Fantasy lainnya. Nah, pada The Zodiac Age, game ini dibuat lebih balance atau seimbang. Mulai dari stats karakter, stats musuh hingga weapon dan item, semuanya mendapatkan balancing yang lebih baik.

Oh, selain itu magick (magic) dalam di versi The Zodiac Age juga mendapatkan perubahan. Misalnya seperti Water dan Watera yang berubah menjadi Aqua dan Aquara. Lalu, Bravery dan Faith kini menjadi White Magick.

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Kombinasi Job Terbaik untuk Para Karakter!

Setiap karakter pada Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa memiliki dua buah job yang berbeda. Kira-kira kombinasi job terbaik apa ya yang cocok digunakan?
Baca Juga

Zodiac Job System

ffxii the zodiac age jobs review indonesia

Zodiac Job System pertama kali diperkenalkan di IZJS. Tujuannya adalah untuk membantu pemain agar lebih bisa fokus dalam membangun karakter mereka sesuai dengan job yang mereka inginkan. Nah, pada The Zodiac Age, Zodiac Job System mendapatkan balancing yang lebih baik. Selain itu, pada The Zodiac Age, kamu juga bisa mendapatkan 2 buah Job yang berbeda setelah mengalahkan Belias di Tomb of Raithwall.

Untuk pilihan Job terbaik bagi masing-masing karakter akan bahas lain waktu di artikel selanjutnya. [Update] Job terbaik untuk setiap karakter bisa kamu baca melalui link ini.

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Dari 12 job yang disediakan dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, kira-kira job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Inilah Job terbaik untuk setiap karakter FFXII!
Baca Juga

Quickening dan Summon Tidak Lagi Menggunakan MP

beda final fantasy xii zodiac age dengan versi playstation 2 original

Ini mungkin perbedaan yang sangat menguntungkan pemain. Ya, jika pada Final Fantasy XII versi PlayStation 4 penggunaan Quickening dan Summon akan menghabiskan MP, maka pada The Zodiac Age tidak. Quickening dan Summon memiliki bar mereka sendiri untuk digunakan (maksimal 3) dan kamu bebas menggunakannya tanpa harus takut kehabisan MP.

Oh, dan untuk Summon, ada hal yang sangat menarik yang ditambahkan pada The Zodiac Age, lho! Apakah itu? Lanjut ke halaman 2!

1
2
3

SHARE
Previous article5 Alasan yang Membuat Film Dilan Bakal Jadi Film Tersukses Tahun Ini. Kamu Setuju?
Next articleGuide Mobile Arena: Valhein, Sang Pemburu Vampir Paling Mematikan
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.