Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

guide final fantasy xii the zodiac age indonesia job terbaik

Dari 12 job yang disediakan dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, kira-kira job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Inilah Job terbaik untuk setiap karakter FFXII!

Final Fantasy XII: The Zodiac Age menawarkan banyak sekali fitur baru. Salah satu fitur tersebut adalah Zodiac Job System. Berbeda dengan game sebelumnya, kamu akan bisa lebih fokus dalam membangun job yang ada untuk setiap karakter dengan fitur ini. Nah, masalahnya, ada 12 job yang tersedia di sini dan begitu kamu sudah memilih 2 job untuk setiap karakter, kamu tidak bisa mengganti job mereka. Tentunya, kamu ingin memilihkan job terbaik untuk setiap karaktermu bukan? Nah, pada artikel ini kita akan membahas hal tersebut!

Apa Sih Bedanya Final Fantasy XII: The Zodiac Age dengan Versi Original?

Final Fantasy XII: The Zodiac Age memiliki banyak versi baru dibandingkan versi PlayStation 2-nya. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak perbedaannya di sini!
Baca Juga

Sebelum membahas job terbaik untuk para karakter. Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu semua job yang ada di dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Bagi kamu yang sudah mengetahui tentang job ini dan ingin langsung tahu job terbaik untuk karakter yang ada, kamu bisa skip langsung ke halaman 2. Berikut ini 12 job yang ada di Final Fantasy XII:

Archer (Sagittarius)

Sesuai namanya, archer yang berarti pemanah, menggunakan busur panah sebagai senjata utamanya. Job ini memiliki speed yang bagus untuk serangan jarak jauh, tetapi accurancy -20% ketika berada pada cuaca tertentu. Archer juga bisa menggunakan beberapa white magick. Selain itu, Archer juga satu-satunya class yang bisa mengakses augment Phoenix Down—yang berarti efek Phoenix Down mereka bisa menghidupkan party hingga full HP.

Black Mage (Capricorn)

Job klasik dalam seri Final Fantasy. Black Mage bisa menggunakan black magick dan memiliki damage output yang besar lengkap dengan serangan area. Mereka juga bisa menggunakan beberapa heavy armor. Sayangnya, job ini hanya memiliki sedikit recovery magick dan HP yang rendah.

Bushi (Aquarius)

Senjata utama dari job ini adalah Katana. Meskipun tidak memiliki kemampuan sihir, tetapi Bushi menggunakan mystic armor untuk meningkatkan damage mereka. Bushi sangat cocok untuk serangan cepat daripada tanker. Mereka bisa mengakses augment untuk meningkatkan HP, attack, dan magickal power, tetapi tidak dapat menggunakan spell apapun.

Foebreaker (Scorpio)

Foebreaker menggunakan Axe dan Hammer sebagai senjata utama dan heavy armor dan shields sebagai pelindung mereka. Job ini tidak memiliki kemampuan magick, tetapi memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Selain itu, Foebreaker juga bisa melemahkan musuh dengan –break mereka. Perlu diingat bahwa meski Axe dan Hammer memiliki attack yang tinggi, tetapi damage modifier mereka tidaklah begitu baik.

Baca Juga

Knight (Leo)

Knight menggunakan heavy armor dan juga swords dan greatswords sebagai senjata utama. Mereka bisa menggunakan beberapa macam white magick. Job yang satu ini memiliki damage modifier terbaik dari semua job yang ada—apalagi dikombinasikan dengan buff yang tepat. Job ini bisa memiliki tiga shield blocks dalam License Board—memberinya evasion yang tinggi. Kelemahan job ini adalah bertarung melawan musuh yang terbang.

Machinist (Gemini)

Machinist adalah job serangan jarak jauh. Mereka menggunakan gun sebagai senjata utama dan light armor. Job yang ini cukup fleksibel: bisa menyerang dari jarak jauh dan menggunakan time magick. Mereka juga bisa menggunakan green magick. Meskipun begitu, Machinist kurang efektif melawan musuh dengan guns dan measures, serta mereka tidak bisa menggunakan recovery magick.

Monk (Virgo)

Job yang memiliki HP tinggi, Monk menggunakan light armor dan pole serta tangan kosong sebagai senjata utama mereka. Selain itu, serangan fisik mereka juga cukup besar dan mereka bisa mempelajari beberapa white magick.

Red Battlemage (Cancer)

Mage dengan banyak sekali pilihan, mereka bisa mempelajari: black magick, white magick, tima magick, dan satu-satunya job yang bisa menggunakan arcane Magick. Senjata utama mereka adalah mace dan bisa juga menggunakan greatsword. Red Battlemage bisa menggunakan mystic armor untuk meningkatkan kemampuan magic mereka dan shield untuk evasion. Meskipun begitu, evasion mereka dengan shield cukup buruk dan mereka tidak bisa mempelajari magick tingkat atas.


Shikari (Pisces)

Shikari adalah job dengan pilihan senjata yang fleksibel. Mereka bisa menggunakan daggers dan ninja swords, tetapi di lain sisi mereka juga bisa menggunaan guns. Shikari adalah job tercepat yang menggunakan light armor bersama dengan shields. Mereka juga bisa menggunakan dua white magick. Kelemahan dari Shikari adalah sulitnya job ini untuk bisa menggunakan shield terkuat.

Time Battlemage (Libra)

Sesuai namanya, job ini focus pada penggunaan time magick atau green magick. Time Battlemage adalah job dengan serangan jarak jauh menggunakan crossbow. Uniknya, mereka menggunakan heavy armor dan bisa menggunakan beberapa tipe swords. Sama seperti Archer, senjata mereka terpengaruh oleh cuaca tertentu, dan Time Battlemage memiliki HP yang rendah dan hanya bisa mempelajari beberapa jenis serangan ofensif dan recovery spell.

Uhlan (Taurus)

Job yang satu ini mirip dengan job klasik Dragoon. Uhlan menggunakan heavy armor dan spears sebagai senjata utama mereka. Berbeda dengan Dragoon, mereka tidak dapat menggunakan Jump. Selain itu, Uhlan juga memiliki skill yang mirip dengan Dark Knight karena bisa menggunakan beberapa black magick serta skill yang menggunakan HP sendiri untuk memberikan damage—Souleater

White Mage (Aries)

Mage klasik yang selalu ada di setiap seri Final Fantasy. White Magick sangat berguna sebagai support karena bisa heal dan buff serta memberikan damage yang cukup besar terhadap undead. Mereka menggunakan rod sebagai senjata utama dan juga mystic armor. Selain itu, White Mage juga bisa menggunakan beberapa greatswords dan daggers. Kelemahan dari White Mage adalah mereka tidak memiliki attack dan HP yang tinggi.

Lantas, job apa yang cocok bagi setiap karakter? Lanjut ke halaman 2!

1
2
3

SHARE
Previous articleGuide YuGiOh Duel Links: Deck One Turn Kill Kickfire (Bagian 3)
Next articleWaduh! Ending 9 Game ini Bikin Pemainnya Marah dan Kecewa Berat!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.