Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Dari 12 job yang disediakan dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, kira-kira job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Inilah Job terbaik untuk setiap karakter FFXII!

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Dari 12 job yang disediakan dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age, kira-kira job apa yang paling cocok untuk setiap karakter? Inilah Job terbaik untuk setiap karakter FFXII!

Final Fantasy XII: The Zodiac Age menawarkan banyak sekali fitur baru. Salah satu fitur tersebut adalah Zodiac Job System. Berbeda dengan game sebelumnya, kamu akan bisa lebih fokus dalam membangun job yang ada untuk setiap karakter dengan fitur ini. Nah, masalahnya, ada 12 job yang tersedia di sini dan begitu kamu sudah memilih 2 job untuk setiap karakter, kamu tidak bisa mengganti job mereka. Tentunya, kamu ingin memilihkan job terbaik untuk setiap karaktermu bukan? Nah, pada artikel ini kita akan membahas hal tersebut!

[read_more id="321715"]

Sebelum membahas job terbaik untuk para karakter. Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu semua job yang ada di dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Bagi kamu yang sudah mengetahui tentang job ini dan ingin langsung tahu job terbaik untuk karakter yang ada, kamu bisa skip langsung ke halaman 2. Berikut ini 12 job yang ada di Final Fantasy XII:

Archer (Sagittarius)

Sesuai namanya, archer yang berarti pemanah, menggunakan busur panah sebagai senjata utamanya. Job ini memiliki speed yang bagus untuk serangan jarak jauh, tetapi accurancy -20% ketika berada pada cuaca tertentu. Archer juga bisa menggunakan beberapa white magick. Selain itu, Archer juga satu-satunya class yang bisa mengakses augment Phoenix Down—yang berarti efek Phoenix Down mereka bisa menghidupkan party hingga full HP.

Black Mage (Capricorn)

Job klasik dalam seri Final Fantasy. Black Mage bisa menggunakan black magick dan memiliki damage output yang besar lengkap dengan serangan area. Mereka juga bisa menggunakan beberapa heavy armor. Sayangnya, job ini hanya memiliki sedikit recovery magick dan HP yang rendah.

Bushi (Aquarius)

Senjata utama dari job ini adalah Katana. Meskipun tidak memiliki kemampuan sihir, tetapi Bushi menggunakan mystic armor untuk meningkatkan damage mereka. Bushi sangat cocok untuk serangan cepat daripada tanker. Mereka bisa mengakses augment untuk meningkatkan HP, attack, dan magickal power, tetapi tidak dapat menggunakan spell apapun.

Foebreaker (Scorpio)

Foebreaker menggunakan Axe dan Hammer sebagai senjata utama dan heavy armor dan shields sebagai pelindung mereka. Job ini tidak memiliki kemampuan magick, tetapi memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Selain itu, Foebreaker juga bisa melemahkan musuh dengan –break mereka. Perlu diingat bahwa meski Axe dan Hammer memiliki attack yang tinggi, tetapi damage modifier mereka tidaklah begitu baik.

[duniaku_baca_juga]

Knight (Leo)

Knight menggunakan heavy armor dan juga swords dan greatswords sebagai senjata utama. Mereka bisa menggunakan beberapa macam white magick. Job yang satu ini memiliki damage modifier terbaik dari semua job yang ada—apalagi dikombinasikan dengan buff yang tepat. Job ini bisa memiliki tiga shield blocks dalam License Board—memberinya evasion yang tinggi. Kelemahan job ini adalah bertarung melawan musuh yang terbang.

Machinist (Gemini)

Machinist adalah job serangan jarak jauh. Mereka menggunakan gun sebagai senjata utama dan light armor. Job yang ini cukup fleksibel: bisa menyerang dari jarak jauh dan menggunakan time magick. Mereka juga bisa menggunakan green magick. Meskipun begitu, Machinist kurang efektif melawan musuh dengan guns dan measures, serta mereka tidak bisa menggunakan recovery magick.

Monk (Virgo)

Job yang memiliki HP tinggi, Monk menggunakan light armor dan pole serta tangan kosong sebagai senjata utama mereka. Selain itu, serangan fisik mereka juga cukup besar dan mereka bisa mempelajari beberapa white magick.

Red Battlemage (Cancer)

Mage dengan banyak sekali pilihan, mereka bisa mempelajari: black magick, white magick, tima magick, dan satu-satunya job yang bisa menggunakan arcane Magick. Senjata utama mereka adalah mace dan bisa juga menggunakan greatsword. Red Battlemage bisa menggunakan mystic armor untuk meningkatkan kemampuan magic mereka dan shield untuk evasion. Meskipun begitu, evasion mereka dengan shield cukup buruk dan mereka tidak bisa mempelajari magick tingkat atas.

[duniaku_adsense]

Shikari (Pisces)

Shikari adalah job dengan pilihan senjata yang fleksibel. Mereka bisa menggunakan daggers dan ninja swords, tetapi di lain sisi mereka juga bisa menggunaan guns. Shikari adalah job tercepat yang menggunakan light armor bersama dengan shields. Mereka juga bisa menggunakan dua white magick. Kelemahan dari Shikari adalah sulitnya job ini untuk bisa menggunakan shield terkuat.

Time Battlemage (Libra)

Sesuai namanya, job ini focus pada penggunaan time magick atau green magick. Time Battlemage adalah job dengan serangan jarak jauh menggunakan crossbow. Uniknya, mereka menggunakan heavy armor dan bisa menggunakan beberapa tipe swords. Sama seperti Archer, senjata mereka terpengaruh oleh cuaca tertentu, dan Time Battlemage memiliki HP yang rendah dan hanya bisa mempelajari beberapa jenis serangan ofensif dan recovery spell.

Uhlan (Taurus)

Job yang satu ini mirip dengan job klasik Dragoon. Uhlan menggunakan heavy armor dan spears sebagai senjata utama mereka. Berbeda dengan Dragoon, mereka tidak dapat menggunakan Jump. Selain itu, Uhlan juga memiliki skill yang mirip dengan Dark Knight karena bisa menggunakan beberapa black magick serta skill yang menggunakan HP sendiri untuk memberikan damage—Souleater

White Mage (Aries)

Mage klasik yang selalu ada di setiap seri Final Fantasy. White Magick sangat berguna sebagai support karena bisa heal dan buff serta memberikan damage yang cukup besar terhadap undead. Mereka menggunakan rod sebagai senjata utama dan juga mystic armor. Selain itu, White Mage juga bisa menggunakan beberapa greatswords dan daggers. Kelemahan dari White Mage adalah mereka tidak memiliki attack dan HP yang tinggi.

Lantas, job apa yang cocok bagi setiap karakter? Lanjut ke halaman 2!

Job terbaik untuk Vaan

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Vaan adalah karakter jack of all trade. Meskipun dia karakter yang insignifikan dalam story game ini, tetapi Vaan memiliki stats yang bagus secara keseluruhan. Dia memiliki strength tertinggi (seimbang dengan Basch), magick power tertinggi nomor 3, vitality tertinggi, dan juga speed tercepat kedua. Dia juga memiliki HP dan MP yang tinggi.

Pada dasarnya, kamu terserah bisa memilih job apapun pada Vaan. Jika kamu ingin fokus pada serangan fisik dengan banyak combo, saya sarankan kamu menjadikan Vaan seorang Bushi, Shikari, atau Uhlan. Vaan juga bisa dijadikan sebagai seorang Mage. Tapi untuk peran Mage sendiri, saya sarankan untuk diberikan pada karakter lain saja.

Job terbaik untuk Penelo

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Penelo memiliki MP tertinggi. Selain itu, dia juga memiliki magick power tertinggi (seimbang dengan Ashe). Penelo memiliki vitality yang tinggi dan speed rata-rata. Sayangnya, karakter yang satu ini memiliki HP dan strength terendah.

Dari penjelasan di atas, sudah pasti Penelo cocok sebagai seorang Mage. Job terbaik untuknya yang saya rekomendasikan adalah White Mage. Meskipun begitu, dia juga cukup baik sebagai seorang Black Mage, Red Battlemage atau Time Battlemage.

[duniaku_adsense]

Job terbaik untuk Balthier

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Balthier memiliki HP dan Strength yang bagus, meski masih di bawah Vaan dan Basch. Dia memiliki speed terbaik. Sayangnya, MP dan magick power milik Balthier rendah. Karena ini, dia tidak cocok sebagai seorang Mage.

Meski memiliki speed tercepat dan senjata awalnya adalah Guns, ironisnya, dia adalah karakter terlambat jika menggunakan senjata jarak jauh. Jadi, saya tidak merekomendasikan dia sebagai seorang Machinist. Job terbaik untuk Balthier adalah job yang bisa memanfaatkan combo dengan baik: Shikari, Knight, atau Uhlan. Balthier juga cocok sebagai support dengan job seperti Red Battlemage  dan Foebreaker.

[duniaku_baca_juga]

Lantas, job terbaik apa yang cocok untuk Fran, Basch, dan Ashe? Lanjut ke halaman 3!

Job terbaik untuk Fran

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Fran bukanlah karakter yang bagus dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Fran pada dasarnya mirip dengan Vaan, tetapi dia memiliki statistik yang rendah jika dibandingkan dengan karakter lain. Karena itulah, job yang cocok untuk Fran adalah sebagai seorang support.

Foebreaker cocok untuk Fran karena job ini fokus pada melemahkan musuh. Kombinasikan dengan Archer sebagai job kedua, maka kamu akan memiliki karakter support jarak jauh.

Job terbaik untuk Basch

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Basch memiliki HP tertinggi di antara semua karakter, dan dia memiliki strength tertinggi (seimbang dengan Vaan). Meskipun begitu, dia memiliki magick power yang rendah. Sedihnya, dia memiliki MP, vitality, dan speed terendah dari semua karakter yang ada.

Basch cocok sebagai pencipta physical damage nomor 1 di dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Tentunya, job terbaik untuk Basch antara lain adalah (diurutkan dari yang terbaik untuknya): Shikari, Knight, atau Bushi. Karena dia secara alami bisa menciptakan damage yang besar, kamu juga bisa memberi job Foebreaker pada Basch.

Job terbaik untuk Ashe

Guide Final Fantasy XII: The Zodiac Age – Job Terbaik untuk Setiap Karakter!

Sang putri Dalmasca, Ashe, memiliki magick power tertinggi (seimbang dengan Penelo) dan dia memiliki potensi sebagai pemegang MP tertinggi melebihi Penelo. Ashe memiliki strength, vitality, dan speed rata-rata. Kelemahan terbesarnya adalah pada HP yang rendah.

Secara keseluruhan, Ashe mirip dengan Red Mage klasik dalam serial Final Fantasy. Karena itu, dia cocok baik sebagai seorang Black Mage atau White Mage. Kamu juga bisa membuatnya sebagai seorang Red Battlemage langsung, atau Time Battlemage. Hanya saja, saya sarankan kamu memberikan job yang murni mage pada Ashe sebagai job pertamanya. Oh, selain mage, Ashe juga cocok sebagai Bushi yang merupakan job yang tergantung pada kombinasi strength dan magick power.

[duniaku_adsense]

Itulah tadi job terbaik untuk para karakter dalam Final Fantasy XII: The Zodiac Age. Setiap karakter sendiri bisa memiliki dua job yang berbeda di dalam game. Job kedua bisa kamu dapatkan setelah kamu mengalahkan esper bernama Belias. Tentunya kombinasi dari kedua job setiap karakter ini juga berpengaruh pada kekuatan mereka. Nah, untuk kombinasi job terbaik akan kita bahas pada artikel yang terpisah. [UPDATE] Kamu bisa membaca kombinasi job terbaik melalui link ini.

[read_more id=" 321901"]

Meski saya menyarankan job untuk masing-masing karakter di atas, tentu saja kamu masih bebas memilih job terbaik untuk setiap karakter yang ada. Menurutmu sendiri, job apakah yang paling cocok untuk setiap karakter yang ada? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Final Fantasy XII: The Zodiac Age bisa kamu mainkan di konsol PlayStation 4. Bagi kamu yang masih ragu untuk memainkan atau ingin tahu tentang game ini, kamu bisa membaca review kami melalui link ini.

[read_more id="321523"]


Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info: http://www.gameprime.asia

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU