Pengumuman, OAFF Buka Pendaftaran untuk Desainer dan Filmmaker

Pengumuman, OAFF Buka Pendaftaran untuk Desainer dan Filmmaker

Salah satu festival terbesar di Asia, Osaka Asian Film Festival (OAFF), sudah membuka pendaftaran untuk mencari filmmaker dan desainer muda.

Kabar gembira untuk para filmmaker yang sudah mau rilis film tapi belum ada dana dan ide untuk nayangin dimana karena OAFF sudah membuka proses seleksi untuk tahun 2018. Pendaftara untuk festival film ini rencananya akan dibuka hingga 4 Desember 2017. Salah satu syarat untuk bisa diputar di OAFF adalah film yang dibuat di Asia dan punya nilai-nilai yang berkaitan dengan Asia.

[read_more id="334438"]

Nantinya, selain berkesempatan menayangkan film di Osaka, filmmaker yang beruntung masuk dalam program kompetisi bisa berkesempatan membawa pulang beberapa penghargaan dan tentunya uang.

Dua penghargaan yang paling prestisius adalah Grand Prix dengan hadiah 500,000 yen setara dengan IDR 60 juta atau Most Promising Talent Award dengan hadiah 200,000 yen atau setara dengan IDR 24 juta. Film yang dianggap potensial juga berkesempatan diputar secara nasional di Jepang. Sesuatu banget kan?

[duniaku_baca_juga]

Kartini dan Pengabdi Setan Kuasai Nominasi Festival Film Indonesia 2017

Berusia 95 Tahun, Mbah Ponco Sutiyem Raih Nominasi Aktris Terbaik di Festival Film Tingkat ASEAN

Film Laga Headshot Raih Penghargaan Bergengsi di Festival Film Prancis!

Untuk filmmaker yang tidak masuk dalam kategori seleksi, masih ada kategori seperti Indie Forum, Special Screening, Special Programs, dan lainnya. Jadi meski pun tidak masuk kategori utama, masih punya kesempatan untuk menayangkan filmnya di Jepang.

Tahun lalu, filmmaker asal Hong Kong Wong Chun yang berjudul Mad World berhasil memenangkan kategori Grand Prix. Sementara Most Promising Talent Award dimenangi oleh aktris Fish Liew yang berakting di film Sisterhood.

Pengumuman, OAFF Buka Pendaftaran untuk Desainer dan Filmmaker Adegan dalam Mad World[/caption]

[duniaku_adsense]

Selain membuka pendaftaran untuk film, OAFF juga membuka pendaftaran untuk kompetisi desain poster. Karya dari pemenang nantinya akan digunakan sebagai bahan utama festival untuk materi publisitas, termasuk selebaran, poster, situs web, SNS, katalog, dan lainnya, yang akan dirilis di seluruh Jepang dan juga di seluruh dunia.

Untuk poster, OAFF akan menerima karya paling lambat pada 12 November 2017. Jadi buat yang suka desain dan gambar, penting banget untuk ikut dalam kompetisi ini. OAFF sendiri rencananya akan diadain pada 9 hingga 18 Maret 2018. Tahun depan, festival ini akan menginjak penyelenggaran ke yang ke-13 kalinya.

Untuk informasi lebih lanjut bisa melihat http://www.oaff.jp/2018/en.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU