Gambar ini hanya ilustrasi, bukan desain final Galaxy Note II...

Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, Samsung punya rencana sendiri dengan penerus Samsung Galaxy Note. Melihat jadwal edar awalnya Oktober 2011, banyak yang berasumsi bakal sama untuk tahun ini, meskipun nyaris tak terdengar kabarnya. Apalagi ketika muncul gosip memang sengaja disembunyikan Samsung untuk menunggu langkah Apple dengan iPhone 5-nya. Terakhir kami mendengar jika penerus hibrida smartphone-tablet tersebut layarnya membesar dan menggunakan chipset quad-core. Dan yang terbaru ada yang memastikan berapa tepatnya ukuran layar Galaxy Note II tersebut.

Galaxy Note II bakal menggunakan layar Super AMOLED dengan ukuran 5.5 inchi, serta memilih meninggalkan desain mengotak ala Galaxy S II sebelumnya, dan kini tampil dengan inspirasi desain Galaxy S III. Disebutkan juga bahkan meskipun layarnya membesar, lebar Galaxy Note II malah mengecil dibandingkan Galaxy Note. Kemudian Samsung bakal memajukan jadwal edarnya ke September 2012, bukanya Oktober 2012 seperti yang banyak dirumorkan sebelumnya. Bisa jadi langkah tersebut untuk mencuri start karena jika memang Apple masih bertahan pada jadwal iPhone 4S, seharusnya iPhone 5, atau apa pun namanya nanti penerus iPhone tersebut resmi dijual Oktober 2012.

Selain layar 5.5 inchi yang dipastikan kebenarannya, sisa prediksi lain mengenai penerus smartphone yang sudah laku 7 juta unit di seluruh dunia ini antara lain, kamera 8 megapixel dengan sensor yang lebih baik (mungkin sama seperti yang digunakan untuk Galaxy S III), jatah RAM 1.5 GB atau 2 GB (dan membuatnya lebih worthed daripada smartphone yang “Designed for Humans and Inspired by Nature” tersebut), kemudian chipset-nya menjatuhkan pilihan pada Exynos 5250 yang dikonfirmasikan akhir tahun lalu. Chipset tersebut menjadi rumah prosesor dual-core dari jenis baru, yaitu ARM-15. Namun sejauh ini belum dikonfirmasikan kebenarannya.

Kok hanya dua core? Jika kamu membaca ulang ulasan kami sebelumnya, seperti artikel “Menguji Kemampuan HTC One X” dan juga artikel “Samsung Galaxy S II>Galaxy S III” kamu bakal sama seperti kami, yang sadar sebenarnya bukan berapa jumlah core yang menentukan performa chipset suatu smartphone.

Masih sekadar rumor lainnya, layar 5.5 inchi tersebut nantinya menggunakan resolusi 1680 x 1050 pixel dengan kualitas kerapatan tiap pixelnya mencapai 360 (lebih tinggi dari Galaxy S III). Super AMOLED yang digunakan di sini juga dikembangkan seperti layar pada Galaxy S III, dengan konfigurasi matrix PenTile RGBG, yang menggunakan pixel tambahan warna hijau ditempatkan berseberangan antara pixel merah dan biru. Maka dari itu, kontras warnanya setara dengan layar pada Galaxy S III, dan juga sama diklaim lebih tahan lama dan menggunakan sedikit daya baterai — namun pixel hijau menjadi lebih dominan, dan lebih sensitif terlihat mata manusia. Konfigurasi layar yang sama juga pernah digunakan HTC pada Nexus One.

Fitur lainnya yang mungkin masuk, kamu dapatkan langsung akses konektivitas dengan teknologi 4G LTE baik untuk varian internasional dan US (negara dimana koneksi LTE jamak digunakan), bakal menjalankan Android 4.1 Jelly Bean atau mungkin Android 5 Key Lime Pie (walaupun yang paling masuk akal masih menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich), juga datang dengan fitur ala Galaxy S III seperti S Beam, S Voice, dan NFC near field communication.

Jike benar rilisnya September – Oktober 2012 nanti, maka pasti bakal seru. iPhone 5 vs Galaxy Note II vs Windows Phone 8? Mau pilih yang mana ya?

42 keseluruhan 1 dilihat hari ini