Sony Tablet S Generasi 2 Bakal Menggunakan Brand Xperia

Bicara Style, Sony memang salah satu jagonya. Dua tablet mereka yang salah satunya eksis dirilis di Indonesia, yaitu Sony Tablet S, memiliki ciri khas desain seperti majalah yang dilipat — sehingga menebal di bagian ujung atas, membuat makin nyaman menggunakannya dalam tampilan landscape. Sayang Sony Tablet P yang lebih mirip PlayStation3 tidak masuk Indonesia. Dua tablet pertama Sony itu memberi impresi yang baik, dan banyak yang menunggu seperti apa calon penerusnya. Untungnya, kita tidak perlu membayangkan.

Memang belum sepenuhnya resmi, namun setidaknya jika benar dokumen bocor yang menjadi sumber data tablet baru ini benar diperoleh dari FCC Amerika Serikat (semacam Ditjen Postel di Indonesia), kita boleh setengah percaya kebenarannya. Melalui dokumen slide bergambar yang bocor tersebut kita bisa mengetahui jika Sony menyatukan brand Xperia antara smartphone yang dikelola dari Sony Mobile, dan juga tablet yang identik dengan nama Sony. Sehingga nantinya tablet baru tersebut tidak bernama Sony Tablet saja, namun bisa jadi dengan julukan “Xperia Tablet.”

Spesifikasi yang terlihat melalui slideshoq tersebut cukup jelas, layarnya masih sama seperti Tablet S sebelumnya, yaitu 9.4 inchi dengan resolusi 1280 x 800 pixel, namun dibekali dengan chipset Tegra 3 — sebelumnya Tegra 2. Kamera depan 1 megapixel serta kamera belakang 8 menjadi fitur lain yang menjadi sorotan — Tablet S hanya VGA untuk kamera depan, dan 5 megapixel untuk kamera belakang. Selain klaim mampu bertahan hingga 10 jam untuk browsing dengan bekal dari baterai 6000mAh — dimana Tablet S hanya diklaim 5 jam dengan baterai 5000mAh-nya. Desainnya sekilas mirip Sony Tablet S, dimana sisi atasnya agak tebal, namun keseluruhan dibuat lebih tipis hingga 42%, dan dibalut bahan casing aluminium yang anti air.

Secara software, Sony mengenalkan fitur baru Guest Mode, dimana pengguna Xperia ini nantinya bisa berbagi tablet tersebut dengan anggota keluarga/teman lain. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membatasi pengguna tablet lainnya mengakses aplikasi atau file pribadimu. Dan bahkan kamu juga bisa mengatur personalisasi theme sesukanya untuk setiap user berbeda yang menjadi “tamu,” alias pengguna lain tablet Xperia.

Beberapa aksesoris juga ditunjukkan melalui presentasi FCC, termasuk yang disiapkan adalah cover khusus (seharga $99,99) dengan keyboard terintegrasi ala covernya Microsoft Surface, charging cradle (seharga $39,99), docking stand (seharga $99,99), dock speaker (seharga $119,99), tablet stand (seharga $24,99) dan juga carrying case (seharga $59,99). Harganya pun tak ketinggalan disertakan dalam dokumen tersebut. Ada tiga varian yang dilepas Sony nantinya. Pertama dengan storage 16GB dengan harga $449.99, lalu 32GB pada $549.99 dan yang termahal 64GB pada $649.99 (varian ini tidak ada untuk Tablet S).

Bagaimana menurut kalian sobat Duniaku? Kami sendiri menilai slideshow tersebut, yang sebagian gambarnya bisa kamu lihat di sini, terlihat sangat asli — walaupun menurut kami seperti lineup Xperia smartphone, upgradenya sangat nanggung, hehe! Dan jika benar, maka tablet Xperia (atau Tablet S generasi 2) yang diduga bakal menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini menurut rencana bakal dirilis September 2012 mendatang.

Sumber: XDA Developers

SHARE
Previous articleOutlook.com Gantikan Hotmail, Kini Bernuansa Metro UI ala Windows 8
Next articleDragon Nest, dari Game Menuju Layar Lebar
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.