LG Optimus G: Everything is Possible!

Melalui IFA 2012 lalu kita mendapat kepastian dari LG jika mereka segera menyiapkan salah satu varian baru Android Optimus, yaitu Optimus G, yang masuk kategori kelas atas. Droid yang bakal segera dirilis di Korea Selatan akhir September 2012 tersebut memang memiliki spesifikasi di atas Optimus 4X HD. Namun Optimus G ini tidak akan menggesernya sebagai flagship…. dan dia bakal berperan memberi opsi mereka yang membutuhkan kinerja lebih sebuah Android melalui jatah RAM yang lebih besar. Dan menjelang perilisannya, LG menggoda melalui video yang menunjukkan beberapa kelebihannya.

Seperti yang kita ulas sebelumnya, Optimus G menggunakan chipset Qualcomm APQ8064 dengan prosesor dari keluarga Krait atau jamak disebut Snapdragon S4, yang diklaim lebih hemat daya baterai sekitar 40% dibandingkan varian Tegra 3 — serta menjadi smartphone pertama yang menggunakan chioset tersebut. Chipset yang masuk kategori Snapdragon S4 Pro itu memiliki empat inti CPU yang masing – masing berjalan di clock speed 1.5, serta mendapat dukungan olah grafis dari GPU Adreno 320, RAM 2GB dan internal storage 16GB. Dibandingkan Snapdragon S4 lain, yang juga dikenal sebagai Snapdragon S4 Plus yang digunakan HTC pada One S, yaitu melalui chipset Qualcomm MSM8260, di sini kamu mendapatkan speed memory-nya lebih kencang, mencapai 533 MHz dengan konfigurasi dual-channel.

Kemudian GPU yang baru ini juga diklaim lebih kencang dua kali dibandingkan Adreno 225 dalam tipikal Snapdragon S4, mampu memberikan output tampilan display eksternal hingga lebih dari 1080p, bahkan layarnya sendiri mampu mengakomodasi resolusi lebih dari 1366 x 768 pixel. Selain itu, Snapdragon S4 Pro juga mendukung resolusi kamera hingga 20-megapixel, bahkan mampu menjalankan langsung 3 kamera sekaligus, sampai mengambil dan menampilkan content streoscopic 3D. Selain itu, Snapdragon S4 Pro juga bisa dengan mudah berganti di jaringan 3G, 4G dan LTE, mengurangi penggilan drop call ketika sedang menggunakan telepon sambil bergerak, dan itu menjadi satu fitur yang hanya ada di Snapdragon S4 Pro.

Varian Pro ini juga mendukung Asynchronous Symmetric Multiprocessing (aSMP), yang memungkinkan tiap core bisa menaikkan atau menurunkan kebutuhan daya secara independen ketika dibutuhkan, sehingga mencapai kinerja maksimal, namun penggunaan tenaga baterainya pun menurun. Preview awal kinerjanya bisa kamu cek di sini.

Fitur penting lainnya setara dengan Optimus 4X HD yang saat ini di Indonesia harganya sudah anjlok di kisaran Rp. 5.2 jutaan saja — bandingkan dengan quad-core lain seperti HTC One X yang hampir Rp. 6 juta, dan Samsung Galaxy S III yang masih “sombong” di atas Rp. 6.5 jutaan! Layarnya sama seperti Optimus 4X HD, berukuran 4.7 inchi beresolusi  720p dan kerapatan pixel 320ppi, namun kini disebut sebagai True HD IPS Plus. Oh ya, kapasitas baterainya pun sama, 2,100 mAh serta datang dengan Andrid 4.0 Ice Cream Sandwich. Hanya saja di sini kameranya di-upgrade menjadi  13-megapixel. Internal storage 32 GB, kamera sekunder 1.3-megapixel, Bluetooth 4.0, port USB 2.0 yang bisa difungsikan sebagai host dan dengan mudah menerima perangkat USB eksternal, Mobile High-Definition Link (MHL), sharing content via DNLA, NFC untuk mobile payment, dan juga tak ketinggalan Wi-Fi 802.11n.

Dan mari kita lihat langsung videonya. Yang pertama LG mengklaim bahwa menggunakan Optimus G “…everything is possible!” Kemudian video kedua menunjukkan teknologi baterai yang diterapkan pada Optimus G ini — disebut SIO+. Video ketiga menyinggung mengenai layar True HD IPS Plus — dijelas dalam video bahwa kali ini layarnya lebih tipis. Dan video keempat lebih mengungkapkan detail kinerja prosesor Snapdragon S4.

LG Optimus G – Teaser : The Newest Premium Quad-Core Smartphone

httpv://youtu.be/jO40-Q_JNdQ

LG Optimus G : The Next-Generation Lithium-Polymer Battery

httpv://youtu.be/O7Q8E5dzyxg 

LG Optimus G : True HD IPS Plus & G2 Touch Hybrid Display

httpv://youtu.be/Npe4MoUeDaw

LG Optimus G : Snapdragon S4 Pro Processor

httpv://youtu.be/sNZ4DTe_rsU

Sumber: LG Facebook, Foto via The Verge

SHARE
Previous articleGambar-gambar Terbaru The Hobbit: An Unexpected Journey
Next articleInazuma Eleven Go Chrono Stone Episode 18, Kehadiran Para Karakter Baru yang Mengejutkan
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.