Tablet 2 Jutaan Dari Barnes & Noble, Nook HD dan Nook HD+


Setahun yang lalu, Barnes & Noble ikut masuk pasar tablet murah dengan merilis Nook Tablet, dengan prosesor dual-core yang pada masanya menjadi pilihan menggoda, apalagi harganya yang hanya 2 jutaan juga tidak terpaut jauh dari Kindle Fire. Dan sejalan dengan ritme Amazon yang beberapa waktu lalu mulai menjual Kindle Fire HD, penerus Nook pun segera menyusul.

Inilah dua wakil baru Barnes & Noble untuk mengisi pasar tablet yang makin berkembang, Nook HD dengan layar 7-inchi, serta Nook HD+ dengan layar 9-inchi — well, setidaknya ukuran layarnya berbeda dari apa yang ditawarkan Amazon melalui Kindle Fire HD. Khusus yang 7-inchi jelas akan beradu dengan Nexus 7-nya Google dan Fire HD yang layarnya 7.85-inchi, terutama di wilayah Amerika Utara, karena memang pasar terbesar Amazon ada di sana (dimana kebanyakan user benar – benar memanfaatkannya sebagai pembaca media digital alias ebook reader). Wilayah pemasar tersebut juga termasuk yang menjadi sasaran Nexus 7. Dan sebagai arsenal, Barnes & Noble membekalinya dengan layar yang “tidak biasa.”

Walaupun lini terendah, layarnya sudah beresolusi 1440 x 900 pixel dengan kerapatan 243 ppi. Dan itu menjadikan Nook HD sebagai tablet 7-inchi dengan resolusi terbesar hingga saat ini, termasuk untuk ukuran kerapatan layarnya juga cukup membuatnya percaya diri dibandingkan langsung dengan dua kompetitor. Sebagai perbandingan, resolusi dan kerapatan layar Fire HD 1,280 x 800 pixel dengan kerapatan 215ppi.

Kemudian yang juga bisa membuat Amazon makin ketar – ketir, Nook HD versi 7-inchi ini juga langsung mengusung chipset Texas Instruments OMAP 4470 dengan dua inti prosesor pada kecepatan 1.3GHz, serta 1GB RAM. Memang masih di bawah kecepatan Fire HD 8.9-inchi, namun jika di-compare dengan pesain 7-inchi lainnya, Nook HD ini lebih menjanjikan. Melengkapi chipset dan RAM-nya kamu bisa memilih opsi internal storage 8GB atau 16GB, dan itu pun masih bisa diperbesar melalui slot microSD. Sedangkan baterainya memang masih belum ada kepastian berapa ukurannya, namun Barnes & Noble mengklaim Nook HD mampu bertahan 9 jam untuk melihat video, dan 10.5 jam untuk membaca.

Sepertinya menarik ya, apalagi ketika mengetahui harganya hanya $200 untuk yang versi 8GB dan $230 untuk yang 16GB. Ada tapinya…. Barnes & Noble sama sekali tidak memberikan kamera untuk tablet mereka ini yang dimensinya 127 x 194 x 11mm, dan berat 315 ini.

Berikut detail spesifikasi resmi Nook HD:

System Specifications
Operating System Google Android 4.0 Ice Cream Sandwich OS
CPU 1.3 GHz OMAP 4460 Dual-Core Processor
GPU Yes
RAM 1GB
Display
Type LCD Backlit Touchscreen
Size 7-inch
Colors & Resolution 16M Colors & 1440 900 Pixels
Pixel Density 243 PPI (approx.)
Design
Form Factor Candybar
Dimensions 194.4 × 127.1 × 11 mm
Weight 315 grams
Input/ User Interface
Input – Reduced Glare
– Accelerometer
– Proximity Sensor
– Touch Sensitive Controls
Camera
Primary (Rear-Facing) No
Video Recording Capability No
Secondary (Front-Facing) No
Memory
Internal Storage 16GB / 32GB Internal Storage
Expandable Storage – Up To 32GB
– microSD Card Slot Support
Connectivity
Bluetooth
USB microUSB 2.0
HDMI Yes
WLAN – 802.11 Wi-Fi b/g/n
GPS
3G No
NFC No
Radio FM Radio with RDS
Headset 3.5mm Audio Jack
Browser & Messaging HTML 5. WAP 2.0, Adobe Flash
SMS, MMS, Email, Push Email, IM
Battery
Capacity Li-Ion Standard Battery
Battery Life Up To 10.5 Hours for Reading
Video Playback Time Up To 9 Hours
Music & Video
Audio Formats M4A, 3GP, AAC, MP3, FLAC, WAV, OGG, AMR
Video Formats MP4, 3GP, WEBM, AVI
Other Features Google Play Store
NOOK Store, NOOK Cloud Storage
Top Apps, New NOOK Catalog, Ultra Violet Support
Magazine 2.0 App, Angry Birds
New NOOK Video Catalog
Colors Snow, Smoke

Lanjut ke halaman 2 untuk Nook HD+…

1
2
SHARE
Previous articlePro Evolution Soccer 2013 Review!
Next articleMass Effect Trilogy Siap Dirilis Bulan November
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.