Menikmati Augmented Reality Dalam Tiga Style ala Nokia

Akhir – akhir ini penerapan augmented reality (AR) dalam dunia mobile makin pesat saja. Seperti terakhir Samsung menggunakannya untuk salah satu aplikasi penunjang event Olimpiade 2012. Sebelumnya kita juga bisa mendapati AR yang membuat model idola menjadi hidup dan bisa diajak berinteraksi, beragam aplikasi travelling, hingga yang ambisius adalah Google dengan proyek Google Glass. Mayoritas Android ya… namun Nokia dengan Windows Phone-nya juga punya aplikasi khusus yang berbasis AR, yaitu Nokia City Lens. Awalnya Nokia menggunakan City Lens untuk menggoda kita akan salah satu fitur utama Windows Phone 8 dalam Lumia 920 dan Lumia 820. Namun hari ini kita mengetahui jika aplikasi berbasis AR tersebut ternyata sekarang sudah bisa digunakan untuk Windows Phone 7 yang berjalan untuk Lumia tipe lama.

Seperti tipikal aplikasi berbasis AR lainnya, City Lens mengambil data berupa visual yang ditangkap dari viewfinder kamera, dan kemudian membantumu menemukan tempat terdekat dimana kamu bisa makan, belanja dan fungsi lainnya. Namun apa yang menarik dari aplikasi ini adalah ada opsi untuk berpindah antara tiga mode tampilan dan itu bergantung dari bagaimana kamu menggenggamnya – tampilan kamera ketika kamu menggenggam secara horizontal, tampilan peta, dan juga tampilan daftar ketika kamu menggenggamnya secara vertikal.

Sebelumnya aplikasi ini masih berada di status beta, namun kini berakhir dan pengguna Lumia 900, 800 atau 710 bisa men-downloadnya. Namun sayang untuk Lumia 610, aplikasi ini tidak bisa di-install karena memang RAM-nya hanya 256MB! Kalian pengguna Lumia tinggal tekan tombol search, lalu sentuh Vision dan scan barcode yang kami sertakan di bawah untuk men-downloadnya. Nantinya pengguna Lumia Windows Phone 8 juga bakal mendapatkan aplikasi ini, namun dengan fitur tambahan, seperti  penangkapan sinyal satelit melalui GPS atau GLONASS dengan cepat, meskipun tanpa dukungan jaringan operator. Kemudian juga ada opsi untuk menyembunyikan point-of-interest POI yang tidak terlihat (misalnya tertutup bangunan, sehingga tidak membuat layar terlihat crowded), atau kamu juga bisa menempatkan kategori POI langsung di layar utama / homescreen.

Nokia City Lens for Nokia Lumia: Augmented Reality Browser

httpv://youtu.be/vMdNtVqYJIw

Download:

Sumber: Nokia


SHARE
Previous articleSetelah Alice In Wonderland Kini Beralih Ke Little Red Riding Hood
Next articleMengenal Lebih dekat dengan Harpy dan Cerberus di Soul Sacrifice
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.