Samsung GALAXY Note 10.1, Let’s NOTE the New Way!

Kami tidak bisa menahan komentar, di satu sisi Samsung GT-N7000 Galaxy Note tidak lebih sekadar sekadar Samsung GT-i9100 Galaxy S II yang diperbesar layarnya. Namun toh tetap melahirkan trend baru di tengah dunia smartphone/tablet karena ukuran layarnya itu tadi yang tidak biasa. Layar seluas 5.29 inchi pada Galaxy Note itu sendiri belum pernah digunakan oleh produsen manapun. Dan meskipun menurut kami agak besar untuk tipikal telapak tangan orang Indonesia, Galaxy Note terbukti tetap laris manis, sampai bermunculan beberapa produk lokal yang meniru desain dan ukuran layarnya.

Undangan Samsung untuk event tunggal mereka 15 Agustus 2012 nanti… “Meet the new way!”

Kemudian beralih selama Mobile World Congress 2012 yang digelar akhir Februari 2012 lalu, Samsung pertama kali mengkonfirmasikan anggota baru keluarga tablet mereka, Samsung N8000 Galaxy Note 10.1.  Saat itu kami kembali menilai, tidak lebih dari Galaxy Note yang membesar ukurannya… apa memang benar demikian? Yang jelas tablet ini bukan varian Galaxy Note, namun model yang berbeda di tengah jajaran Galaxy Note. Sepertinya membingungkan. Tapi bakal segera terjawab, karena karena beberapa hari lalu Samsung sudah menyebar undangan untuk sebuah event tunggal mereka 15 Agustus 2012 nanti, dimana sudah banyak yang menduga jika Galaxy Note 10.1 bakal menjadi bintang utamanya — jika melihat dari petunjuk kata “Meet the new way.” Dan sebelum Samsung resmi meluncurkan tablet tersebut, mari kita kenali lebih dekat.

Event 15 Agustus ini berbeda dengan Samsung Unpacked yang bakal digelar 29 Agustus 2012, dimana untuk unpacked tersebut dirumorkan menjadi momen ketika Samsung bakal mengkonfirmasikan Galaxy Note II.

Bolehlah kita menyebutnya sebagai pembesaran Galaxy Note, namun Galaxy Note 10.1 ini justru bisa menjadi alternatif digitizer, alias produk papan gambar elektronik untuk pasar yang lebih umum, sekaligus menjadi wujud nyata overhaul nyata spesifikasi sistem yang diberikan Samsung untuk jajaran Galaxy mereka — karena sebelumnya, Galaxy Note 10.1 ini didemokan selama MWC 2012 dengan prosesor dual-core saja. Di dalamnya kamu dapati Galaxy Note 10.1 ini dijalankan oleh chipset Exynos 4412 dengan empat inti  prosesor yang masing – masing berjalan di kecepatan 1.4GHz. Chipset itu juga diperkuat dengan GPU Mali-400 MP dari ARM, yang sejauh ini juga belum diketahui menggunakan berapa inti (kemungkinan 4 core seperti pada Sony PlayStation Vita, karena 4 core itu tadi juga menjadi jumlah inti maksimal dari GPI Mali-400 MP). Selain itu, Exynos 4412 juga kamu dapati dalam Samsung GT-i9300 Galaxy S III. Lalu yang paling melegakan dari konfigurasi hardware Galaxy Note 10.1 ini adalah jatah RAM yang dimasukkan Samsung ke dalamnya, mencapai 2GB! Jelas tablet ini sudah pantas diajak melakukan multitasking berat.

Lanjut ke halaman 2