Menjelang iPhone 5 Dirilis, Nokia Mencuri Start Dengan Lumia Ber-Windows Phone 8

Keadaan makin memanas setelah banyak rumor menyebutkan jika Apple bakal mengkonfirmasikan penerus iPhone pada awal September 2012 mendatang — atau banyak juga yang memastikan 12 September 2012. Karena itu banyak perusahaan lain yang berlomba mencuri start. Seperti Samsung dengan Samsung Unpacked yang bakal digelar 29 Agustus 2012, dan juga ada Nokia, yang pasti berusaha agar smartphone mereka (terutama yang Windows Phone 8) tidak dibayangi iPhone. Rencananya Nokia pun menggelar konferensi pengumuman Windows phone 8 mereka selama event Nokia World di Helsinki pada 5 – 6 September 2012 nanti (biasanya akhir Oktober lho!), atau seminggu sebelum tanggal yang diduga bakal dipakai Apple untuk mengumumkan iPhone 5, dan juga mungkin iPad mini.

Memang Nokia masih harus berusaha keras menembus pasar smartphone yang makin beragam pilihannya sekarang ini. Apalagi nama Symbian pun sudah tidak bisa diandalkan di pasar yang lebih paham nama iPhone dan Android. Namun Nokia tetap pada pendirian mendukung Windows Phone, meskipun laporan keuangan kuartal kedua yang dirilis pertengahan Juli 2012 lalu mencatat kerugian hingga $1 juta — serta mengklaim berhasil menjual 4 juta Windows Phone. Microsoft sendiri juga tidak tinggal diam mendampingi OS mobile yang juga menjadi harapan mereka untuk tetap eksis di ranah smartphone. Seperti usaha sinergi antara desktop-tablet-smartphone yang digagaskan melalui Windows 8, banyak yang memuji langkah tersebut karena setidaknya mampu membuat pengguna Windows 8 merasakan pengalaman desktop yang sama ketika mobile melalui smartphone Windows Phone 8. Dan bicara Windows Phone 8, Microsoft sendiri juga menyatakan tidak hanya dengan Nokia saja kali ini mereka maju. Ada Huawei, HTC, Samsung, Acer, ZTE dan Lenovo yang bakal mendukung.

Kemudian kembali pada rencana Nokia, melalui satu blog China WPDang, kita bisa mendapatkan beberapa foto yang diduga versi purwa rupa dari Nokia Lumia baru dengan OS Windows Phone 8 — atau bisa juga menjalankan Windows Phone 7.8, update minor yang ditawarkan oleh Microsoft untuk mereka pengguna Windows Phone 7.5 Mango agar mereka tidak kecewa, karena memang Windows Phone 8 tidak akan diberikan sebagai update bagi mereka yang sudah terlanjur membeli Windows Phone sebelumnya. Beberapa foto yang bisa kamu lihat di artikel ini menunjukkan desain bergaya Nokia Lumia (terutama Lumia 800 dan 900), serta casing yang sepertinya kembali menggunakan konsep unibody berbahan polycarbonate. Ada tiga tombol sentuh di bawah layar, dengan tombol yang paling dominan adalah logo Windows di bagian tengah.

Sepertinya menarik ya… mari kita tunggu bersama konfirmasi Nokia selama Nokia World, apa Windows Phone 8 mereka ini bisa merubah keadaan, atau setidaknya mengalihkan perhatian dunia dari Galaxy Note II dan iPhone 5.


SHARE
Previous articleSpace Sheriff Gavan Kembali “Happening”
Next articleSiapkan Dirimu untuk Berburu Edisi Spesial dari 2nd Super Robot Taisen OG
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.