Enak dan Unik, Ini 13 KitKat Rasa Produk Lokal Jepang yang Wajib Dicoba!

Di negara lain, KitKat hanyalah cemilan wafer cokelat. Namun di Jepang, KitKat berada di level lain. Simak review kami terhadap 13 rasa lokal KitKat

Traveling ke Jepang belum lengkap tanpa membawa oleh-oleh KitKat. Duniaku.net bertandang ke Kobe untuk menyicipi 13 rasa KitKat lokal yang jarang ditemui.

Untuk negara lain, KitKat hanyalah cemilan terbuat dari wafer dan cokelat. Namun, KitKat mempunyai status yang berbeda di Jepang. Bisa dibilang, status KitKat sama pentingnya dengan ramen, kabuki, bahkan Studio Ghibli. Dan mungkin, dalam sepuluh tahun ke depan, KitKat di Jepang bisa dimasukkan ke dalam daftar Unesco.

Berbeda dengan produk cemilan lainnya, KitKat bisa ditemukan di apotik hingga toko spesialis cokelat. Dalam kurun waktu 17 tahun, Nestle Jepang telah mengeluarkan 300an rasa KitKat. Ibarat seperti Pokemon, Gotta Taste Em All. Rasa-rasa ini bervariasi dari yang paling normal seperti cokelat hingga rasa yang paling aneh seperti wasabi.

Menurut Ryoji Maki yang ditemui di Nestle HQ di Prefektur Kobe, setiap daerah di Jepang mempunyai rasa khasnya masing-masing. Untuk seri produk lokal, setiap rasa dibuat dengan mempertimbangkan saran dari ahli terkait dan yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Sebagai contoh, KitKat rasa wasabi merupakan kolaborasi Nestle Jepang dengan Tamaruya yang sudah memproduksi wasabi selama ratusan tahun. Daerah Tochigi terkenal dengan produksi strawberry. KitKat seri produk lokal juga hanya bisa didapatkan di daerahnya. Jadi jangan mengharapkan bisa menemukan rasa wasabi di Tokyo atau Kumamoto di Osaka. Penasaran dengan KitKat rasa lokal?

Japanese Sake

Sake merupakan minuman kebanggaan Jepang dan tinggal menunggu waktu saja hingga akhirnya KitKat menciptakan rasa ini. KitKat rasa sake sudah mengalami dua kali perubahan.

Rasa sake yang terbaru melibatkan mantan pemain bola Hidetoshi Nakato untuk merancangnya. Mengenai rasa, KitKat rasa ini mempunyai wangi khas dari sake dan rasa yang hampir menyamai sake. Saran kami, jangan memakan banyak-banyak KitKat ini jika tidak mau mabuk.

Green Tea of Kumamoto

KitKat rasa ini diciptakan sebagai bentuk kepedulian KitKat terhadap gempa yang terjadi di Kumamoto. Green Tea of Kumamoto sebenarnya adalah versi lain dari KitKat Green Tea. Bedanya, KitKat Kumamoto memakai dark chocolate sebagai bahan dasar. Dari aroma, tidak ada yang spesial dari rasa ini.

Bubuk green tea terdapat dalam biskuitnya. Buat yang tidak suka manis, KitKat ini cocok buat kamu. Sementara pecinta gula sepertinya akan membuang KitKat ini karena rasanya yang tergolong nanggung.

Kobe Pudding

Selain terkenal dengan daging wagyu, Kobe terkenal dengan puddingnya yang lembut. KitKat rasa ini mempunyai rasa dominan cokelat putih dengan sedikit rasa karamel. Aroma jeruk juga tercium dari KitKat ini. Rasanya lumayan mendekati puding tetapi agak terlalu manis.

Mini Momiji Manju

Momiji Manju adalah sejenis kue berbentuk daun.Umumnya, kue yang terbuat dari tepung beras dan tepung lainnya ini berisi anko atau kacang merah dan gula yang digiling halus. Salah satu hal yang harus dilakukan ketika membuka bungkus KitKat adalah mencium aroma dari rasa-rasa ini. Selain itu, ada cap berbentuk kue manju di KitKat ini.

Nestle Jepang memang terkenal lumayan militan dalam menciptakan rasa dan bentuk. Untuk Mini Momiji Manju, kamu bisa mencium aroma pasta kacang yang membuat kamu lapar. Dari segi rasa, masih terlalu manis tetapi rasa KitKat ini termasuk rasa yang memenuhi ekspektasi ketika memakan kue manju.


Rasa KitKat eksotis lain bisa kamu temukan di halaman kedua!

TENTANG PENULIS